search-button

Sejarah Piano dan Perkembangannya Di Dunia (Terlengkap)

   
Anakmusik – Artikel kali ini akan membahas tentang alat musik piano, dari mulai sejarah piano klasik sampai perkembangan zaman modern seperti sekarang ini. Sebelum mengetahui sejarah piano, mari terlebih dahulu kita ketahui pengertiannya. Piano adalah salah satu kategori alat musik tertua dan termahal di dunia, tokoh – tokoh piano dunia yang melegenda seperti Ludwig van Beethoven, Wolfgang Amadeus Mozart dan yang lainnya, menggunakan piano sebagai ciri khas untuk lantunan musiknya. Perkembangan piano begitu cepat, dan di zaman modern ini, terdapat beberapa variasi piano yang digunakan oleh musisi – musisi dalam maupun luar negeri.

Adanya kata “piano” itu berasal dari bahasa italia, “Pianoforte”. Alat musik piano diciptakan pada tahun 1720 oleh Bartolomeo Cristofori. Bartolomeo Cristofori merupakan orang italia yang berprofesi sebagai pembuat alat musik, sekaligus penemu alat musik piano pada zaman itu. Piano yang diciptakan saat itu, tidak mempunyai suara atau bentuk yang seperti sekarang ini. Untuk mengetahui piano pertama yang tercipta di dunia, kita bisa melihatnya di New York (Metropolitan Museum of Art), yang terpajang dan tersimpan secara rapih di musium tersebut. Piano adalah revolusi atau perkembangan dari alat musik kecapi, bedanya adalah cara memainkannya. Kecapi dimainkan dengan cara di petik, sedangkan piano dimainkan dengan cara menekan bagian tuts – nya.

Sejarah Piano dan Perkembangannya Di Dunia Terlengkap

Pada umumnya, alat musik piano termasuk kelompok musik instrumental. Piano menghasilkan suara dari getaran yang berada pada papan suara, dan besar kecilnya volume dapat diatur secara manual. Secara luas, piano dalam musik dapat digunakan sebagai sebuah instrument, pengiring musik, dan pengantar nyanyian solo, yang berarti suara dari alat musik piano bisa menjadi salah satu pengiring musik maupun solo (tanpa bantuan alat musik lainnya).

Pada era Wolfgang Amadeus Mozart akhir periode 1790 sampai 1980, alat musik piano mengalami banyak perubahan yang sangat hebat, dimana saat itu instrumen modern semakin di depan dan terlihat memimpin. Revolusi piano dapat dukungan penuh dari beberapa komposer dan pianis – pianis terkenal dunia, yang akhirnya sampai sekarang ini menjadi sebuah alat musik yang istimewa, seperti yang kita kenal sekarang ini.

Sejarah PianoKunci monochord ditemukan pada pertengahan abad ke – 12, dan dikembangkan lebih lanjut. Beberapa senar pun ditambahkan sampai akhirnya mencapai Clavichord. Menjelang pertengahan abad ke – 14 sekitar tahun 1350, beberapa pandai besi Jerman mulai membuat baja kawat menggunakan pelat baja, dan metode ini terus berlanjut hingga awal abad ke – 19. Bahan besi, emas, perak, kuningan, usus, rambut kuda dan yang terakhir adalah bahan nylon yang digunakan untuk senar pada berbagai instrumen yang berbeda. Wales merupakan negera pertama yang menggunakan senar dari bahan kawat baja, pada tahun 1735. Salah satu perusahaan piano (Broiadwood) menjelaskan bahwa pada tahun 1815 mereka menggunakan kawat baja di Inggris dan Jerman, akan tetapi hal tersebut belum dikonfirmasi.

Menurut Oxford Companion, Brockedon mulai membuat bahan kawat baja melalui lubang di berlian dan rubi, pada tahun 1819.  Sebelum tahnu 1934, bahan kawat baja yang dibuat untuk instrumen terbuat dari besi atau kuningan dan sampai Webster dari Birmingham memperkenalkan lebih lanjut tentang kawat baja. Kawat baja terbaik dibuat di Nuremberg lalu kemudian dibuat juga di Berlin. Kawat terbaik telah dipoles atau dilapisi dengan emas, perak, dan platinum, yang berguna untuk menghentikan karat. Ada juga kawat berlapis yang masih terjangkau bisa dibeli, namun tetap kawat berkualitas terbaik adalah jenis kawat yang dipoles. Sekitar 1400 Clavichord telah memiliki sepuluh string, dan clavichord yang paling sederhana biasanya yang terkecil dari sebuah instrumen keyboard string.

Pada tahun 1450, bentuk keyboard hampir sama dengan sekarang ini, terkecuali adanya beberapa variasi dalam warna kunci. Organ merupakan jenis instrumen keyboard pertama yang lahir dengan kunci sangat berat dan disebut “Organ Beaters” bagi para pemainnya.
Perkembangan Piano
Tahun 1598. Paladino menjelaskan sebuah instrumen yang dibuatnya melalui surat kepada Duke of Modena, yang disebut dengan “Piano e Forte.”. Meskipun instrumen ini terdegar keras dan lembut, namun tidak jelas apakah itu jenis harpsichord yang pas dengan perangkat ataupun piano pemukul.
Tahun 1709. Penulis Scipione Maffei menulis sebuah artikel yang menjelaskan tentang pianoforte yang dibuat oleh Bartolomeo Cristofori, yang dapat memproduksi empat “gravicembali col piano e forte” atau harpsichord dengan keras dan lembut.
Tahun 1711. Ditemukannya garpu tala oleh John Shore, dan shore menggunakan tala sebagai cara untuk menyetel kecapinya.
Tahun 1725. Johann Ulrich von K├Ânig, mempublikasikan terjemahan dari artikel Maffei ‘s pada piano Cristofori, dan dalam satu tahun kemudian Gottfried Silberman (pembuat clavichord) membuat dua piano tersebut. Saat itu alat musik piano tidak diterima dengan sangat antusias, bahkan Bach yang merupakan teman dekat Silberman sama sekali tidak menyukai piano, namun opininya perlahan terus berubah. Christian Ernst Friederici yang merupakan murid dari Silberman, melanjutkan beberapa percobaan pada piano, dan ia terbilang orang sukses yang membuat piano kecil berbentuk kotak. Nama piao dari ciptaannya yaitu “Fortbien”.  Lama – kelamaan Friederici mulai memproduksi piano “Pyramid” yang dimana piano tersebut diatur secara vertikal dengan kurva treble pada bagian sisi atas dan pasa – pasak yang merengkuh di bagian bawah.
Tahun 1730. Kirkman merupakan pembuat perusahaan piano yang didirikan pada tahun 1730, menurut Pierce Piano Atlas. Kirkman mewarisi bisnisnya ini dari istrinya yang bernama “Tabel” yang dinikahi satu tahun sebelum kematian – Nya (Tabel). Tabel adalah seorang pembuat harpsichord yang diajari oleh Ruckers.
Tahun 1735. Lahirnya JC Bach. Menurut Pierce pada tahun 1735, Schiedmayer (pembuat clavichord) membuat piano pertamanya.
Tahun 1739. Domenico del Mela membuat piano pertamanya yang berbentuk mirip upright piano yang seperti sekarang ini.
Tahun 1748. Stein menjadi salah satu murid Silberman. Singkat cerita Stein mempunyai anak yang bernama Nanette Stein, dan Stein membuat banyak riset dengan pola yang aneh untuk mengembangkan alat musik piano nya.
Tahun 1750.  Thomas Culliford, 112 Cheapside London, membuka perusahaan pembuatan alat musik piano, dan ia juga bekerja sementara waktu untuk Longman dan Broderip.
Tahun 1752. Lahirnya Clementi anak pengrajin perak di Roma. Pada tahun 1766, (saat usia 14 tahun), ia datang ke Inggris dan tinggal di Wiltshire yang berada di bawah pengawasa Petrus Beckford. Pada tahun 1801, ia memulai debutnya di London, dan Clementi memperkenalkan metode piano yang sangat tinggi, dan saat itu juga Beethoven mengirim beberapa muridnya kepada Clementi.
Tahun 1756. Lahirnya Wolfgang Amadeus Mozart.
Tahun 1760. Mulai berdirinya sendiri Christian Ernst Friederici. Pada tanggal 10 November tahun 1773, CPE Bach menuliskan sebuah surat kepada Forkel yang berisi bahwa ia sangat menyukai clavichor Friederici dibandingkan buatan Fritz. Lalu kemudian Friederici membuat beberapa piano dengan ukuran yang kecil dan berbentuk kotak yang menjadi sangat populer saat itu.
Tahun 1761. John Broadwood memulai pekerjaannya untuk Burkat Yahudi, tepatnya pada bulan September.
Tahun 1770. Lahirnya Ludwig van Beethoven.
Tahun 1771. Robert Stodard lebih mempatenkan nama “Grand” untuk instrumennya.
Tahun 1777. Pembuatan piano pertama Erard di Prancis. Erard kemudian berangkat dan pindah ke inggris, dimana ia tinggal sampai tahun 1796, lalu kemudian ia kembali lagi ke Prancis, dan pada tahun 1802 ia membuka pabriknya di Paris.
Tahun 1779. Didirikannya perusahaan dan toko – toko piano di Estonia.
Tahun 1787. Dilakukannya perkembangan bentuk string oleh paskal Taskin.
Tahun 1790. Mualinya James Ball membuat piano di London, yang aktif sampai tahun 1817.
Tahun 1801. Edward Riley memperoleh kualitas terbaik untuk piano transposing, dimana alat musik keybord dapat bergerak secara lateral, dan tuts bekerja dengan catatan yang berbeda. Di tahun yang sama juga, seorang Jacob Ball membuat piano transposing seperti hal nya yang dilakukan Edward Riley.
Tahun 1810. Didirikannya Piano Chapell dari London.

Itulah beberapa cerita singkat dari sejarah dan perkembangan piano di dunia. Untuk membeberkan sejarah piano tentunya tidak akan pernah habis – habisnya, maka dari itulah alat musik piano terbilang alat musik yang menarik dan sangat istimewa.
Baca juga: