search-button

Pengaruh Musik Terhadap Pertumbuhan Tanaman

   
AnakmusikPengaruh Musik Terhadap Pertumbuhan Tanaman. Terciptanya musik pada intinya adalah untuk sebagai konsumsi yang dinikmati oleh manusia,  terbentuk oleh gelombang suara yang (hanya) bisa didengarkan melalui indera pendengarannya. Adanya makhluk lain selain manusia yang bisa menerima dengan perbedaan sistem dan karakter gelombang suara yang mengakibatkan tidak semua hewan mampu  mendengar sepenuhnya kesempurnaan musik yang diciptakan manusia. Termasuk dengan  tumbuhan yang tidak bisa mendengarkan gelombang suara. Akan tetapi perlu kita ketahui, adakah pengaruhnya musik yang kita putar terhadap tumbuhan? Apakah berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman-tanaman? Dengan adanya penelitian yang menghasilkan bahwa musik juga berpengaruh terhadap tanaman.

Peristiwa ini memang memungkinkan terjadinya suatu reaksi dari tanaman tersebut karena dari analogi manusia menerima gelombang suara, suara tersebut menghantarkan sebuah gelombang melalui udara. Yang menciptakan sebuah getaran, melalui getaran inilah indera pendengaran kita bisa langsung meresponnya. Pengaruh Musik Terhadap Pertumbuhan Tanaman:

Pengaruh Musik Terhadap Pertumbuhan Tanaman

Tenaman tentu tidak bisa mendengarkan suara musik, tetapi tanaman mampu merasakan getaran dari sebuah suara. Gelombang suara musik yang menghasilkan suatu getaran yang mengandung ritme, mempunyai arah dan takaran lewat frekuensi – frekuensi yang menciptakan harmonisasi suara bisa berubah menjadi harmonisasi getaran. Ini merupakan suatu pengaruh tertentu terhadap tanaman yang berada di sekitar kita.

Pengaruh Musik Terhadap Pertumbuhan Tanaman: Para peneliti pun masih mengumpulkan beberapa data yang merupakan skala dasar sebagai pengaruh terhadan pertumbuhan tanaman. Dan hasilnya yakni perbedaan jenis musik merupakan pengaruh terhadap tanaman tertentu. Di Afrika Selatan sebuah perusahaan anggur selalu menggunakan musik baroque untuk mendapatkan hasil yang positif dalam proses pematangan, yang dilakukan oleh DeMorgenzon. Sementara MythBusters, sebuah program science di TV melakukan eksperimen terhadap beberapa jenis musik dan pengaruhnya pada tanaman.
Pengaruh Musik Terhadap Pertumbuhan Tanaman
Pengaruh Musik Terhadap Pertumbuhan Tanaman: Musik jazz yang mereka temukan lebih memiliki pengaruh yang lebih bagus terhadap pertumbuhan tanaman dibandingkan dengan musik country atau rock. Bukan hanya itu, seorang ilmuwan asal Kanada yaitu Eugene Canby, dia melakukan penelitian tentang musik J. S Bach dengan suasananya yang klasik dan sempurna membawa pertumbuhan terhadap tanaman sebesar 60%. walaupun banyak pihak yang skeptik terhadap hasil penelitian ini, tetapi ada beberapa pihak lain melakukan pembuktian dan penelitian ulang tentang hasil dari pengaruh musik terhadap tanaman. National Institute of Agricultural Biotechnology di Suwon, Korea Selatan yang melakukan penelitian ulang. Mereka setuju bahwa musik klasik mempunyai pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan tanaman.

Dan setelah itu, akhirnya The Telegraph salah satu media dari beberapa media ‘berani’ untuk mengemukaan berita tersebut kepada publik. Baik atau buruk suatu pengaruh musik terhadap tanaman. Selain terhadap makhluk hidup, yakni manusia, musik juga memiliki pengaruh terhadap salah satunya tumbuh – tumbuhan.

Baca juga: