search-button

Sejarah Musik Rock dan Perkembangannya Di Dunia

   
Anakmusik – Kali ini kita akan membahas tentang sejarah musik rock, dan perkembangannya di dunia, termasuk ciri – ciri musik rock, pengertian, dan manfaatnya. Musik rock merupakan jenis musik yang populer dan mulai dikenal sekitar pertengahan tahun 50 – an. Akar musik rock berasal dari rhythm dan blues, musik country, dan genre musik lainnya. Gaya musik rock juga mengambil dari beberapa jenis musik lainnya, termasuk musik klasik, jazz dan (folk music). Genre musik rock pada umumnya hanya didominasi oleh drum, bass, drum, dan vokal, namun ada juga penambahan alat musik lainnya seperti piano, keyboard ataupun synthesizer. Beat yang kuat dari  musik rock biasanya didominasi oleh gitar elektrik, maupun akustik.

Sejarah musik rock. Sekitar awal tahun 70 – an, musik rock berkembang pesat menjadi beberapa jenis, seperti musik rock bergabung dengan musik folk menjadi folk – rock, bergabung dengan musik blues menjadi blues – rock, dan bergabung juga dengan jazz menjadi jazz – rock fusion. Pada saat itu juga, musik rock bergabung dan mendapat pengaruh dari funk, soul, dan musik latin, yang akhirnya rock berkembang menjadi berbagai subgenre, seperti hard rock, punk rock, progressive rock, heavy metal, glam rock, dan soft rock. Alternative rock, hardcore punk, dan New Wave termasuk sub kategri rock yang mencuat pada tahun 80 – an. Rock group (grup musik rock) atau rock adalah julukan untuk kelompok atau musisi yang khusus memainkan musik rock.
Sejarah Musik Rock

Sejarah Musik Rock Dan Perkembangannya Di Dunia

Group rock kebanyakan terdiri dari drummer, bassis, penyanyi utama, dan pemain gitar yang semuanya membentuk sebuah quartet. Di era 50 – an, rock and roll dan rockabilly merupakan pondasi dari genre musik rock, dan pada akhir 60 – an, banyak juga genre musik lainnya yang mengakibatkan pertempuran dengan musik rock. Genre Musik blues bergabung menjadi Blues Rock, musik jazz bergabung menjadi Jazz – Fussion Rock, dan musik folk bergabung menjadi Folk Rock. Di era 70 – an, musik rock berkembang terbagi menjadi beberapa subgenre seperti punk, heavy metal, soft rock, dan hard rock. Sejarah musik rock selanjutnya, pada era 80 – an, musik rock berkembang lagi ke beberapa subgenre seperti alternative rock, trash metal, glam metal, hardcore punk, dan synth rock. Dan pada era 90 – an akhirnya muncul subgenre baru, yaitu piano rock, britpop, nu metal, indie rock, dan grunge style rock.

Itulah sekilas tentang sejarah musik rock yang terus berkembang dan memberi warna bagi perkembangan musik di dunia.
Baca juga: