search-button

Cara Membuat Musikalisasi Puisi Yang Bagus

   
AnakmusikCara Membuat Musikalisasi Puisi Yang Bagus. Merupakan suatu karya seni yang tak terpikirkan, dua jenis karya seni yang dipadukan menjadi karya seni terbaru, kesenian baru yang merupakan gabungan dari dua kesenian namun tergolong berbeda juga memiliki potensi sebagai perkembangan baru. Contohnya gabungan antara puisi dengan sebuah lagu menghasilkan karya sastra ataupun seni baru yang sebelumnya tidak pernah ada, dan dinamakan sebagai “Musikalisasi Puisi” dan inilah yang kali ini akan kami paparkan cara membuat musikalisasi puisi yang bagus. Dimana musik dan puisi harus pas jika nantinya akan dipakai untuk musikalisasi.

Kesenian ini menupakan kesenian yang mungkin gampang – gampang susah untuk merangkai sebuah puisi dipadukan dengan musik, komposisi harus pas, dinamika juga harus pas, musiknya tidak boleh terlalu berlebihan dan puisinya pun juga tidak harus yang panjang. Karena yang utama dari musikalisasi puisi itu adalah kepaduan antara kedua hal tersebut, puisi dan musik harus saling berbagi posisi kapan musik harus dimainkan dan kapan harus membagi waktunya dengan puisi, pewaktuan tepat memberikan nilai plus pada pentas musikalisasi puisi. Seperti apakah caranya? Berikut adalah cara membuat musikalisasi puisi yang bagus:

Cara Membuat Musikalisasi Puisi Yang Bagus

  1. Yang pertama anda harus mencari alat musik yang bagus dan lebih baik kamu menggunakan alat musik seperti gitar, piano, harmonika, atau biola. Karena alat – alat ini bagus untuk bahan instrumen musikalisasi puisi.
  2. Buatlah nada dengan alat musik diatas, buatlah nada yang harmony agar terdengar indah ditelinga para pendengar.
  3. Buatlah puisi  yang sesuai dengan nada yang anda buat.
  4. Anda bisa pakai teori rythym and meter untuk membuat nada yang harmony.
  5. Musikalisasi puisi hampir sama dengan lagu namun yang menjadi pembeda yaitu pada nadanya. Musikalisasi menggunakan nada yang agak datar namun tetap memiliki not – not yang tinggi dan panjang sehingga susah dibuat dan dibawakan.
  6. Akan lebih bagus jika memakai suara dua .
  7. Musikalisasi puisi ini menggunakan nada yang agak panjang, sometimes satu huruf saja bisa jadi panjang nadanya. Tetapi ada juga nadanya yang pendek, sama dengan theory meter in poetry, unaccented itu nadanya agak short, and accented nadanya agak panjang.
  8. Di tengah – tengah nada yang panjang itu ada cengkokan, inilah yang menjadikan not – nya agak susah.
  9. Musikalisasi puisi harus dibuat dengan penuh perasaan, sama hal – nya dengan membacakan puisi tersebut maka sense – nya akan terlihat.
Cara Membuat Musikalisasi Puisi Yang Bagus
Itulah langkah sederhana cara membuat musikalisasi puisi yang bagus, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Baca juga: