search-button

10 Microphone Terbaik Untuk Vokal

   
AnakmusikMicrophone Terbaik Untuk Vokal. Microphone terbaik akan anda dapatkan jika anda selektif dalam memilih berbagai macam microphone yang sudah banyak beredar dipasaran. Microphone merupakan salah satu hal penting yang harus tersedia di studio rekaman, karena akan menjadi sumber input yang paling utama saat akan melakukan rekaman. Oleh karena itu, sebaiknya anda memahami dan memastikan terlebih dahulu microphone seperti apa yang ingin anda beli supaya anda tidak salah beli. Kualitas microphone yang baik akan sebanding dengan rekaman yang dihasilkan, jadi pintar-pintarlah saat memilih microphone.

Microphone mempunyai beberapa jenis, misalnya Condenser Microphone, Ribbon Microphone, dan Dynamic Microphone. Jenis-jenis microphone tersebut sudah banyak tersedia di pasaran. Semakin banyak pilihan memang baik, namun biasanya akan membuat anda semakin bingung saat memilih microphone mana yang anda inginkan. Supaya anda tidak bingung saat memilih microphone terbaik, maka berikut ini akan dibahas mengenai beberapa referensi tentang 10 microphone terbaik untuk vokal. Semoga dengan beberapa referensi berikut ini, anda bisa mendapatkan microphone terbaik.

10 Microphone Terbaik Untuk Vokal

  1. Shure SM57. Shure SM57 merupakan salah satu alternatif yang paling bagus, musisi dan produser terkenal seperti Lenny Kravitz menggunakan SM57. Harga Shure SM57 berkisar Rp. 1 jutaan.
  2. Shure SM58. Microphone jenis dynamic merupakan microphone yang sangat populer untuk Vokal. Harga mic ini berkisar Rp. 1 jutaan. Harga tersebut cukup hemat, karena bisa digunakan untuk kebutuhan live ataupun di studio. Meskipun banyak pilihan Microphone yang lebih baik di luar sana untuk studio rekaman, Mic ini akan memberikan anda sound vokal yang layak dengan anggaran yang kecil. Musisi dengan aliran musik keras banyak yang menggunakan SM58 untuk merekam vokal karena mic ini dapat merekam screaming vocal yang intens dengan baik tanpa distorsi. Shure SM58 juga merupakan pilihan yang bagus bagi anda yang hanya merasa nyaman bernyanyi dengan menggunakan Mic di tangan (bukan ditempatkan di stand). Selain itu, Shure SM58 juga cocok digunakan untuk backing vokal.
  3. Shure Beta 58. Shure Beta 58 adalah microphone multipurpose yang cukup murah. Kisaran harga Shure Beta 58 adalah Rp. 1– sampai 2 juta. Apabila anda punya anggaran lebih, mungkin Shure Beta 58A bisa anda pertimbangkan sebagai gantinya.
  4. Rode NT3. Kisaran harga Rode NT3 harganya adalah Rp. 2 sampai 3 juta. Karena harganya yang cukup lumayan, maka selektiflah saat membeli agar anda bisa mendapatkan harga terbaik. Rode NT3 merupakan pilihan yang cukup baik untuk vokal, mic ini juga sangat bagus untuk gitar akustik, perkusi dan overhead drum.
  5. Rode NTK. Kisaran harga Rode NTK adalah Rp. 5 juta, cukup tinggi memang tapi membeli Mic condensor yang baik merupakan investasi jangka panjang. Mic ini dapat menangkap baik vokal yang loud tanpa distorsi. Oleh karena itu, apabila anda mengiinginkan microphone yang terjangkau, tahan lama dan bisa menangkap sound dengan baik, jelas dan berkualitas tinggi maka mic ini adalah pilihan tepat.
    Microphone Terbaik Untuk Vokal
  6. Behringer C1. Apabila Rode NTK terlalu mahal, maka anda bisa memilih Behringer C-1. Kisaran harga  Behringer C1 adlah Rp. 1 juta. Mic ini cukup layak sebagai pilihan pengganti dari rode NTK. Walaupun Behringer C1 tidak bisa sepenuhnya memberikan kualitas seperti pada Rode NTK, namun untuk aplikasi home recording, Behringer C1 dapat berfungsi dengan baik.
  7. M-Audio Nova. Kisaran harga Mic large capsule condenser adalah Rp. 1 sampai 1,5 juta. Dengan ukuran harga yang lumayan terjangkau mic ini bekerja dengan baik. Mic ini sedikit lebih baik dibandingkan dengan Behringer C1.
  8. Audio Technica AT2020. Kisaran harga Audio Technica  AT2020 Condenser USB Microphone adalah Rp. 1 sampai 1,5 juta. Audio Technica  AT2020 adalah Mic yang dirancang khusus dengan sangat baik, sehingga pengguna Home Recording bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Audio Technica  AT2020 dirancang multi purpose, sehingga mampu merekam vokal, instrumen akustik, string dan drum overhead. dengan baik.
  9. Shure KSM27. Kisaran harga Shure KSM27 adalah Rp. 3 sampai 4 juta. Shure KSM27 dirancang untuk musisi yang ingin mendapatkan kualitas yang bagus dengan harga hemat. Shure KSM27 cukup tangguh digunakan saat live concert, dan juga bagus untuk merekam vokal dan instrumen akustik.
  10. Rode Classis II. Rode Classis II adalah microphone dengan kualitas yang sangatbaik. Harga mic ini juga cukup tinggi, berkisar antara Rp. 8 sampai 9juta, bahkan ada juga yang berkisar antara Rp. 18 sampai 20 juta. Untuk mendapatkan harga terbaik, anda harus lebih selektif, dan sabar jangan terburu-buru. Rode Classis II baik digunakan untuk vokal rock dan distorsi gitar. Snoop Dogg adalah salah satu artis papan atas yang menggunakan dan menyukai microphone ini. Rode Classis II dapat digunakan pada semua jenis instrumen akustik dan drum overhead.

Apabila anda mempunyai keinginan untuk membuat Home Recording Studio, saat anda membeli microphone, sebaiknya anda juga membeli Pop Filter, kecuali apabila semua lagu anda merupakan jenis instrumental music. Kisaran harga Pop Filter yang bagus adlah  Rp. 150 sampai 500 ribu. 10 microphone terbaik untuk vokal tersebut merupakan referensi bagi anda yang ingin membeli microphone untuk vokal. 10 microphone tersebut hanya sebagian dari banyak microphone-microphone bagus lainnya. Jika anda tidak puas dengan 10 microphone terbaik untuk vokal tersebut, anda bisa mencari referensi pemilihan microphone terbaik lainnya. Karena pendapat dan selera setiap orang memang bisa saja berbeda.

Baca juga: