search-button

Kumpulan Alat Musik Non Tradisional Yang Perlu Kamu Ketahui

   
Anakmusik – Kumpulan Alat Musik Non Tradisional. Kumpulan alat musik non tradisional, dimana pengetahuan alat musik bukan hanya tentang alat musik tradisonal saja. Seiring berjalannya perkembangan zaman yang semakin canggih dan modern, begitu juga dengan adanya teknologi yang berkembang sangat pesat, kita sebagai penikmat dan pencinta juga harus menjaga kelestarian musik di negara kita tercinta ini. Salah satunya yaitu dengan mengetahui macam – macam alat musik non tradisional.

Tahukah kamu, apa saja alat musik non trdisional ? Pastinya tahu dong, alat musik non tradisional ini tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita, yakni seperti gitar, biola, harmonika, dan pianika. Nah, teman – teman disini kami akan mengulas tentang kumpulan alat musik non tradisonal tersebut, berikut adalah penjelasan dari ke empat alat musik non tradisonal, disimak dengan baik ya:

Kumpulan Alat Musik Non Tradisional Yang Perlu Kamu Ketahui

  1. Gitar merupakan alat musik yang berdawai atau memiliki senar dimana cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara dipetik, alat musik ini dimainkan dengan menggunakan tangan atau dengan menggunakan klaber (Pick). Bentuk alat musik ini yakni atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat merupakan tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan. Sedangkan gitar tradisional memiliki bentuk bermacam jenis kayu dengan senar yang terbuat dari baja ataupun nilon. Beberapa gitar modern dibuat dari material polikarbonat. Umumnya gitar terbagi menjadi dua yakni gitar elektrik dan gitar akustik.
  2. Biola ini merupakan alat musik dawai, alat musik ini dimainkan dengan cara digesek. (G – D – A – E) merupakan empat senar yang dimiliki oleh biola, yang disetel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima. dengan nada G yang merupakan nada terendah. Viola, cello dan double bass atau kontra bass merupakan beberapa keluarga dari alat musik biola, dan biola lah yang memiliki nada yang tertinggi. Sementara alat musik dawai yang lain yakni bas, yang termasuk dalam keluaraga viol.
  3. Harmonika ini merupakan alat musik yang dimainkan secara ditiup dan dihisap maka harmonika ini akan mengeluarkan suara yang cukup bagus, harmonika ini cukup mudah untuk dimainkan. Alat musik harmonika ini berasal dari alat musik tradisional China yang bernama 'Sheng' yang sudah digunakan kira – kira 5000 tahun yang lalu sejak kekaisaran Nyu – kwa.
    Alat Musik Non Tradisional
  4. Pianika merupakan alat musik tiup kecil yang melibatkan bilah – bilah keyboard yang luasnya sekitar tiga oktaf, alat musik sejenis harmonika. Pianika ini dimainkan dengan tiupan langsung melalui pipa lentur yang dihubungkan ke mulut. Pianika ini pada umumnya dijadikan alat musik pendidikan di sekolah, termasuk salah satu instrumen dalam marcing band. Pianika dapat digunakan untuk memainkan melodi pokok, kontra melodi, pada saat dimainkan dan itu juga bila memungkinkan dapat untuk mengiringi lagu.

Nah, teman – teman itulah kumpulan alat musik non tradisional yang perlu kita ketahui. Jika dahulu nenek moyang kita menghadirkan alat musik tradisonal, maka di zaman modern sekarang ini kita hadirkan alat musik baru yang diciptakan oleh tangan – tangan seni, yakni kita sebagi anak bangsa. Semoga dengan kumpulan alat musik non tradisonal ini bisa membangkitkan semangat anak muda bangsa untuk berkarya.

Baca juga: