search-button

5 Tips Memilih Dan Membeli Drum Set Yang Berkualitas

   
AnakmusikTips memilih dan membeli drum set. Drum merupakan salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini dijadikan sebagai alat musik pengiring yang dapat membuat irama dari alunan musik menjadi lebih bersemangat. Drum set mempunyai harga yang cukup tinggi, oleh karena itu bagi anda yang berniat ingin membeli drum set sebaiknya anda mempertimbangkan betul pilihan drum yang akan anda beli sehingga harga yang anda keluarkan dapat sesuai dengan kualitas drum yang anda terima. Berikut ini adalah 5 tips memilih dan membeli drum set yang berkualitas.

5 Tips Memilih Dan Membeli Drum Set Yang Berkualitas

  1. Harga. Harga merupakan tips pertama yang harus anda perhatikan dalam memilih drum yang berkualitas. Harga yang dikeluarkan akan sesuai dengan kualitas yang anda dapatkan. Biasanya drum yang berkualitas akan dibarengi dengan harga yang cukup tinggi. Apabila anda mempunyai dana yang cukup, sebaiknya anda membeli drum yang berkualitas tinggi, namun apabila dana anda terbatas, maka pilihlan drum set yang sesuai dengan dana yang anda miliki. Tinggal tergantung pada anda, cerdiklah memilih drum yang terjangkau namun memiliki kualitas yang cukup baik.
  2. Ukuran. Sesuaikan ukuran dan jumlah drum set dengan ukuran ruangan di mana drum set akan anda simpan atau akan anda tempat. Untuk permulaan, anda bisa memilih standar set 4 buah yaitu yang terdiri dari 1 bass, 1 snare, 1 floor tom, dan 1 tom. Atau anda bisa memilih  standar set 5 buah yaitu yang terdiri dari 1 bass, 1 snare, 1 floor tom, dan 2 tom. Apabila ruangan yang anda punya cukup luas, maka maka anda bisa memih drum set yang lebih besar.
  3. Jenis Suara. Berbagai macam jenis kayu dapat memberikan hasil suara yang berbeda. Contoh kayu untuk drum set akustik yaitu mahogany, maple, birch, basswood, oak, dan lain sebagainya. Cobalah berbagai jenis drum yang tersedia di toko alat musik dengan cara memukul dan membandingkan part drum yang sama. Drum elektrikbisa menjadi alternatif karena kelebihannya yang dapat untuk mengatur berbagai jenis suara.
  4. Merk. Carilah informasi mengenai merk drum set yang banyak digunakan, karena biasanya semakin banyak merk tersebut dipilih berarti kualitasnya memang bagus. Pilihlah dua atau tiga merk berdasarkan kualitasnya, harganya , garansinya, dan aspek-aspek lainnya. Ada beberapa merk drum set yang cukup terkenal seperti Yamaha, Pearl, DW, Mapex, PDP, Premier, Sonor, Tama, dan lain sebagainya. Biasanya merk akan berbanding lurus dengan harga dan kualitas.
  5. Pada dasarnya, drum set memang bisa dipakai untuk berbagai gaya, akan tetapi memilih drum set yang cocok dengan gaya musik bermainmu merupakan salah satu ide yang tepat. Drum set yang lebih kecil cocok untuk jazz, blues tradisional. Sedangkan drum set yang lebih besar cocok untuk gaya lain yang lebih kuat. Oleh karena itu sesuaikan drum yang akan anda beli dengan kegunaannya untuk musik jenis apa.
Tips Memilih Dan Membeli Drum Set
Setelah mempertimbangkan 5 tips memilih dan membeli drum set yang berkualitas tersebut, semoga anda dapat membeli drum set yang baik dan berkualitas.
Baca juga: