search-button

Bahaya Tidur Sambil Mendengarkan Musik

   
AnakmusikBahaya Tidur Sambil Mendengarkan Musik. Apakah anda pernah mengalami kesulitan untuk tidur atau yang biasa orang bilang dengan insomnia. Apa anda pernah mengalaminya? Jika ya, apa yang biasa anda lakukan agar anda bisa segera tertidur? Setiap orang mungkin akan mempunyai jawaban yang berbeda, ada yang menjawab dengan olahraga, makan, menonton televisi, atau mendengarkan musik. Mendengarkan musik memang mempunyai banyak sekali manfaat, musik dapat membantu meningkatkan kinerja otak manusia, dapat menurunkan stress, dan  bagi sebagian orang musik sudah dianggap menjadi suatu kebutuhan.

Bahaya Tidur Sambil Mendengarkan Musik

Penjelasan Bahaya Tidur Sambil Mendengarkan Musik selanjutnya. Kebiasaan mendengarkan musik biasanya dilakukan dalam berbagai aktivitas, baik itu aktivitas di rumah, di kantor, di sekolah, di pasar, dan di tempat – tempat lainnya. Akan tetapi, ada beberapa waktu yang kurang tepat unruk mendengarkan musik, misalnya pada saat anda tidur. Bagi anda yang senang mendengarkan musik sebelum tidur, sebaiknya anda mengeset pemutar musik anda untuk berhenti secara otomatis setelah anda tertidur, karena tetap mendengarkan musik saat anda tidur itu merupakan hal yang kurang baik bagi kesehatan. Ketika anda mendengarkan musik saat tidur, sebenarnya hanya mata anda saja yang tidur tapi otak anda tidak. Sebenarnya otak memang tidak pernah tidur, otak akan tetap bekerja namun hanya porsinya saja yang berubah. Selama musik terus menyala maka otak anda akan terus bekerja. Akibatnya, saat anda bangun kondisi anda akan sedikit tegang dan stress, bahkan ada yang merasa seperti tidak tidur. Walaupun otak memang tidak pernah tidur, namun otak juga harus ada waktu istirahatnya.

Setiap gelombang suara yang masuk akan diteruskan ke dalam otak untuk diproses. Otak yang seharusnya beistirahat, akan tetap bekerja untuk memproses setiap rangsangan yang masuk. Bisa dibayangkan jika sepanjang malam anda terus mendengarkan musik, maka otak anda tidak akan ada waktu untuk istirahat, siang dan malam otak anda akan tetap bekerja.  Oleh karena itu, kebiasaan mendengarkan musik saat anda tidur harus segera dihilangkan, biarkan otak anda beristirahat sejenak.
 Bahaya Tidur Sambil Mendengarkan Musik
Bagi anda yang punya kebiasaan mendengarkan musik sebelum tidur tidak jadi masalah, siasatilah dengan beberapa trik seperti dengan mengeset pemutar musik anda  untuk berhenti sesuai waktu yang diinginkan, atau jika anda sudah merasa ngantuk sebaiknya anda langsung matikan pemutar musik anda. Dengan begitu, saat anda tertidur untuk istirahat, otak anda juga bisa beristirahat. Sehingga saat bangun nanti, kondisi tubuh dan otak anda akan kembali segar. Itulah beberapa dampak Bahaya Tidur Sambil Mendengarkan Musik.

Baca juga: