search-button

10 Tips Membuat Video Klip Musik Sendiri

   
Anakmusik – Tips membuat video klip musik sendiri. Kemajuan di bidang komputer dan teknologi saat ini akan mempermudah anda dalam membuat video klip musik. Terdapat software ataupun aplikasi untuk mempermudah cara membuat video klip sendiri agar terlihat keren dan menarik. Seperti halnya kita bisa membuat dan mengedit video menggunakan Adobe Premiere Elements 11, Adobe Premiere Pro CC, Avid Media Composer 7, AVS Video Editor, Corel VideoStudio Pro X6, CyberLink PowerDirector, Final Cut Pro X 10.0.3, iMovie 11, Magix Movie Edit Pro, Pinnacle Studio 16 Ultimate, Sony Movie Studio Platinum, dan Windows Movie Maker, program asli Windows sendiri.

Proses pembuatan video klip musik memang tidak mudah, akan tetapi kepuasan dan kebahagiaan saat sudah berhasil menyelesaikannya akan membuat anda melupakan rasa cape dan lelah saat melakukan proses pembuatan video klip tersebut. Untuk sekedar informasi, saya akan berbagi 10 tips membuat video klip musik sendiri agar terlihat menarik dan keren. Silahkan simak berikut ini:

10 Tips Membuat Video Klip Musik Sendiri

  1. Konsep. Konsep merupakan salah satu hal penting yang harus anda pikirkan saat akan membuat video klip, karena konsep yang jelas akan membuat video klip yang anda buat mempunyai makna yang lebih jelas. Pikirkan tentang tempat dimana video klip akan dibuat, tema yang akan dipakai, properti yang akan digunakan, siapa yang pas untuk dijadikan model, cerita video klip nya akan seperti apa, dan lain sebagainya.
  2. Biaya atau Anggaran. Perhatikan biaya atau anggaran yang anda punya. Sesuaikan anggaran yang anda punya dengan proses pembuatan video klip musik yang akan anda buat sehingga tidak akan terjadi keuarangan saat proses pembuatan video klip musik. Bagus tidaknya suatu video klip musik tidak ditentukan oleh biaya yang dikeluarkan. Terkadang, walaupun video klip musik yang dibuat cukup sederhana tapi tetap bisa menjadi video klip yang bagus dan menarik.
  3. Alat perekam. Menentukan alat yang digunakan untuk merekam video klip juga harus anda perhatikan, karena tanpa alat perekam maka video klip anda tidak akan bisa terdokumentasi. Semakin bagus alat perekam yang digunakan, maka akan semakin bagus juga hasil yang didapatkan. Namun alat perekam yang sederhana juga tetap bisa mendapatkan hasil yang bagus asalkan anda cerdik dalam memaksimalkan kemampuan alat perekam yang anda miliki.
  4. Properti. Properti adalah alat-alat yang menunjang pada proses pembuatan video klip, misalnya alat musik atau pemutar musik. Saat anda sedang melakukan video klip, tentu saja anda harus mendengarkan lagu yang akan anda nyanyikan bukan.
  5. Make Up. Dalam pembuatan video klip, make up menjadi hal yang cukup penting untuk dilakukan, karena saat di kamera kulit yang berwarna putih juga kadang bisa terlihat gelap. Terlihat menarik saat di kamera akan membuat video klip yang anda buat menjadi menarik juga, oleh karena itu jangan sepelekan pemakaian make up.
    Tips Membuat Video Klip Musik Sendiri
  6. Kostum. Sesuaikan kostum yang anda pakai dengan tema yang anda gunakan saat membuat video klip. Karena kesesuaian tema dengan kostum akan lebih memperjelas cerita dan makna dari video klip anda.
  7. Lokasi atau setting. Pilihlah Lokasi atau setting yang sesuai dengan konsep video klip anda. Lakukanlah survey tempat terlebih dahulu sebelum akan melakukan take. Perhatikan kondisi lingkungannya, cuacanya, masyarakat sekitarnya, dan kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi sehingga anda bisa mengantisipasi kemungkinan buruk tersebut.
  8. Take lebih dari satu kali. Lakukan Take suatu adegan dalam beberapa kali dan dari angle yang berbeda supaya mempermudah saat proses editing.
  9. Editing. Mendapatkan hasil yang maksimal adalah tujuan utama dari proses editing. Proses editing video klip akan menguras banyak waktu, tenaga, dan pikiran. Oleh karena itu, mood yang baik dan software yang menunjang akan mempermudah proses editing.
  10. Tim yang Solid. Tim yang solid akan mempermudah dalam pembuatan video klip musik, oleh karena itu sebaiknya anda memilih tim yang satu tujuan dengan anda. Dengan begitu pembuatan video klip akan berjalan dengan cepat dan lancar.
Baca juga: