search-button

15 Drummer Terbaik Indonesia Sepanjang Sejarah

   
AnakmusikDrummer terbaik Indonesia saat ini memang cukup banyak. Terlihat dari band-band yang terus bermunculan, belum lagi anak-anak muda yang berbakat dan penuh kreativitas yang mempunyai passion di bidang musik khusunya drum. Tidak ada perbedaan antara drummer senior maupun drummer junior, semuanya sama-sama berjuang untuk dapat mengharumkan nama baik Indonesia dikancah internasional. Saat ini, sudah banyak drummer-drummer Indonesia yang berprestasi di dalam maupun luar negeri. Tidak sedikit juga drummer yang sudah berhasil mengharumkan nama Indonesia. Perjalanan mereka terekam dengan sangat baik, sehingga dapat memberikan inspirasi positif bagi penerusnya kelak. Berikut adalah 15 Drummer Terbaik Indonesia Sepanjang Sejarah.

15 Drummer Terbaik Indonesia Sepanjang Sejarah

  1. Gilang Ramadhan. Gilang Ramadhan adalah salah satu drummer terbaik yang dimiliki Indonesia. Ia lahir di Bandung pada tanggal 30 Mei 1963. Bisa dikatakan bahwa Gilang adalah drummer senior Indonesia yang mempunyai kemampuan luar biasa dalam bermain drum. Gilang adalah satusatunya drummer Indonesia yang disponsori oleh Zildjan. perusahaan dari USA sejak tahun 1992 hingga sekarang. Ia juga diberi kepercayaan oleh yamaha, perusahaan drum terbesar dari Jepang. Gilang adalah artis dari BMG music, AKG Austria, dan Remo U.S.A.
  2. Sri Aksan Syuman (Wong Aksan). Wong Aksan adalah drummer sekaligus musikus Indonesia. Ia lahiran tanggal 22 September 1970. Sempat bergabung dengan band Dewa 19 pada tahun1995, setelah merilis album Pandawa Lima (1998) ia hengkang dari band tersebut. Wong Aksan menikah dengan Titi Syuman, seorang model dan juga seorang drummer. Wong Aksan sekarang bergabung dengan Potret, bersama Anto Hoed dan Melly Goeslaw.
  3. Surendro Prasetyo (Yoyo Padi). Surendro Prasetyo merupakan drummer dari band padi, kepopuleran grup band nya membuat sebagian orang mwngwnal namanya dengan yoyo padi. Ia lahir di Surabaya, 29 November 1975. Yoyo pernah menjadi salah satu personal pada grup musik Andromeda sebelum ia bergabung dengan Padi. Kehebatannya dalam bermain drum membuat ia pernah meraih gelar drummer terbaik se Indonesia pada tahun 1998.
  4. Teddy Sujaya. Teddy Sujaya adalah salah satu drummer rock Indonesia yang lahir di Jakarta tanggal 13 Juni 1954. Teddy adalah mantan drummer God Bless, band rock legendaris Indonesia. Walaupun sejak awal 1990an ia sudah mulai menggeluti karier sebagai produser, tapi tetap saja masyarakat lebih mengenal Teddy sebagai drummer God Bless.
  5. Rere. Rere adalah salah satu drummer terbaik Indonesia karena kemampuannya bermain drumm cukup baik. Sebelum menjadi drummer grup band Blackout, Ia dikenal sebagai drummer dari grup band Grass Rock, dan pernah juga menjadi drummer grup Ada Band.
    Drummer Indonesia Terbaik
  6. Budhi Haryono. Budhi Haryono pernah terpilih sebagai The Best Drummer pada ajang bergengsi LMC atau Light Music Contest. Ia pernah menjadi drummer band GIGI, kolaborasi antara Budhi dengan teman-teman bNd nya di Gigi yaitu Armand Maulana dan kawan-kawan cukup sukses, sampai akhirnya ia memutuskan untuk hengkang dari band tersebut pada tahun 2007. Sebelum bergabung dengan band GIGI, Budhi juga pernah menjadi drummer dari band-band terkenal seperti Jamrock (1981-1985), Krakatau (1985-1987) dan Karimata (1987-1989). Saat ini, Budhi menjadi menjadi drummer grup band pop, Tiket dan menjadi seorang Music Producer serta Music Director.
  7. Gerry Herb. Gerry Herb adalah salah satu drummer ternama di Indonesia, tapi mungkin ia lebih dikenal di kalangan musisi. Gerry pernah menjadi drummer dari band ALV yang digawangi juga oleh Nugie. Permainan drum dan cara memegang stick drum Gerry cukup khas. Ia juga dipercaya oleh Yovie Widyanto untuk menjadi additional drummer [ada setiap pertunjukannya.
  8. Jelly Tobing. Jelly Tobing adalah seorang drummer yang sudah malang melintang di berbagai pertunjukan musik di Indonesia. Jelly mengawali karirnya dengan menjadi drummer The Minstreel di Medan. Setelah itu ia pindah ke Jakarta dan bergabung bersama CC Blues. Ia juga sering mengorbitkan artis baru. Nicky Astria dan Betharia Sonata adalah contoh artis papan atas yang diorbitkan oleh Jelly Tobing. Ungkapan Like father like son sepertinya terjadi pada Jelly, anaknya yaitu Ikmal Jelly Tobing saat ini menjadi drummer dari band T.R.I.A.D, ia tergabung dalam RCM atau Republik Cinta Management milik Ahmad Dhani.
  9. Rajasa Ikmal Tobing (Ikmal Tobing). Ikmal Tobing adalah anak dari Jelly Tobing, yang juga merupakan salah satu pemain drumm terbaik Indonesia. Rambut mowhak dan gaya yang enerjik saat bermain drum menjadi ciri khas dari ikmal. Ikmal merupakan drummer muda yang saat ini sedang dikagumi masyarakat Indonesia. Jadi tidak salah jika ia menjadi salahsatu drummer terbaik Indonesia.
  10. Setyo Nugroho. Setyo Nugroho, atau lebih sering disebut dengan nama Tyo Nugros, mulai dikenal setelah menjadi drummer dari grup band Dewa, namun pada tahun 2008 tyo hengkang dari grup band yang sudah membesarkan namanya tersebut. Tyo pernah belajar drum secara formal di Sekolah Musik Farabi ketika SMP, disan ia pernah diajar oleh Keenan Nasution dan Gilang Ramadhan. Tyo kuliah di Percussion Institute of Technology dan Musicians Institute Hollywood, Amerika Serikat. Sewaktu kuliah itulah ia bertemu dengan banyak drummer kenamaan dan sekaligus belajar dari mereka. Salah satunya adalah Matt Laug, ia turut andil dalam membentuk karakter pukulan drum Tyo.
  11. Agung Yudha. Agung Yudha Asmara merupakan anggota grup musik Dewa 19 dan additional player Andra And The Backbone. Sebelumnya ia pernah menjadi drummer Powerslaves. Ia lahir di Semarang, 20 Juni 1975. Agung Yudha juga pernah melakukan kerja sama dengan beberapa musisi dan penyanyi papan atas Indonesia seperti Erwin Gutawa, Nugie, Krisdayanti, dan lain sebagainya.
    Drummer Terbaik Indonesia
  12. Eno Gitara Ryanto. Siapa yang tidak kenal eno, ganteng dan berbakat membuat eno menjadi sangat popular. Eno lahir di jakarta, 11 Oktober 1978. Ia adalah drummer band Netral. Disetiap penampilannya, ia selalu menampilkan aksi panggung yang enerjik. Sejak kecil eno sudah terbiasa dengan musik seperti Led Zeppelin, King Crimson, dan Deep Purple. Sebenarnya alat musik yang pertama kali ia kuasai adalah gitar.
  13. Aditya Wibowo. Aditya Wibowo adalah salah satu drummer terbaik Indonesia, ia sering dipanggil dengan sebutan bowie. Ia memiliki kemampuan yang tinggi dalam musik, hal tersebut terlihat dari hentakan irama drum yang ia bunyikan. Aditya adalah drummer dari Gugun Blues Shelter yaitu band Indonesia yang beraliran Blues.
  14. Andyan Nasary (Andyan Gorust). Bagi anda penyuka musik ekstrim metal lokal, tentu anda kenal dengan drummer kelahiran Jakarta, 8 Oktober 1981 ini. Ia adalah drummer siksakubur dan dead squad. Andyan mampu merentetkan pukulan di belakang set drum double bass miliknya dengan teknik metal yang tinggi seperti hyperblasting.
  15. Yesaya Soemantri  (Echa Soemantri). Yesaya Soemantri  mulai dikenal lewat Idola Cilik yang diselenggarakan oleh RCTI, disitu ia menjadi drummernya. Echa merupakan salahsatu drummer terbaik yang dimiliki Indonesia. Di usianya yang masih muda, ia sudah menjuarai berbagai drum festival. Oleh karena itu tidak heran jika banyak artis ternama yang memakai jasanya, seperti erwin gutawa orchestra, oni & friends, tompi, glenn fredly, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak tanggung-tanggung, ia juga menjadi endorse 3 merk hardware drum kelas dunia yaitu sonor, paiste cymbal, dan evans drumhead.
Baca juga: