search-button

Sejarah Musik Reggae Terlengkap

   
Anakmusik – Reggae merupakan salah satu genre musik yang cukup terpopuler di dunia, maupun Indonesia. Dari artikel terbaru ini, kita akan mengupas secara lengkap, seperti apa sih sejarah musik reggae dan perkembangannya? Musik reggae memiliki alunan suara yang khas, dari cara bernyanyi ataupun cara memainkan alat musiknya. Seolah – olah reggae dapat menghipnotis orang yang diam menjadi menari. Dari mana datangnya musik reggae?
Musik reggae berasal dari Jamaika, dan sampai sekarang ini juga sudah banyak penyanyi ataupun musisi reggae di dunia yang menjadi populer di Indonesia. Kita wajib mengutip sejarah musik reggae secara lengkap, karena perkembangan dan perjalanan reggae saat itu pasti sangat panjang, sehingga bisa menjadi genre yang terpopuler seperti sekarang ini. Lahirnya genre musik reggae di tanah air, tentu saja memberi suasana yang berwarna – warni, karena reggae merupakan salah satu genre musik dengan alunan yang bergembira.

Sejarah Musik Reggae Terlengkap

Pengertian Musik Reggae

Jamaika saat tahun 1960 – an terbilang lebih menyukai musik tempo lambat dibandingkan dengan musik – musik SKA maupun ROCKSTEADY, dan saat itu pula lah akhirnya lagu tersebut diberi nama dengan kata “Reggae” yang lama – kelaman menjadi sebuah genre musik yang populer di Jamaika. Dengan kejadian seperti itu, akhirnya Jamaika lah negara pertama yang melahirkan musik – musik reggae. Nama “reggae” sendiri di ambil dari logat kamus bahasa Afrika yang berarti badan yang bergerak mengikuti irama musik, dan itu jelas bisa kita rasakan. Saat kita mendengarkan musik – musik reggae, entah itu tempo lambat, sedang, maupun cepat, rasanya badan ini selalu ingin bergerak dan berdendang mengikuti alunan musiknya. Musik mento, soul maupun R&B adalah beberapa genre yang mempengaruhi perkembangan musik reggae di Jamaika. Lebih tepatnya lagi, istilah reggae merujuk pada gaya musik Ska dan Rocksteady yang semakin terus – menerus mengikuti perkembangannya.
Sejarah Musik Reggae selanjutnya. Sekitar tahun 1972, hadirlah beberapa musisi reggae seperti Bob Marley and The Wailers yang sukses merilis album reggae Catch A Fire, yang akhirnya terpopuler dan memperkenalkan musik reagge ke seluruh penjuru dunia. Bob Marley merupakan salah satu tokoh, ikon atau musisi yang membawa pengaruh besar terhadap perkembangan musik reggae sepanjang masa di dunia. UB40, Lee 'Scratch' Perry, Paul Simon, dan Eric Clapton merupakan beberapa musisi yang membawakan lagu reggae di Amerika Serikat. Irama musik reggae pun akhirnya berkembang dan mempengaruhi genre musik lainnya, seperti blues, reggae rock, reggae hip hop, dan masih banyak lagi.

Perkembangan Musik Reagge Di Indonesia

Sejarah Musik Reggae
Di Indonesia sendiri, musik reggae sudah tidak asing lagi, dan banyak juga musisi Indonesia yang ikut serta memeriahkan belantika musik tanah air dengan lantunan musik reggae, seperti Marapu, Mbah Surip, Joni Agung, Ras Muhammad, Souljah, Steven & Coconut Treez, Gangstarasta, Tony Q Rastafara, dan Imanez. Perkembangan musik reagge di Indonesia pun terbilang cukup lama, namun membuahkan hasil yang sempurna, seperti sekarang ini. Pada tahun 1986, beberapa band Indonesia memperkenalkan juga musik Reggae di tanah air, dan akhirnya semakin lama musik reggae semakin polpuler juga di Indonesia.

Baca juga: