search-button

Seputar Efek Gitar Terbaik Dunia

   
Anakmusik – dari judulnya saja sudah jelas “Seputar Efek Gitar Terbaik Dunia” dan ini pastinya akan menjelaskan tentang pengaturan efek yang akan membuat suara gitar kamu lebih jernih, tidak bersuara keruan. Efek gitar merupakan nyawa bagi seorang gitaris, pemain gitar listrik (elektrik), maupun akustik. Seorang gitaris akan memunculkan kharisma atau ciri khasnya saat mengatur efek gitar dengan benar, entah itu di atas panggung maupun di dalam studio musik. Dengan adanya artikel ini, maka setidaknya kamu akan mendapat sebuah pembelajaran dan pengetahuan tentang seputar efek – efek gitar yang bisa membuat soundmu lebih baik lagi daripada sebelumnya.

Tips Seputar Efek Gitar

  • Usahakan tidak menggunakan pedal efek secara bersamaan, karena semakin banyak pedal yang dihubungkan, maka semakin beresiko juga terhadap sinyal gitar, sehingga akan mengakibatkan suara yang sangat buruk. Untuk menghasilkan suara atau sinyal yang kuat, sebaiknya gunakan dengan urutan susunan umum, yakni 6 sampai 7 pedal. Pastikan juga kamu menggunakan kabel dengan kualitas bagus dan daya sumber listrik yang stabil. Apabila kamu memang membutuhkan lebih dari 10 pedal untuk rantai efek, sebaiknya pertimbangkan dahulu, atau bisa menggunakan sistem switching seperti A – B Box atau menggunakan jalur pedal untuk koleksi pedal.
    Seputar Efek Gitar
    Contoh Rantai Efek dan A/B Box
  • Perbedaan antara Multi-FX dan Efek Pedal. Menggunakan Multi-FX lebih baik daripada efek pedal, karena efek multi mempunyai otak komputer yang dapat menyimpan dan tidak digunakan pada suatu waktu, akan tetapi dapat juga menjadi setelan individual untuk setiap parameternya. Walaupun Multi-FX terbilang pilihan yang tepat dan ekonomis, namun sebagian gitaris berpendapat bahwa proses Multi-FX secara luas dapat merampok karakter suara gitar itu sendiri. Sementara jika menggunakan pedal individual, pemain gitar berkemungkinan dapat menyusun dan menyesuaikan pedal sesuai kebutuhannya sendiri.
    Seputar Efek Gitar
    Efek Pedal dan Multi F-X
  • Kita boleh menggunakan dua distorsi secara bersamaan, namun jangan harap kualitas suara yang dihasilkan akan bagus.
  • Reverb Amply atau Reverb Multi-FX. Multi-FX lah yang lebih baik karena ini merupakan reverb digital yang sangat kompleks. Untuk aplikasi secara umum, matikan reverb ampli lalu gunakan reverb multi-FX.
  • Gunakan kualitas kabel yang  baik dan usahakan kabel dengan ukuran pendek. Kesimpulannya. Semakin jauh jarak sinyal gitar yang ditempuh, maka semakin besar juga kemungkinan kualitasnya akan menurun. Jangan menghubungkan kabel panjang dengan dua pedal gitar, sebaiknya gunakan patch connector yang pendek.
    Seputar Efek Gitar
    Kabel Rantai dan Kabel Konektor Biasa
  • Bagaimana Mengatasi Noise (FeedBack) Pada Alat Musik Gitar? Baca disini
Baca juga: