search-button

15 Tokoh Musik Klasik Yang Mendunia

   
Anakmusik – Untuk kali ini kita akan membahas tentang sejarah musik klasik, dari mulai penemu, perkembangan, sejarah,  dan biografi tokoh musik klasik yang terkenal dan terpopuler sepanjang masa. Musik klasik adalah suatu instrument yang dibuat atau berakar dari tradisi kesenian barat, musik orkesta, dan musik kristiani pada abad ke – 9 sampai abad ke – 21. Sejak sekitar abad ke – 16, musik klasik eropa dibedakan dari bentuk musik non – eropa, terutama oleh sistem notasi musiknya.

Notasi musik barat selalu digunakan oleh tokoh musik klasik untuk memberi petunjuk kepada pembawa musik dan memberitahukan tentang:  tinggi nada, ritme individual, metrum, kecepatan, dan pembawaan yang tepat pada suatu karya musik. Hal ini sangat membatasi adanya beberapa praktik seperti ornamentasi ad libitum dan improvisasi yang sering terdengar pada musik non – Eropa. (bandingkan dengan musik tradisional jepang dan musik klasik india).

Tokoh Musik Klasik
“Wolfgang Amadeus Mozart” image source: en.wikipedia.org
Sejak abad ke – 2 dan ke – 3, (sebelum masehi) di Mesir dan tiongkok terdapat musik yang mempunyai bunyi tertentu. Dengan adanya pengaruh dari Babilon dan Mesir, akhirnya berkembanglah musik Gibrani yang dikemudian hari menjadi musik gereja. Pada waktu itu banyak pemain musik yang mengembara dan menyanyikan lagu yang dipakai pada upacara gereja, sehingga banyak juga masyarakat yang mencintai musik tersebut pada waktu itu.

Musik itu akhirnya berkembang dan menyebar dengan pesat di seluruh Eropa setelah ada perbaikan beberapa alat musik seperti: cello dan biola, dan kemudian muncul alat musik lainnya, Orgel. Tokoh – tokoh musik klasik (Rusia, Italia, dan Prancis) pun akhirnya banyak bermunculan. Mau tahu, siapa saja yang terdaftar ke 15 Tokoh Musik Klasik Yang Mendunia

15 Tokoh Musik Klasik Yang Mendunia

  1. Franz Joseph Haydn. Salah satu komponis yang membawa pengaruh besar dari Zaman Klasik yang mempunyai julukan sebagai “Bapak Kuartet Gesek” atau “Bapak Simfoni”. Komponis ini menghabiskan banyak waktu sebagai musikus untuk keluarga Eszterházy di Austria (Kediaman mereka yang sulit dijangkau). Franz Joseph Haydn merupakan saudara laki – laki dari seorang komponis terkenal (Michael haydn) dan seorang penyanyi tenor terkenal (Evangelist Haydn). Franz Joseph Haydn lahir pada 31 Maret atau 1 April 1732 dan meninggal dunia pada  31 Mei 1809.
  2. Franz Liszt. Ferenc Liszt merupakan seorang pengaba, pianis, komposer dan guru musik klasik asal Hungaria pada abad ke – 19. Riwayat hidupnya mengatakan bahwa Liszt menulis sekitar 700 komposisi musik yang didalamnya terdapat puisi simfonis dan lagu gerejawi. Ia juga mengajar dan mempunyai sekitar 400 murid yang memperkenalkan musik baru di era Romantisisme. Kelahiran Raiding, Hungaria pada 22 Oktober 1811 ini merupakan salah satu pianis terbesar dalam sejarah musik dunia. Ferenc Liszt meninggal dunia pada 31 Juli 1886 di Bayreuth, Jerman.
  3. Franz Schubert. Franz Schubert merupakan komponis berkebangsaan Austria yang lahir pada 31 Januari 1797 dan meninggal dunia pada 19 November 1828. Singkat cerita Franz Schubert. Sebelum memasuki usia 20 tahun, ia sudah menulis 6 simfoni, secara keseluruhan telah menghasilkan 8 simfoni. 2 judul terkenal diantaranya: Unfinished Symphony (Symphony No. 8 in B minor) dan Great Symphony (Symphony No. 9 in C minor). Beberapa karya musik Schubert dibuat dalam bentuk orkes dengan ukuran yang berbeda – berbeda. Schubert telah menulis 100 lagu dan sampai saat ini pun beberapa lagu yang paling baik seperti: Who is Sylvia?, Ave Maria, The Trout, dan Serenade. Ia meninggal dunia pada usia 31 tahun dan sudah menghasilkan hampir 1.000 karya musiknya sendiri.
  4. Frédéric Chopin. Frédéric Chopin merupakan pemain piano virtuoso dan salah satu komposer terbaik dari Polandia. Lahir pada 1 Maret 1810 dan meninggal dunia pada 17 Oktober 1849. Ia dikenal juga sebagai salah satu musisi Romantik terbaik dan terbesar di dunia. Ibunya seorang polandia dan  ayah seorang ekspatriat Perancis.
  5. Georg Friedrich Händel. Ia merupakan komponis musik Barok Jerman yang banyak menghabiskan waktu semasa hidupnya di Britania Raya. Lahir pada 23 februari 1685 di Halle, dan meninggal dunia pada 14 April 1759 di London. Ia merupakan pencipta musik terkemuka oratorio, concerti grossi, dan opera. Beberapa karya yang terkenal dari Georg Friedrich Händel adalah oratorio Messiah, Water Music, dan Fireworks Music. Georg Friedrich Händel merupakan komponis besar yang banyak di agunkan oleh banyak gereka, baik Anglikan, Protestan dan Katolik.
    Tokoh Musik Klasik
    “George Frideric Handel” image source: en.wikipedia.org
  6. Giuseppe Fortunino Francesco Verdi. Giuseppe Verdi. lahir pada 9 Oktober 1813 di Samada, dan meninggal dunia pada 27 Januari 1901. Ia merupakan seorang tokoh yang membawa pengaruh besar era romantis di itali, terutama dalam bidang seni opera. Karya – karyanya melebihi tokoh – tokoh lainnya seperti Gioachino Rossini, Gaetano Donizetti dan Gaetano Donizetti.
  7. Gustav Mahler. Gustav Mahler merupakan salah satu komposer terbaik berkebangsaan austria, yang lahir pada 7 Juli 1860. Sejak tahun 1881, ia mulai berkarir sebagai konduktor, dan ia mulai terkenal saat menjadi pemimpin konduktor di tempat gedung opera. Pada tahun 1901, Gustav Mahler pindah ke villa baru di Danau Majernigg –  Carinthia, dan pada 18 Mei 1911 ia meninggal dunia.
  8. Johann Sebastian Bach. Kelahiran 21 Maret 1685 ini merupakan salah seorang komponis besar dan terkenal asal Jerman. Ia banyak mengembangkan dan mengubah beberapa alat musik seperti clavichord, harpsichord, musik organ dan orkesta. Ia sudah membuat dan mengubah lebih dari 1000 (satu ribu) lagu. Beberapa karya yang paling terkenalnya ialah satu set lagu Bach Brandenburg Concertos. Mass in B minor (Lagu gereja).
  9. Johannes Brahms. Salah satu komponis yang sangat populer dan berpengaruh besar dalam dunia musik berikutnya adalah Johannes Brahms. Lahir pada 7 Mei 1833 di Hamburg, Jerman. Ia merupakan musisi, pianis, dan komponis pada zaman Romantik. Walaupun berkelahiran jerman, namun Johannes Brahms banyak berkarya di Wina, Austria. Johannes membuat banyak komposisi musik untuk piano, orkestra simfoni, ansambel musik kamar, dan untuk penyanyi – penyanyi, serta paduan suara. Salah satu karya yang terkenal dan terpopuler hingga saat ini adalah Wiegenlied, Op. 49 No. 4 ("Brahms' Lullaby”, dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Lagu Nina Bobo). Pada 3 April 1897, Johannes Brahms menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 63 tahun di Wina.
  10. Ludwig van Beethoven. Komponis asal Jerman ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kalian, bahkan banyak karya – karya nya (musik klasik) yang sampai saat ini selalu kita dengarkan. Lahir pada 17 Desember 1770 di Bonn, dan meninggal dunia pada 26 Maret 1827 di Wina. Ia merupakan komponis terbesar dan tokoh terpenting dalam perubahan Zaman Romantik dan Zaman Klasik. Beberapa karya terkenalnya yaitu simfoni ke 5 dan ke 9, dan lagu piano paling terpopulernya adalah Für Elise.
    Tokoh Musik Klasik
    “Ludwig van Beethoven” image source: en.wikipedia.org
  11. Peter Ilyich Tchaikovsky. Komposer ini berasal dari Rusia pada saat zaman musik Romantik. Peter Ilyich Tchaikovsky menulis beberapa musik balet seperti Pemecah Kacang dan Danau Angsa. Ciri khas Rusia bisa di dengar dari  lagu – lagu harmoni nya yang kaya akan melodi – melodi indah. Walaupun begitu, karya Peter lebih kebarat – baratan dibandingkan dengan komponis – komponis rusia lainnya. Beberapa komponis rusia lainnya menggabungkan unsur – unsur luar negeri dengan melodi rakyat yang nasionalistik.
  12. Richard Wagner. Yang satu ini juga merupakan salah satu komponis, penulis lagu dan pakar teori musik, yang berpengaruh besar terhadap perkembangan musik di dunia (Jerman). Selain itu juga, Richard Wagner juga terkenal melalui karya – karya opera nya. Beberapa karya yang paling terkenalnya ialah "Bridal Chorus" dari Lohengrin dan "Ride of the Valkyries" dari Die Walküre. Wagner digolongkan sebagai salah satu komponis dari Zaman Romantik, dan ia juga seorang pendukung pemikiran anti –  semitisme. Dia lahir di Jerman pada 22 Mei 1813, dan meninggal dunia pada usia 69 tahun (13 Februari 1883).
  13. Robert Schumann. Robert Schumann merupakan seorang pianis dan pengubah musik Jerman. Ia merupakan salah satu komponis musik Romantik Eropa yang sangat berperan penting. Mempunyai sifat estetikus dan menggambarkan romantisme yang pribadi dalam setiap alunan – alunan karya musiknya. Lahir pada 8 Juni 1810 di Zwickau, dan meningal dunia pada umur 46 tahun di Bonn (29 Juli 1856).
  14. Sergei Rachmaninoff. Sergei Vasilievich Rachmaninoff adalah seorang pianis, dirigen, dan komponis Rusia. Nama ejaan "Sergei Rachmaninoff" digunakan sendiri ketika ia tinggal di Barat pada paruh kehidupan belakang. Walaupun demikian, namanya terkadang ditulis pula Serge atau Sergey, dan Rakhmaninoff, Rachmaninov, Rakhmaninov atau Rachmaninow. Serge lahir pada 1 April 1873 dan meninggal dunia pada 28 Maret 1943 (Umur 69 tahun).
  15. Wolfgang Amadeus Mozart. Di deretan terkahir ada Wolfgang Amadeus Mozart. Ia merupakan salah satu tokoh penting yang membawa pengaruh besar terhadap Zaman Musik Klasik maupun Zaman Musik Romantik, sama seperti yang lainnya. Bernama lengkap “Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart”, lahir pada 27 Januari 1756 di Salzburg, dan menutup usia pada umur 35 tahun (5 Desember 1791 di Wina, Austria). Ia telah membuat banyak karya sekitar 700 lagu, termasuk musik panduan suara, musik opera, dan musik piano. Beberapa karya terbaiknya adalah Die Zauberflöte dan opera Don Giovanni. Karya – karya nya diurutkan dalam katalog Köchel – Verzeichnis, dan karya Mozart dianggap sebagai mahakarya musik zaman klasik.

Baca juga:

Itulah 15 Tokoh Musik Klasik yang berpengaruh besar terhadap perkembangan sejarah musik di dunia, yang karyanya bisa kita nikmati hingga sekarang. Keterangan di atas merupakan singkat cerita biografi yang akan memberi kalian sedikit wawasan untuk mengetahui informasi maupun riwayat hidup dari tokoh – tokoh penemu atau pembuat musik klasik pada zaman dahulu.