search-button

10 Gitar Paling Mahal di Dunia

   
AnakmusikGitar Paling Mahal di Dunia. Merk Gitar paling mahal di dunia yang akan dibahas kali ini ada 10 gitar. Mahal tidaknya suatu gitar memang relatif, tergantung dari siapa yang melihatnya dan apa yang ia cari dari gitar tersebut. Misalnya sebuah gitar dengan harga Rp.20 juta, bagi pecinta gitar dan bagi yang berpenghasilan lebih harga tersebut sudah termasuk murah. Namun bagi yang tidak punya ketertarikan pada gitar dan bagi yang mempunyai penghasilan kurang, harga tersebut sangatlah mahal. Harga gitar yang mahal bisa diakibatkan karena beberapa hal, misalnya karena gitar tersebut pernah dipakai oleh legenda – legenda musik dunia, tentu saja hal tersebut akan menaikkan harga gitar, karena sejarah dari gitar tersebut sangatlah mahal.

Bayangkan bahwa merk gitar yang kita punya, pernah dipakai oleh gitaris – gitaris ternama, akan sangat membanggakan bukan? Maka wajar jika harga gitar tersebut menjadi sangat mahal. Hal lainnya bisa juga karena memang gitar tersebut mempunyai kualitas yang tinggi, dan dipesan secara khusus. Atau misalnya pada gitar tersebut terdapat tanda tangan dari para gitaris legenda. Harga gitar tersebut akan naik secara otomatis, karena pada gitar tersebut tersimpan kenangan dan sejarah yang luar biasa. Bagi anda yang penasaran ingin mengetahui gitar paling mahal di dunia, naah,,berikut ini adalah informasi mengenai 10 Gitar Paling Mahal di Dunia.

10 Merk Gitar Paling Mahal di Dunia

  1. Fender Stratospheric Asia. Gitar ini khusus dilelang untuk membantu korban tsunami. Gitar putih ini mempunyai kisaran harga sebesar $ 3,7 juta atau sekitar Rp 33,3 Miliar. Keistimewaan gitar ini adalah terdapat tanda tangan dari legenda-legenda hidup musik dunia yang terpajang di body gitar tersebut. Legenda-legenda musik dunia seperti Mick Jagger, Keith Richards, Eric Clapton, Brian May,Jimmy Page, David Gilmour, Jeff Beckley, Pete Townshend, Mark Knopfler, Ray Davis, Liam Gallagher, Ronnie Wood, Tonnny Iommi,Angus & Malcolm Young, Paul McCartney, Sting, Ritchie Blackmoredan Def Leppard.
  2. Jimi Hendrix 1968 Stratocaster. Gitar ini pernah digunakan Jimmy Hendrix pada tahun 1969 di festival legendaris Woodstock. Gitar ini dijual ke balai lelang Sotheby's dengan harga awal $ 198 ribu, kemudian pada tahun 1998 orang kepercayaan Bill Gates di Microsoft yaitu Paul Allen membeli gitar ini dengan harga yang luar biasa, yaitu sekitar $ 2 juta atau sekitar RP 18 Miliar.
  3. Fender Telecaster Custom Hawk. Gitar ini dipesan khusus oleh Bob Marley, yang juga dibuat secara khusus oleh Washburn 22, dengan serinya bernama Hawk. Gitar ini dibeli Bob dengan harga  sekitar US$ 1,2 - 2 juta atau sekitar Rp 10 - 18 Miliar.
  4. Fender Stratocaster Hybrid - Blackie Series. Hasil karya Fender memang sudah terkenal kualitasnya. Fender bersaing ketat dengan Gibson dalam hal kualitas dan harga. Kualitas dari barang-barang Fender memang nomor satu, dengan harga yang luar biasa mahal. Untuk seri khusus, Blackie ini dijual dengan kisaran harga Rp 9 Miliar, dan harga Fender asli produksi Indonesia berkisar Rp 10 juta. Bagi anda yang punya budget minim dan ingin membeli Fender jangan merasa khawatir, Fender juga mempunya subproduk yang diberi nama Squire. Dari segi sound memang kurang lebih sudah berkarakter Fender, dari segi kualitas juga tidak terlalu jauh dengan Fender. Harga Squire ini berkisar kurang dari Rp 5 juta.
  5. 1964 Gibson ES0335 TDC. Gitar Gibson Hollowbody dimiliki Eric Clapton. Gitar ini dibuatkan gibson untuk edisi spesial khusus Eric Clapton. Harga gitar ini berkisar $ 847,5 juta atau sekitar Rp 7,8 Miliar.
    10 Gitar Paling Mahal di Dunia
  6. C.F Martin & Co, Circa 1939. Gitar ini merupakan salah satu gitar yang dimiliki Eric Clapton. Gitar ini memang tidak terlalu istimewa, tapi harga gitar ini cukup tinggi yaitu terjual seharga US$ 791,5 juta. Hasil penjualan gitar tersebut disumbangkan untuk sebuah yayasan kanker.
  7. Fender Composite Stratocaster. Gitar ini adalah salah satu gitar milik musisi blues ternama yaitu Stevie Ray Vaughan. Gitar ini merupakan hadiah ulang taun Stevie Ray Vaughan dari istri tercintanya Lenny. Harga gitar ini adalah US$ 623,5 juta.
  8. 1964 Gibson SG. Gitar ini pernah digunakan oleh George Harrison dan John Lennon sekitar tahun 1966 - 1969. Hal inilah yang membuat harga gitar tersebut menjadi cukup mahal. Harga gitar ini adalah US$ 570 juta.
  9. Fender Gold Leaf Stratocaster. Seperti sebelumnya, gitar ini juga merupakan salah satu yang dipesan khusus oleh Eric Clapton. Eric membeli gitar ini dengan harga US$ 455.550. Rencananya gitar ini akan disimpan di museum pribadi Eric Clapton.
  10. 1949 Fender Broadcaster Prototype. Gitar ini adalah racikan asli dari Leo Fender. Leo fender adalah pemilik perusahaan Fender yang merupakan produsen gitar paling popular saat itu yang juga pemilik perusahaan Fender. Walaupun gitar ini hanya sebagai prototype, namun harga gitar ini cukup lumayan yaitu US$ 375 juta.

10 Gitar Paling Mahal di Dunia tersebut cukup menakjubkan bukan? Kualitas gitarnya yang luar biasa, ditambah dengan kenangan dan sejarahnya yang begitu luar biasa membuat gitar tersebut mempunyai harga yang luar biasa juga. Apakah anda ingin mempunyai salah satu dari gitar yang luar biasa tersebut? Atau bahkan anda ingin menciptakan gitar tandingan untuk menandingi harga gitar – gitar tersebut? Lakukanlah, karena  sesuatu yang besar dimulai dengan hal – hal yang kecil. Semoga bermanfaat.
Baca juga: