search-button

5 Tips Dan Cara Membuka Usaha Studio Musik

   
AnakmusikTips dan cara membuka usaha studio musik. Membuka usaha studio musik merupakan peluang yang bagus karena dunia musik terus mengalami perkembangan. Bagi anda yang akan merintis usaha studio musik, sebaiknya anda megetahui tips dan cara membuka usaha studio musik dengan benar. Karena bisnis ini membutuhkan modal yang tidak sedikit. Modal yang dibutuhkan cukup besar, karena peralatan musik yang harus dibeli juga cukup banyak ditambah dengan harga masing-masing alat musik yang cukup mahal. Peralatan musik yang dibeli haruslah yang berkualitas tinggi, karena akan sering digunakan.

Kualitas tinggi selalu diimbangi dengan harga yang tinggi pula, oleh karena itu bisnis studio musik ini bukan merupakan bisnis yang main-main. Kalau tidk ingin rugi, anda harus punya keseriusan dalam menjalankan bisnis ini. Berikut ini adalah 5 tips dan cara membuka usaha studio musik.

5 Tips Dan Cara Membuka Usaha Studio Musik


  1. Pemilihan lokasi yang strategis merupakan salah satu hal penting yang harus anda perhatikan saat akan membuka usaha studio musik. Karena biasanya, ramai tidaknya suatu studio musik sedikit banyak dipengaruhi oleh lokasinya. Sebaiknya anda memilih lokasi yang dekat dengan para konsumen, misalnya lokasi di sekitar kampus atau sekolahan.
  2. Supaya dapat menghemat biaya, gunakanlah sebagian besar ruangan tempat tinggal anda untuk dijadikan studio musik. Kecuali jika anda punya dana lebih, maka anda bisa menyewa tempat khusus untuk studio musik anda. 
  3. Perhatikan luas ruangan yang akan dijadikan ruang studio musik anda. Luas ruangan studio musik itu harus mempunyai ukuran minimal 4 x 4 meter dengan ketinggian minimal 3 meter. Ukuran tersebut ditentukan berdasarkan kemampuan panjang gelombang suatu alat musik bass yang dapat mencapai jarak sampai 34 meter per satu gelombang. Apabila gelombang tersebut terpantul kurang sempurna, maka akan menghasilkan suara yang kurang bagus.
  4. Perhatikan spesifikasi alat musik yang akan digunakan. Spesifikasi alat musik ini dibedakan menjadi tiga kategori.  Alat musik lokal: adalah spesifikasi alat-alat musik buatan dalam negeri. Modal yang diperlukan untuk membeli alat musik lokal adalah sekitar 35 juta. Kualitas alat musik  buatan dalam negeri ini memang tidak sebagus alat musik yang berlisensi atau alat musik yang original. Tapi jika modal anda memang minim, maka alat musik lokal merupakan pilihan yang tepat karena harga alat musik yang berlisensi atau original itu memang cukup tinggi. Alat musik berlisensi: Modal yang diperlukan untuk membeli alat musik berlisensi adalah sekitar 40 sampai 75 juta. Harganya memang cukup tinggi, tapi memang mempunyai kualitas yang bagus. Alat musik build-up atau original: Modal yang diperlukan untuk membeli alat musik build up atau original adalah sekitar 75 juta lebih. Kualitas dari jenis alat musik ini sudah tidak diragukan lagi. Jenis alat musik ini merupakan jenis alat musik dengan kualitas paling tinggi. Pilihlah alat musik yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan anda.
    Cara Membuka Usaha Studio Musik
  5. Manajemen. Selain lokasi, ruangan, dan jenis alat musik, sistem manajemen juga merupakan hal yang penting untuk anda perhatikan. Buatlah sistem manajemen yang rapi, dan terarah. Khusunya dalam memanage keuangan. Supaya bisnis studio musik anda dapat berjalan dengan baik dan tentu saja dapat menguntungkan.
Baca juga: