search-button

Tips Bermain Gitar Rhythm Rock dan Metal Untuk Pemula

   
AnakmusikTips Bermain Gitar Rhythm Rock dan Metal Untuk Pemula. Dengan adanya tips ini, maka akan melancarkan pemain gitar pemula dalam bermain gitar rhythm bergenre musik rock maupun metal. Untuk menjadi seorang gitaris, tentunya seorang pemula harus mengenal tahap demi tahap pembelajaran gitar yang baik, agar suatu saat nanti menjadi menjadi seorang gitaris terbaik dan terkenal juga di kalangan masyarakat umum. Beberapa persiapan untuk menguasi permainan gitar rhythm adalah menggunakan pick, memperhatikan posisi tangan, dan sebagainya.

 Tips Bermain Gitar Rhythm Rock dan Metal Untuk Pemula


  1. Gunakan pick dengan ukuran tebal 1 mm. Pick ini berguna dan mempermudah kamu dalam mengeksplorasi teknik – teknik picking. Tips Memilih Pick Untuk Gitaris Pemula
  2. Tempelkan telapak tangan kanan pada bagian senar dekat bridge, dan itu akan menciptakan palm – mute.  Untuk bermain gitar rhythm Speed Metal, pemain gitar harus bisa memainkan not 1/8 pada tempo 180 BPM, contoh lagu Metallica – Master of Puppets.
  3. Hanya menggunakan Power Chord. Dengan menggunakan akord Aughmented, Minor 9, Sus 4, dan variasi dari Church Mode yang lainnya, maka akan memberikan kesan Jazz atau Blues pada permainan rhythm yang kamu mainkan.
  4. Beberapa orang beranggapan, bahwa semakin banyak distorsi gitar yang kita gunakan, maka semakin heavy pula suara yang dihasilkannya. Sebenarnya hal tersebut sangat salah, karena jika kita mengubur semua mixing dengan distorsi, maka power chord akan hilang, sehingga hasil keseluruhannya sangat kurang maksimal.
  5. Jangan terlalu banyak mengocok ke 6 senar. Hampir semua bagian gitar rhythm hanya menggunakan 2 atau 3 senar bass.
  6. Gitaris pemula harus mencoba bereksperimen dengan menggunakan penyeteman Dropped Tuning. Banyak juga pemain gitar lainnya yang menurunkan seteman menjadi lebih rendah satu semitone. Belajar Gitar Menggunakan Drop D dan Drop C
  7. Sebaiknya tambahkan sedikit delay pada sound gitar yang akan kamu mainkan, karena ini berguna untuk mensimulasikan double rhythm track.
Tips Bermain Gitar Rhythm Rock dan Metal Untuk Pemula
Itulah beberapa tips bermain gitar rhythm rock dan metal, yang khusus bagi pemula yang belajar gitar secara otodidak. Dengan mengetahui cara sederhana di atas, setidaknya seorang pemain gitar akan mengetahui bagaimana cara bermain gitar rhythm yang baik dan dapat melatih pembelajaran gitar sesederhana mungkin.

Baca juga: