search-button

Sejarah Musik Jepang dan Perkembangannya

   
AnakmusikSejarah musik jepang lengkap beserta perkembangannya. Ongaku adalah sebutan untuk musik jepang, dan arti dari ongaku sendiri yaitu suara untuk kenyamanan.  Jepang merupakan salah satu Negara yang menempati posisi kedua dalam industry musik dunia, setelah amerika berada di peringkat satu. Meskipun musik jepang saat ini dikenal sebagai musik pop bagi dunia luar, namun dasarnya musik jepang merupakan sebuah kombinasi eclectic yang sekarang dapat membawa pengaruh besar terhadap perkembangan musik di dunia. Tradisi musik jepang semakin lama semakin berkembang dan terbawa juga oleh gaya musik Negara tetangga seperti Cina, Korea, maupun Indonesia. Sebagian besar musik jepang juga terpengaruh dan berkembang oleh gaya musik barat, seperti genre rock, jazz, reggae dan ska.

Sejarah Musik Jepang dan Perkembangannya 

Perkembangan Musik Jepang. Pada masa ini perangkat audio jepang yang diproduksi pada akhir 1970 – an dan awal 1980 – an sangatlah menarik para pemusik yaitu produsen musik dan Disc Jockey (DJ). Roland TR – 808 Rhythm Composer yang mempunyai ciri khas bass yang kuat, sedangkan Technics 1200 adalah pilihan terbaik para DJ. Intinya, memberikan simbol musik hip – hop juga dance elektrik. Dengan harga jual yang berlipat ganda, beberapa jumlah piringan hitam yang terjual mencapai 10 kali lipat, itu berlangsung sejaka 20 tahun terakhir. Pokoknya, phonograph saat ini sudah bukan sekedar alat perekam, melainkan sudah dianggap sebagai instrumen musik. Vestax atau pun Technics merupakan perangkat DJ buatan jepang. 

Instrumen Musik Jepang. Shamisen merupakan alat musik tradisional jepang yang sampai sekarang ini masih digunakan. Dalam lagu secara singkat biasanya dibawakan oleh Geisha dan Nagauta atau lagu lama seperti yang dilakukan jepang dan teater Kabuki noh yang disediakan oleh shamisen untuk instrumentasinya. Sebuah perjalanan untuk suatu perubahan dari bersahaja, shamisen musik yang bergaya klasik juga dikembangkan oleh Shirakawa Gunpachiro dan Takahashi Chikuzan yang merupakan salah satu musisi buta.
Sejarah Musik Jepang
Musik Taiko merupakan instrumen yang paling sering dipakai di jepang, atau bisa disebut juga dengan drum Jepang. Pada masa perang, taiko itu di pakai untuk menjaga musuh di teluk dan untuk menyampaikan perintah kepada para pejuang. Taiko adalah bagian integral ensembles khususnya musik selama festival dan taiko memiliki berbagai ukuran yang variatif. Bukan hanya Taiko saja yang sangat populer di jepang, namun ada juga alat musik tradisional jepang yang harus kamu ketahui disini!
Baca juga: