search-button

4 Dampak Mendengarkan Musik Terlalu Keras

   
AnakmusikDampak Mendengarkan Musik Terlalu Keras. Mendengarkan musik favorit memang lebih menyenangkan jika didengarkan dengan volume yang keras, karena akan memberikan kepuasaan tersendiri saat anda mendengarkannya. Selain itu mendengarkan musik dengan volume yang keras juga akan membuat perasaan anda menjadi lebih baik dan lebih bersemangat. Akan tetapi, anda juga harus tetap waspada karena kebiasaan mendengarkan musik terlalu keras akan menimbulkan berbagai macam dampak negarif. Berikut ini adalah Dampak Mendengarkan Musik Terlalu Keras.

4 Dampak Mendengarkan Musik Terlalu Keras

  1. Gangguan Pendengaran. Salah satu masalah kesehatan paling utama yang dapat ditimbulkan akibat mendengarkan musik terlalu keras adalah gangguan pendengaran. Saat anda mendengarkan musik dengan volume lebih dari 90 desibel, maka gendang telinga anda akan  mulai terganggu. Apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka dapat menimbulkan gangguan pendengaran (menurunnya kemampuan untuk mendengar). Oleh karena itu, biasakanlah untuk tidak mendengarkan musik terlalu keras.
  2. Masalah Saraf. Mendengarkan musik terlalu keras juga bisa mengakibatkan kerusakan pada saraf telinga anda. Apabila kerusakan tersebut sudah mencapai saraf otak, maka dampak yang timbulkan juga akan semakin luas ke seluruh tubuh Anda.
  3. Infeksi Telinga. Mendengarkan musik terlalu keras dapat mengakibatkan Infeksi telinga. jika anda sudah terkena infeksi telinga, maka telinga anda tidak dapat berfungsi dengan maksimal.
  4. Penurunan Konsentrasi. Mendengarkan musik terlalu keras dapat membuat konsentrasi anda menjadi menurun. Mungkin anda akan mengalami kesulitan dalam memahami hal apapun yang membutuhkan pemahaman.
 Dampak Mendengarkan Musik Terlalu Keras
Itulah beberapa Dampak Mendengarkan Musik Terlalu Keras. Mendengarkan musik memang memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan, dengan catatan didengarkan sesuai porsinya, tidak berlebihan, dan juga tidak terlalu keras. Dengarkanlah musik  dengan volume yang wajar, supaya kesehatan telinga Anda tetap terjaga. Sebaiknya anda tidak mendengarkan musik dengan volume lebih tinggi dari 50% volume maksimal pemutar musik Anda. Jika anda sedang menggunakan earphone atau headphone usahakan volume musik anda tidak sampai terdengar oleh orang di dekat anda, karena jika itu terjadi berarti volume musik anda sudah sangat keras. Jangan lupa untuk mengistirahatkan telinga anda, saat anda mendengarkan musik sebaiknya istirahatkan telinga anda setiap 20 menit sekali.

Baca juga: