search-button

Sejarah Musik Klasik Di Dunia

   
AnakmusikSejarah Musik Klasik. Musik merupakan alternatif termudah untuk salah satu cara menghibur hati yang sedang sedih menjadi gembira. Dengan musik juga bisa menjadi salah satu cara kita untuk menyalurkan ekspresi dan kreasi . Musik ternyata bisa membangkitkan emosional kita. Ada pula musik yang memberi rasa rileks terhadap ibu hamil dan bayi yang dikandung, jenis musik ini adalah musik klasik. Nah, tahukah anda darimana asal sejarah musuk klasik? Berikut adalah awal mulanya musik klasik yang menjadi terpopuler di dunia.

Masa klasik dalam sejarah musik Barat berlanjut selama abad ke – 18 hingga awal abad ke – 19, itu hanya sebagian besarnya saja. Meskipun begitu, istilah musik klasik sering kali digunakan untuk menyebut seluruh jenis musik dalam adat ini, istilah tersebut juga dipakai untuk menyebut musik pada periode – periode tertentu dalam adat itu. Periode ini sering kali diberi sekat antara tahun 1750 juga 1820, tetapi dengan sekatan itu membuat munculnya tumpang tindih bersama periode sebelum dan sesudahnya, sama halnya seperti ketika semua sekatan periode musik lainnya.

Sejarah Musik Klasik

Masa klasik pun berada di antara Masa Romantik dan Masa Barok: beberapa para ahli yang menciptakan musik pada masa klasik adalah Andrea Luchesi, Antonio Salieri, Carl Philipp Emanuel Bach, Johann Ladislaus Dussek, dan Joseph Haydn, dan Muzio Clementi, meskipun mungkin para ahli yang menciptakan musik yang paling terpandang dari masa ini adalah Ludwig van Beethoven dan Wolfgang Amadeus Mozart.

Ada pula ciri dari musik masa klasik ini diantaranya sebagai berikut :
  1. Memakai peralihan dinamik “decrssendo” yang berarti dari keras menjadi lembut dan “cressendo” yang berarti lembut sampai keras.
  2. Berubahnya tempo atau ketukan dengan “accelerando” yang berarti percepatan dan “ritardando” yang berarti perlambatan.
  3. Diperhematnya pemakaian ornamentik.
  4. Pemakaian akord tiga nada.
Sejarah Musik Klasik
Nah itulah singkatnya sejarah musik klasik, dan masih banyak pula sejarah musik lainnya seperti sejarah musik dangdut, sejarah musik kroncong, sejarah musik jazz, dan lain sebagainya. Dengan membaca sejarah tentang musik yang ada di negara kita maupaun negara lainnya, akan menambah wawasan kita tentang sejarah – sejarah musik. Mungkin itulah informasi yang bisa kita berikan semoga bermanfaat.

Baca juga: