search-button

15 Drummer Terbaik Dunia Sepanjang Masa

   
AnakmusikDrummer terbaik dunia akan selalu dikenang sepanjang masa, karya-karya mereka terekam dengan sangat baik, sehingga dapat menginspirasi banyak orang. Drum merupakan salah satu instrumen musik yang penting. Keberadaanya mungkin memang tidak terlalu meninjol karena drummer atau pemain drum biasanya duduk di belakang dan fokus dengan drum. Berbeda dengan vokalis dan gitaris yang biasanya melakukan interaksi dengan penonton. Namun kehadiran drummer sangat jelas terasa, tanpa adanya gebukan drum sepertinya musik akan terdengar seakan hambar. Terdapat banyak sekali drummer-drummer terbaik dan terhebat sepanjang masa, berikut ini adalah 15 drummer terbaik dunia sepanjang masa.

15 Drummer Terbaik Dunia Sepanjang Masa

  1. Buddy Rich. Buddy Rich adalah pemain drum paling keren dan luar biasa sepanjang masa. Dia bermain drum secara profesional ketika usia masih 18 bulan. Dia menjadi salahsatu personil “Traps the Drum Wonder” yang dimiliki orang tuanya. Saat ia berusia 3 tahun, ia sudah bisa memainkan permainan drumnya drummer dunia. Rich jadi menjadi artis cilik dengan bayaran paling tinggi kedua waktu itu. Rich bergabung dengan sebuah band beraliran jazz saat berusia 14 tahun. Ia meninggal di usia 69 tahun. Setelah ia wafat, sebagai apresiasi atas dedikasi dan kemampuan rich sebagai drummer terbaik, beberapa konser memorial besar diselenggarakan.
  2. Jimmy “The Rev” Sullivan. Jimmy Sullivan mulai belajar memainkan drum pada usia 5 tahun. kemudian ia tumbuh dan dipengaruhi oleh musik dari King Crimson dan Frank Zappa, band-band musik rock progresif. Setelah SMA, Jimmy beralih ke genre heavy metal. Kehebatannya dalam bermain drum sudah tidak diragukan lagi, ia bisa meningkatkan tempo lagu dengan memainkan simbal dan drum bass dengan kecepatan yang berkali lipat. Teknik seperti itu bisa ia lakukan sambil menyeimbangkan tom dan snarenya. Hal tersebut menjadi ciri khas permainan drumnya, yang saat ini sudah banyak ditiru oleh pemain drum lain. Jimmy meninggal pada 28 Desember 2009, yang membuat bandnya Angeved Sevenfold dan para fansnya merasa sangat kehilangan.
  3. Dave Grohl. Dave Groh adalah salah satu drummer yang cukup popular, ditambah lagi dengan nama band grunge yang cukup melegenda membuat dave menjadi sangat populer. Ia juga sering bermain dengan musisi lain, seperti Paul McCartney, Led Zeppelin, Nine Inch Nails, David Bowie, dan lain sebagainya. Melalui band rocknya, The Foo Fighter, ia diberikan kesempatan untuk bermain gitar dan bernyanyi. Grohl bergabung dengan Nirvana pada tahun 1990. Walaupun band itu bukan kelompok musik grunge pertama, akan tetapi mereka mampu menjadikan genre grunge begitu popular.
  4. Mickey Hart. Mickey Hart begitu lekat dengan The Grateful Dead. Bersama drummer lainnya dari band, Bill Kreutzmann. Hart membubuhkan tekstur musik yang berbeda, dan Kreutzmann, bertanggung-jawab mengatur ritme lagu. Albumnya yang berjudul “Planet Drum” menerima penghargaan Grammy untuk kategori “Best World Music Album of the Year”. Saat ini, ia menjadi dewan direktur di institut “Music & Neurological Functions”. Institut tersebut jadi salahsatu yang mengembangkan terapi musik.
    15 Drummer Terbaik Dunia
  5. Gene Krupa. Gene Krupa adalah pemain drum musik jazz yang penuh energi, hal tersebut membuat ia menjadi begitu popular. Mungkin bisa dikatakan bahwa dialah ‘seleb drummer’ pertama. Gene Krupa menjadi salah satu personil Band Benny Goodman pada tahun 1934. Tiga tahun kemudian, band tersebut merilis lagu “sing, sing, sing”. Sejak itu namanya semakin melejit.
  6. Mitch Mitchell. Mitch Mitchell mengikuti audisi untuk Jimi Hendrix pada tahun 1966. Permainan mitchell cukup bagus, Ritme yang diciptakannya membuat interaksi yang menarik antara gitar dengan drum. Sejak Jimi meninggal pada tahun 1970, ia bermain bersama John Lennon, Jack Bruce, Eric Clapton, dan lain sebagainya.
  7. Keith Moon. Keith Moon terkenal sebagai drummer yang mampu memainkan alat musik dengan cepat. Saat berusia 12 tahun ia mulai bermain drum. Alat musik yang pertama ia mainkan adalah alat musik sejenis terompet. Lalu ia beralih pada drum yang dapat dengan cepat ia kuasai. Keith Moon bergabung dengan Band The Who saat usianya 17 tahun. Ia tidak begitu suka jika harus bermain drum secara tunggal  karena membosankan. Menurutnya, peran seorang drummer adalah memang menjadi bagian dari musik.
  8. Dave Weckl. Tahun 1980, nama Dave Weckl mulai mencuat ke permukaan. Waktu itu ia bergabung dengan The Chick Corea Electric Band. Ia langsung dikenal sebagai salahsatu drummer berbakat karena  permainannya yang berkualitas. Dave Weckl mulai mendapat banyak tawaran dari perusahaan-perusahaan untuk mengendorsebeberapa produk drum. Ia juga pernah bermain dengan beberapa musisi besar seperti Paul Simon, Madoona, Robert Plant, dan lain sebagainya. Dave Weckl juga sering membuat video instruksi tentang ngedrum.
  9. Neil Peart. Sebelum bergabung dengan Band Rush tahun 1974, Peart hanya bermain di sekitaran Kanada. Namanya melambung setelah menjadi personil dari Band Rush. Peart adalah salahsatu drummer yang paling banyak direkrut, hal tersebut terjadi karena kemampuan dan pengaruhnya dalam dunia musik rock.
  10. John Bonham. Saat berusia 5 tahun, John Bonham mengumpulkan kaleng-kaleng, yang kemudian ia susun seolah-olah menjadi drum set yang asli. Pada awalnya, ia bermain dengan menggunakan dua drum bass, namun akhirnya Bonham terpaksa bermain dengan drum bass tunggal. Sejak itulah, kemampuannya memainkan drum bass hanya dengan kaki kanannya bermula. Bonham mulai menambah drum setnya dengan gong, conga dan timpani. Ia adalah pemain drum pertama yang menambahkan synthesizers pada timpaninya. Bonham meninggal pada 25 September 1980.
    15 Drummer Terbaik Dunia Sepanjang Masa
  11. Ringo Starr. Ringo Starr merupakan salah satu drummer terbaik dunia, Sebagian orang beranggapan bahwa Ringo memang mempunyai kemampuan yang baik sebagai seorang drummer, sebagiannya lagi ada yang beranggapan bahwa kepopuleran drummer ini disebabkan karena nama bandnya yang melegenda. Ringo Starr mempopularkan gaya ngedrum “Four on the Floor”. Gaya ini terkenal dan menjadi inspirasi dalam dunia musik saat ini. Karyanya dapat kita nikmati dan kita lihat pada warna musik bandnya sendiri yaitu The Beatles yang sangat khas, tidak berat, namun nikmat. Ringo Starr juga mulai menulis lagu dan menggunakan instrumen andalannya untuk menambah tekstur musik, sehingga peranannya terlihat jelas.
  12. Travis Barker. Travis Barker adalah drummer dari Blink 182, ia adalah drummer yang sangat powerful. Barker mulai belajar memainkan alat musik sejak usia 5 tahun. Saat itu diberi alat berupa dua stik dan dipukulkan pada pot dan panci. Drum set yang asli baru ia dapatkan lima tahun setelahnya. Jenis musik yang ia mainkan awalnya adalah swing music dan jazz. Kemudian ia beralih pada jenis musik rap dan hip-hop. setelah terjun di industri musik, ia masuk  dalam irama lagu punk-rock atau rap-rock.
  13. Clyde Stubblefield. Clyde Stubblefield menerapkan standar drum funk yang sering dipakai oleh berbagai gaya musik. Musik funk sangat mengandalkan interaksi antara pemegang bass dan drum, musiknya tidak akan funky jika tidak ada chemistry tersebut. Clyde Stubblefield dijuluki sebagai “Godfather of Funk” James Brown.
  14. Art Blakey. Art Blakey adalah salah satu drummer yang cukup penting. Ia menjadi bintang era bee-bop dalam musik jazz. Blakey sudah mulai bermain drum saat masih belia. Kariernya semakin menanjak dengan band The Jazz Messengers. Tahun 2005, penghargaan seumur hidup Grammy jatuh padanya.
  15. Chad Smith. Chad Smith bergabung dengan Red Hot Chili Peppers pada tahun 1988. Sejak itulah ia menjadi salah-satu pemain drum yang paling disegani di dunia. Setelah bergabung dengan band pertamanya yang berkolaborasi dengan musisi-musisi hebat dari Parliament/Funkadelic, ia kemudian belajar musik funk. Ia juga sempat tampil dengan musisi-musisi besar seperti Deep Purple, Johnny Cash, Kid Rock, dan lain sebagainya.
Baca juga: