search-button

5 Cara Mudah Promosi Lagu Lewat Internet

   
Anakmusik – Cara promosi lagu lewat internet. Kecanggihan teknologi digital yang ada saat ini memang mempermudah setiap orang dalam mendapatkan kesempatan untuk menjadi terkenal dengan cara yang mudah dan cepat. Terbukti dengan kemunculan beberapa orang yang tiba-tiba menjadi popular lewat video – videonya yang menarik di berbagai situs online seperti YouTube. Apakah anda masih ingat dengan sinta jojo? Video mereka yang lucu saat melakukan lipsing lagu keong racun, membuat mereka mendapat banyak perhatian dari masyarakat sehingga mereka mendadak menjadi terkenal. Contoh lainnya adalah norman kamaru, ia juga menjadi terkenal karena video lipsingnya yang lucu, menyanyikan lagu india dengan menggunakan seragam.

Kehadiran berbagai macam situs atau media sosial dapat membantu mempermudah anda dalam melakukan promosi lagu. Lagu yang akan dipromosikan akan dapat dengan mudah di dengarkan di seluruh dunia. Bagi anda yang ingin mempromosikan lagu anda lewat internet, dunia digital sudah memberikan puluhan situs musik yang bisa anda pergunakan untuk memfasilitasi anda. Berikut ini adalah 5 cara mudah promosi lagu lewat internet.

5 Cara Mudah Promosi Lagu Lewat Internet

  1. SoundCloud. SoundCloud merupakan salah satu situs musik yang memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk mempublikasi karyanya secara langsung. (Self Hearing). Misalnya merekam lagu dengan menggunakan situs musik soundcloud secara realtime, anda juga bisa menyimpan playlist atau daftar lagu kesukaan anda. Souncloud memfasilitasi anda untuk bisa berkarya, anda dapat menciptakan dan menyimpan lagu serta dapat mempromosikannya pada teman-teman anda.
  2. Reverbnation. Reverbnation merupakan situs musik dengan metode profiling yang mungkin bisa dikatakan terbesar di dunia. Situs musik Reverbnation dikenal oleh hampir semua pemain musik, penikmat musik, penggiat musik, sampai pebisnis musik. Bagi penggiat musik misalnya, mereka dapat memasukkan jadwal acara musik sampai perekrutan musik yang berkualitas. Sedangkan bagi manajer musik, mereka dapat mempromosikan artisnya supaya bisa memperoleh dukungan yang lebih bagus.
  3. YouTube. Mengupload video promosi anda di YouTube adalah salah satu cara mudah untuk mempromosikan lagu anda. Situs ini paling sering dan paling banyak dikunjungi. Apabila anda ingin melakukan promosi lagu anda di youtube, anda hanya tinggal mengupload video musik anda di youtibe, kemudian lihat berapa banyak video anda diputar serta lihat seberapa banyak karya anda disukai netizen.
    Promosi Lagu Lewat Internet
  4. Kumba Play. Kumba Play merupakan situs berita dan profil musik Indonesia yang biasa digunakan untuk  promosi Band. Pemain band ataupun solo dapat mengisi profil Band atau Solo anda dengan lengkap, anda juga boleh memajang Video Klip dan memasang karya lagu anda dalam bentuk MP3, bahkan bisa berjualan merchandise pada kanal merchandise di masing-masing profil. Situs musik Kumbaplay juga memberikan kesempatan untuk bisa mempromosikan acara musik yang akan mereka ikuti serta dapat mempublikasikan berita tentang perjalanan musik Anda.
  5. Hai Online. Situs musik Hai Online merupakan adaptasi dari majalah remaja Hai. Situs ini dibuat untuk mengakomodir band-band yang ada di seluruh Indonesia. Situs ini memberikan kesempatan pada group band- grup band yang ingin melakukan promosi untuk bisa mempublikasikan promosi lagu dan membuat profil group band anda. Apalagi jika grup band anda sering terlibat atau melibatkan diri pada setiap kegiatan majalah Hai.

Itulah 5 cara mudah promosi lagu lewat internet. Manfaatkanlah fasilitas yang sudah tersedia pada situs-situs musik tersebut sebagai jembatan atau jalan untuk mempromosikkan karya-karya anda dengan baik.

Baca juga: