search-button

Sejarah Musik Keroncong

   
AnakmusikSejarah Musik Keroncong.Apakah anda berpikir atau bertanya – tanya bagaimana sejarah musik keroncong? Dan darimana sejarah musik keroncong ini berasal? Berikut ini adalah informasi mengenai sejarah musik keroncong. Instrumen sejenis ukulele adalah salah satu yang berperan penting dalam musik keroncong, karena dengan instrumen musik sejenis ukulele – lah nama keroncong berasal, bahkan di Indonesia sejenis musik keroncong ini merupakan sejenis musik khas Indonesia.

Sejarah keroncong bermula dari sejenis musik Portugis yang diketahui sebagai fado sejak abad ke – 16 yang diperlihatkan oleh para pelaut dan anak kapal ke Nusantara. Malaka pertama kali dimasuki musik dari daratan India (Goa) dan selanjutnya dimainkan oleh para anak muda di Maluku. Di abad ke – 17, pengaruh Portugis di Nusantara mulai tidak berdaya, namun bukan berarti hilang juga akan musik tersebut. Moresco adalah salah satu tarian berasal dari Spanyol, seperti tarian agak lamban ritmenya yang merupakan bentuk awal, dimana Kusbini menyusun salah satu lagu dan kini kembali disebut dengan nama Kr. Muritsku. Memakai instrumen pengiring dengan alat musik dawai.

Sejarah Musik Keroncong


Ada juga yang dikenal sebagai keroncong Tugu, yang merupakan musik keroncong yang bermula dari Tugu. Mempunyai kontemporer dengan masuknya beberapa unsur tradisional Nusantara, seperti pemakaian seruling juga beberapa alat musik gamelan. Di Nusantara sekitar abad ke – 19 terkenalnya rupa musik campuran, bahkan di wilayah – wilayah nusantara itu sendiri banyak yang mengenal musik keroncong tugu yang menyebar pula ke Semenanjung Malaya. Masa kejayaan ini berlangsung sampai sekitar tahun 1960 – an, dan selanjutnya mulai padam kerena munculnya aliran musik baru yang sangat terkenal, yaitu musik rock yang berkembang sejak 1950, dan menduduki masa kejayaan grup musik Beatles dengan beberapa jenis musik lainnya pada tahun 1961 sampai saat ini. Walaupun begitu, musik keroncong masih selalu dimainkan dan dinikmati oleh beberapa penikmat musik keroncong di  wilayah masyarakat indonesia dan Malaysia sampai saat ini.

Sejarah Musik Keroncong
Begitulah sejarah musik keroncong yang bisa kita berikan demoga bermanfaat.
Baca juga: