search-button

Dampak Mendengarkan Musik Rock

   
AnakmusikDampak Mendengarkan Musik Rock. Musik rock adalah salah satu aliran musik yang biasanya menggunakan alat musik sepeti gitar, drum dan bass. Pada pertengahan tahun 50an, musik rock mulai diketahui secara umum. Musik hard rock, heavy metal, punk rock dan glam atau hair metal merupakan beberapa contoh aliran musik rock. Dampak Mendengarkan Musik Rock selanjutnya. Lirik yang ditampilkan oleh musik rock, kebanyakan mengandung pesan kekerasan, fantasi, mistis dan kehidupan yang hedonis. Menurut teori ilmu komunikasi, pesan yang terlalu sering didengar akan tersimpan dibawah alam sadar para pendengar, dan bisa saja para pendengar akan melakukan apa yang tersimpan di bawah alam sadarnya suatu saat nanti.

Oleh karena itu, terlalu sering mendengarkan musik rock yang berisi pesan negatif cukup berbahaya, apalagi kebanyakan penggemar musik rock adalah remaja. Pesan negatif yang terkandung dalam musik rock dapat membuat pendengarnya akan cenderung hidup sesukanya tanpa aturan. Selain itu, ada beberapa kelakuan pemain musik rock yang memiliki kebiasaan buruk ketika konser seperti penggunaan obat – obatan terlarang dan minum minuman keras baik itu saat, sebelum, atau sesudah konser. Karena musik bisa mempengaruhi jiwa manusia, maka menjadi sangat penting untuk memberitahu  remaja akan efek negatif dari musik rock.

Dampak Mendengarkan Musik Rock

Selain dampak negatif yang ditimbulkan, musik rock juga mempunyai dampak positif bagi pendengarnya. Sebuah penelitian yang dilakukan Stuart Cadwallader dan Jim Campbell dari National Academy for Gifted and Talented Youth University of Warwick di Coventry, Inggris, megungkapkan bahwa musik rock juga dapat memberikan dampak positif bagi pendengarnya. Survey dilakukan pada lebih dari 1000 murid yang berusia 11 hingga 18 tahun di Inggris menunjukkan bahwa penggemar metal tidak sepenuhnya memiliki masa depan suram, studi tersebut juga mengemukakan bahwa beberapa murid berprestasi mendengarkan musik keras tersebut untuk mengurangi tekanan hidup sehari-hari. Ternyata musik rock Setelah melihat penjelasan diatas, sekarang anda tidak perlu terlalu takut mempelajari musik rock atau metal. Mempunyai banyak manfaat bagi para pendengarnya, oleh karena itu jangan takut untuk untuk mendengarkan musik beraliran keras ini.
Dampak Mendengarkan Musik Rock
Itulah Dampak Mendengarkan Musik Rock yang bisa dijadikan sebagai hiburan. Selain sebagai hiburan, musik juga merupakan salah satu media pengungkapan rasa. Musik yang didengarkan dapat memberikan kita berbagai manfaat, baik itu dampak positif maupun dampak negative. Tinggal kita sendiri yang harus cerdik memilih lagu yang akan berdampak baik bagi kita para pendengarnya.
Baca juga: