search-button

Dampak Mendengarkan Musik Terlalu Lama

   
AnakmusikDampak Mendengarkan Musik Terlalu Lama. Sebagian orang sudah menganggap bahwa musik itu sebagai suatu kebutuhan. Musik dapat mewakili perasaan, musik dapat meredam stress, mengusir kegalauan, memberikan ketenangan, dan dapat memperbaiki mood seseorang. Melihat manfaat musik cukup banyak, tidak berarti bahwa anda harus mendengarkan musik setiap saat karena mendengarkan musik terlalu lama juga tidak baik bagi kesehatan.

Setiap sesuatu hal apapun itu biasanya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Begitu pula dengan musik, selain kelebihan atau dampak positif yang ditimbulkan musik cukup besar bagi kehidupan, musik juga mempunyai kekurangan atau dampak negatif. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan selama mendengarkan musik.

Dampak Mendengarkan Musik Terlalu Lama

Pengertian Dampak Mendengarkan Musik Terlalu Lama selanjutnya. Melihat manfaat musik yang cukup banyak, tidak berarti bahwa anda harus mendengarkan musik setiap saat karena mendengarkan musik terlalu lama juga tidak baik bagi kesehatan. Menurut Spesialis THT dan ahli bedah telinga, dr Kaushal Sheth, ada aturan yang tepat dalam mendengarkan musik. Beliau mengungkapkan bahwa jika anda ingin mencegah tinnitus maka sebaiknya anda tidak mendengarkan lebih dari 60 persen volume maksimun pemutar musik anda, selain itu sebaiknya anda juga tidak mendengarkan musik lebih dari 1 jam dalam sehari.
Dampak Mendengarkan Musik Terlalu Lama
Seorang psikiater dr Anjali Chhabria mengemukakan bahwa dengan mendengarkan musik secara konstan dapat memberikan gangguan pada anda. Anda akan mengalami kesulitan untuk menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Hal tersebut juga dapat merusak komunikasi anda dengan rekan kerja anda, bahkan sampai anda tidak menyadari apa yang terjadi disekitar anda.

Musik memang dapat menghilangkan stress dan juga dapat menghilangkan kebosanan dari aktivitas rutin anda, akan tetapi mendengarkan musik tetap harus anda batasi karena bagaimanapun juga mendengarkan musik terlalu lama itu tidak baik bagi kesehatan. Musik yang didengarkan terlalu keras dan berlangsung lama dapat memicu sakit telinga bahkan dapat mengakibatkan pendengaran menjadi berkurang. Hal tersebut dibenarkan oleh ahli kesehatan lingkungan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, yaitu Budi Haryanto, Ph.D., M.Sc., MSPH.
Baca juga: