search-button

10 Pemain Gitar Blues Legendaris Terkenal di Dunia

   
AnakmusikPemain gitar blues legendaris terkenal di dunia tidak jauh berbeda dengan musisi legenda Blues terbaik. Musik ini pertama kali diciptakan oleh orang Afro-Amerika. Istilah blues resmi dipakai tahun 1910. Sebelum menggunakan gitar elektrik, para musisi blues menggunakan banjo terlebih dahulu. Sampai akhirnya musik blues mengalami perkembangan yang cukup pesat hampir di setiap daerah di Amerika yang melahirkan warna musik blues yang berbeda-beda. Banyak sekali pemain gitar blues yang bermunculuan, karya-karya mereka begitu menginspirasi pemain gitar lainnya. Mereka begitu popular. Berikut ini adalah 10 pemain gitar blues legendaris terkenal di dunia.

10 Pemain Gitar Blues Legendaris Terkenal di Dunia

  1. Blind Lemon Jefferson. Blind Lemon Jefferson adalah salah satu penyanyi blues populer di Amerika. Ia berasal dari coutchman,Texas dan merupakan pendiri texas blues. Aaron Thibeaux Walker adalah orang yang mengajari Blind Lemon Jefferseon tentang dasar-dasar dalam memainkan gitar blues. matchbox blues, black snake moan, balky mule blues, dan old rounders blues adalah beberapa contoh lagu Blind yang terkenal. Memainkan gitar akustik dengan cepat adalah salah satu keahliannya. Menghentikan ritme pada baris akhir vokal untuk mulai memainkan melodi adalah kebiasannya, selain itu ia juga.menggunakan teknik petik gitar akustik dengan menggunakan ibu jari secara bergantian sehingga mampu menciptakan efek blues dan country.
  2. Leadbelly. Leadbelly adalah pemain gitar blues legendaris Amerika yang multiintrumentalis, King Of The 12 String Guitar adalah sebutannya. Selain bermain gitar, ia juga bisa memainkan intrumen lain seperti piano, mandolin, harmonika, biola, dan akordion. Leadbelly Lahir pada tahun 1888.
  3. Chester Arthur Burnett  (Howlin' Wolf). Howlin' Wolf adalah salah satu gitaris blues legendaris yang cukup berpengaruh pada perkembangan musik blues. Ia lahir pada 10 juni 1910. Keahliannya dalam bermain gitar sudah tidak diragukan lagi, bukan hanya bisa memainkan gitar, dia juga bisa memainkan harmonika. Wolf belajar teknik dasar memainkan gitar dari Charley patton yang notabene adalah seorang bluesman paling populer saat itu. Selain dari charly, dia juga banyak mendapat inspirasi dari beberapa legendaris dunia seperti sheikh missipi, blind lemon jefferson, Lonnie johnson, tampa red, dan lain sebagainya. Spoonfull, Smokestuck Lightnin, dan Down in The Bottom adalah beberapa contoh lagunya yang sangat inspiratif.
  4. Robert Johnson. Robert Johnson adalah salah satu pemain gitar blues legendaris yang banyak mempengaruhi pemain gitar elektrik blues dan rock. Banyak yang menyebutnya King Of The Delta Blues Singer. Semasa hidupnya, sudah 32 lagu yang ia hasilkan. Ia sempat hilang beberapa waktu namun setelah itu ia kembali sebagai gitaris yang lebih baik. Robert Johnson lahir pada tanggal 8 mei 1911 di Mississippi, dan meninggal dunia pada tanggal 16 agustus 1938. Dalam bermain gitar, ia menggunakan teknik petikan jari dan bottleneck dengan berbagai variasi tuning. Dia juga sering menggunakan ibu jari untuk nada bas pengiring. Gitar yang ia gunakan adalah gitar akustik Gibson. Terraplane Blues adalah Hits nya yang terkenal. Lagu Love in Vain Blues, I'm A steady Rollin Man, Sweet Home Chicago, dan They're Red Hot yang dinyanyikan juga oleh Eric clapton serta Red Hot Chili Peppers adalah beberapa lagu lainnya yang juga asik untuk didengarkan.
    Pemain Gitar Blues Legendaris Terkenal di Dunia
  5. Muddy Waters. Muddy Waters adalah salah satu gitaris blues terbaik dan juga merupakan musisi terpopuler bagi musik blues yang berkembang menjadi Rock n Roll. Muddy Waters bernama asli Mckinley Morganfield , ia lahir pada 4 april 1913, issaquenna, Missipi. Karena dia samgat suka bermain dengan lumpur, maka ia dipanggil dengan nama muddy yang kemudian berubah menjadi Muddy Waters. Muddy Waters merupakan sumber Inspirasi bagi musik blues Inggris. Sepanjang karirnya, ia sudah mengeluarkan banyak sekali album. Lagunya yang  berjudul I'can't be satisfied and I Fell like going Home menjadi hit di tahun 1946. Lagu-lagu lainnya seperti JUst a Dream, Double Trouble, Rolling Stone, Hoochie Coochie Man, Baby Please Don't Go, Got My Mojo Working dan lain sebagainya sangat menginspirasi para pencinta blues.                                                                                             
  6. John Lee Hooker. John Lee Hooker merupakan salah satu gitaris yang pertama kali menggunakan gitar elektrik sebagai instrumen pengiring. Ia lahir pada 22 agustus 1917.
  7. BB King. BB King lshir di Missipi pada tanggal 16 september 1925. Blues Boy adalah kepanjangan dari BB, penamaan tersebut mulai dipakai pada tahun 1950an. BB king adalah penemu teknik vibrato blues atau rock, dan ia adalah salah satu pemain gitar elektrik blues yang paling berpengaruh sepanjang masa. BB king jarang memainkan rhythm, ia selalu menggunakan vibrato dan teknik bending super akurat. Permainan gitar BB King dipengaruhi oleh pemain blues klasik Blind Lemon jefferson, T- Bone Walker dan Jazzer Charlie Christian dan Django reinhardt.
  8. Jimi Hendrix. Jimi Hendrix lahir dengan nama Johnny Allen Hendrix pada tanggal 27 November 1942. Kemudian namanya diubah lagi menjadi James Marshal Hendrix. Walaupun ia lebih dikenal sebagai pemain rock, namun teknik dan pemilihan nadanya sangat blues sekali.Teknik kontrol bending yang luar biasa, tone yang sempurna, dan phrasing yang indah membuat Jimi Hendrix menjadi salah satu gitaris paling sensasional. Ia suka memainkan gitar dibelakang kepala, luat biasa bukan.
  9. Eric Clapton. Eric Clapton lahir pada 30 maret 1945 di surrey inggris. Permainan gitar eric clapton  dipengaruhi oleh Muddy Waters dan Robert Johnson. Tahun 1963 ia bergabung dengan The yardbirds, setelah itu ia bergabung dengan John mayall lalu keluar dan membentuk Cream bersama Gingerbaker dan jack bruce. Sebagian orang menyebut mereka sebagai Trio Power blues pertama.
  10. Stevie Ray Vaughan. Stevie Ray Vaughan merupakan adik dari Jimmy Vaughan. Permainan gitar stevie dipengaruhi oleh para pemain blues Elektrik termasuk bb king, Lonnie mack dan albert Collins. Stevie ray vaughan adalah salah satu pemain blues elektrik terbaik yang mempunyai tempo cepat, sekalipun dalam lagu dengan tempo yang lambat ia mampu menampilkan improvisasi dalam kecepatan yang tinggi.
Baca juga: