search-button

15 Band Rock Terbaik Indonesia

   
AnakmusikBand Rock Terbaik Indonesia. Indonesia juga mempunyai cukup banyak band rock terbaik dan terpopuler yang tidak kalah dengan band rock – band rock luar negeri. Banyak musisi Indonesia yang mempunyai andil cukup besar dalam memperkenalkan musik rock sehingga membuat kita bisa menikmati musik rock sampai saat ini. Band rock yang berkualitas menghasilkan karya – karya yang berkualitas juga. Lagunya yang oke serta personil band nya yang luar biasa membuat musik rock Indonesia cukup banyak diminati. Bagi anda yang ingin mengetahui band apa saja yang masuk kategori band rock terbaik Indonesia, berikut ini adalah daftar 15 band rock terbaik indonesia.

Daftar 15 Band Rock Terbaik Indonesia Sepanjang Masa


  1. God Bless. God Bless merupakan salah satu legenda musik rock Indonesia, dengan personil yang masih eksis sampai saat ini. God Bless sudah mengeluarkan beberapa album seperti God Bless (1975), Cermin (1980), Semut Hitam (1988), Raksasa (1989), Apa Kabar (1997), 36th (2007). Formasi terkahir God Bless adalah Ahmad Albar pada vokal), Ian Antono pada gitar, Donny Fattah pada bass, Yaya Moektio pada drum dan Abadi Soesman pada keyboard.
  2. Koes Bersaudara  atau Koes Plus. Band ini muncul sejak tahun 1969, Awalnya, Koes Plus diisi oleh 5 bersaudara, dengan nama Koes Bersaudara, yaitu John Koeswoyo pada Bass Betot, Tonny Koeswoyo pada Gitar, Yon Koeswoyo pada Vokal/Rhythm Guitar, Yok Koeswoyo pada Vokal/Bas Gitar dan Nomo Koeswoyo pada Drum. Formasi terbaik Koes Plus bisa dikatakan saat era Tonny Koeswoyo, Yon Koeswoyo, Yok Koeswoyo dan Murry. Aura rock n roll yang sering dibawakan saat pertunjukan membuat koesplus menjadi band rock paling berpengaruh di Indonesia.
  3. The Tielman Brothers. The Tielman Brothers punya aliran rock sendiri atau mungkin bisa juga dikatakan menciptakan aliran musik sendiri. The Tielman Brothers adalah salah satu band tertua asal Indonesia. Walaupun mereka memulai rekaman dan berkarier di Belanda. Nama The Tielman Brothers lebih dikenal di Eropa, terutama Belanda. musik mereka dikenal dengan Indorock, yaitu perpaduan antara musik Indonesia dan Barat, dan memiliki akar di Keroncong. The Tielman Brothers adalah band Belanda-Indonesia pertama yang berhasil masuk dikancah internasional dan merupakan salah satu perintis rock n roll di Belanda.
  4. Seringai. Band Seringai didirikan tahun 2012, yang digawangi oleh Arian13 pada Vokal, Ricky pada Gitar, Sammy pada Bass, dan Khemod pada Drum. Lagu-lagu mereka mulai akrab ditelinga para penikmat musik. Seringai sudah merilis 2 buah full album, dan 1 EP, yaitu High Octane Rock EP (2004), Serigala Militia (2007), dan terakhir Taring (2012).
  5. Roxx. Roxx adalah salah satu band rock yang banyak menginspirasi band-band saat ini. Tidak heran jika banyak sekali anak band yang sangat terinspirasi dari mereka karena bmusik mereka yang asik. Vokalis dari seringai yaitu  Arian13 juga sangat mengagumi Roxx, dan menjadi sumber inspirasinya dalam dalam bermain band.
  6. The Super Insurgent Group of Intemperance Talent (THE SIGIT). Band ini digawangi oleh Rektivianto Yoewono pada Vokal/Gitar, Farri Icksan Wibisana pada Gitar, Aditya Bagja Mulyana pada Bas, dan  Donar Armando Ekana alias Acil pada Drum.The Sigit pernah mengharumkan nama Indonesia lewat tur yang mereka lakukan di Australia dan Amerika Serikat.
  7. Slank. Kontribusi Slank untuk musik rock Indonesia sudah tidak diragujkan lagi, siapa yang tidak mengenal band ini. Manggung atau tidak, bendera slank selalu berkibar disetiap konser yang ada. Itu adalah bukti bahwa karya-karya slank begitu luar biasa sehingga tidak salah jika slank merupakan salah satu band terbaik Indonesia Tidak tanggung-tanggung, album yang dikeluarkannya juga sudah banyak beberapa diantaranya adalah  (Gadis Sexy) (1990), De Best Nya Slank (2000), Slankkissme (2006), I Slank U (2012) dan Slank Nggak Ada Matinya (2013).
    Band Rock Terbaik Indonesia
  8. Rif. Rif adalah salah satu Band yang berasal dari Bandung, Rif sangat layak mendapat apresiasi lebih karena sampai saat ini eksistensi mereka dalam meramaikan dunia musik Indonesia masih ada. Personil RIF saat ini digawangi oleh Andy pada vokal, Tedy pada bass, Jikun pada gitar, Magi pada drum, dan Ovy pada gitar. Album yang sudah mereka rilis sampai saat ini adalah Radja (1997), Salami (1998), Nikmati Aja (2000), Dan Duniapun Tersenyum (2002),  The Best Of (2004), Pil Malu (2006), 7 (2010) dan 18 Years of Rock (2013).
  9. Jamrud. Siapa yang tidak kenal band fenomenal ini, Jamrud pernah menjual albumnya hingga jutaan kopi. Album-album yang pernah mereka rilis adalah Nekad (1996), Putri (1997), Terima Kasih (1999), dan Ningrat (2000). Jamrud pernah meraih penghargaan 5 kategori AMI Award 2001, dan bahkan membuat mereka melakukan tur tunggal bersama Log Zhelebour di 120 kota yang di sponsori salah satu perusahaan rokok.
  10. Boomerang. Boomerang adalah salah satu band rock terbaik di Indonesia. Pada tahun 1993 band ini terpilih sebagai 10 band terbaik Festival Rock Se Indonesia ke 7 versi Log Zhelebour, sejak saat itulah band yang berasal dari Surabaya ini mulai terkenal. Era 90an sampai 2000an adalah era atau masa kejayaan Boomerang. Dengan formasi terbaik mereka, yaitu ada Hubert Henry Limahelu pada Bas, John Paul Ivan alias pada gitar, Roy Jeconiah Isoka Wurangian pada vokal, dan Petrus "Pet" Augusti pada drum.
  11. Koil. Band asal bandung ini adalah salah satu band rock indonesia yang juga nyentrik. Gaya nya yang khas dan aksi panggung nya yang oke membuat edane masuk kedalam daftar band rock terbaik Indonesia.
    Band Rock Terbaik Indonesia
  12. Netral. Banyak yang mengatakan nbahwa emunculan band netral pada tahun 1991 ini merupakan gerbong utama masuknya Alternative Rock di Indonesia. Band Netral waktu itu digawangi oleh  Bagus pada Bas/Vokal, Miten pada Gitar, dan Bimo pada Drum. Sama seperti band-band lainnya, personil dari band netral juga mengalami bongkar pasang personil. posisi Miten sebagai gitaris digantikan oleh Coky, dan posisi Bimo sebagai drummer digantikan oleh Eno. Nama band netral semakin populer dan berhasil merilis 11 album yaitu Wa..lah (1995), Tidak Enak (1997), Album Minggu Ini (1998), Paten (1999), Oke Deh (2001), Is The Best (2002),  Kancut (2003), Hitam (2005), Putih (2005), 9th (2007), The Story Of (2009), dan Unity (2012).
  13. Pas Band. Perjalanan karir Pas Band dimulai sejak tahun 1990, band ini disebut sebagai salah satu penggerak band-band Indie untuk dapat tembus ke major label. Formasi terakhir band ini  terdiri dari  Yukie pada vokal, Trisno pada bass, Bengbeng pada gitar, dan Sandy pada drum. Salah satu lagu yang fenomenal dari band ini adalah lagunya yang berjudul jengah. Lagu ini sering sekali dinyanyikan oleh  band-band festival musik rock atau band-band anak SMA pada pensi sekolah. PAS Band sudah mengeluarkan beberapa album, seperti Four Through The Sap (1993), In (No) Sensation (1995), indieVduality (1997), Psycho I.D (1998), Ketika (2001), PAS 2.0 (2003), Stairway to Seventh (2004), The BeAst of PAS (2006), dan Romantic...Lies...and Bleeding (2008). Sang gitaris yaitu Eet Sjahranie adalah salah satu gitaris terbaik Indonesia.
  14. Edane. Edane sudah merilik banyak album, seperti The Beast (1992), Jabrik (1994),  Borneo (1996), 9299 (the best album) (1999), 170 Volts (2002),  Time to Rock (2005), dan Edan (2010). Edane adalah salah satu band rock Indonesia yang unik dan nyentrik yang lahir tahun 1993. dan digawangi oleh J. A. Verdijantoro pada Vokal), Donnijantoro pada Gitar,  Leon Ray Legoh pada Drum, dan  Adam Vladvamp pada Bas.
  15. Superman Is Dead. Superman IS Dead adalah salah satu band yang berasal dari Bali. Band yang digawangi oleh Bobby pada Gitar/Vokal, Eka pada Bas, dan Jrx pada Drum sudah menyebarkan semangat musik rock dari Pulau Dewata sampai ke seluruh Nusantara. Superman IS Dead sudah merilis 6 album. Pada tahun 2009, Superman IS Dead melakukan tur di Negeri Paman Sam, dan pernah mengisi acara di gelaran Vans Warped Tour 2009.
Semoga informasi mengenai 15 band rock terbaik indonesia tersebut dapat bermanfaat bagi anda.
Baca juga: