search-button

Dampak Mendengarkan Musik Saat Belajar

   
AnakmusikDampak Mendengarkan Musik Saat Belajar. Sebagian orang berpendapat bahwa musik adalah salah satu sarana yang dapat membuat suasana belajar menjadi tidak membosankan, sebagiannya lagi berpendapat bahwa mendengarkan musik saat belajar dapat mengganggu konsentrasi belajar. Musik rock dan semua musik yang menggunakan vokal adalah beberapa contoh musik yang kurang baik diputar atu didengarkan saat belajar. Musik rock dan musik vocal dapat mengganggu konsentrasi belajar, sehingga proses belajar menjadi tidak maksimal. Musik klasik atau musik yang lembut cocok diputar saat suasana di luar kamar agak ribut. Hal ini dilakukan supaya suasana lebih hening sehingga belajar pun menjadi lebih tenang. Lagu – lagu yang biasa diputar di toko buku Gramedia adalah salah satu contoh lagu terbaik untuk diputar saat belajar.

Dampak Mendengarkan Musik Saat Belajar

Pengertian Dampak Mendengarkan Musik Saat Belajar. Menurut psikolog klinis Dr. Emma Gray, selain sebagai hiburan, mendengarkan musik sambil belajar juga dapat meningkatkan efektifitas belajar. Beliau melakukan penelitian terhadap para pelajar yang mendengarkan musik sambil belajar. Pelajaran IPA, IPS, dan Bahasa membutuhkan kemampuan untuk memproses informasi faktual dan menyelesaikan suatu masalah. Pelajaran – pelajaran tersebut lebih menggunakan otak bagian kiri. Apabila anak mendengarkan musik lembut dengan irama 50-80 ketukan per-menit, maka musik tersebut akan menenangkan otak sehingga anak dapat lebih berpikir logis.

Pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Kesenian lebih menggunakan otak bagian kanan yang memproses pemikiran original dan kreatif. Mendengarkan musik pop dan rock yang menggugah emosi dapat menimbulkan rasa senang serta menambah kemampuan artistik. Mendengarkan musik klasik yang mempunyai irama 60-70 ketukan per menit pada pelajaran matematika dapat membantu anak belajar lebih lama dan menyerap lebih banyak informasi. Kondisi yang kondusif ketika anak belajar matematika akan tercipta dari variasi melodi dan nada pada musik klasik.
Dampak Mendengarkan Musik Saat Belajar
Dampak Mendengarkan Musik Saat Belajar selanjutnya. Saat belajar matematika, pelajar yang mendengarkan musik klasik mempunyai nilai ujian 12% lebih tinggi daripada pelajar yang tidak melakukannya.Selain menimbulkan dampak positif, mendengarkan musik saat belajar juga mempunyai dampak negatif. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian terbaru yang mengungkapkan bahwa kebiasaan mendengarkan musik saat belajar akan membawa dampak yang kurang baik bagi otak.  Musik bisa mempengaruhi kemampuan otak sehingga akan mempengaruhi konsentrasi. Ketika anda mendengarkan musik saat belajar maka otak anda akan bekerja double sehingga konsentrasi pun menjadi terpecah.

Baca juga: