search-button

Sejarah Musik Arab Dan Perkembangannya Di Dunia

   
AnakmusikSejarah Musik Arab. Tahukan anda tentang musik arab? disini saya akan berbagi pengetahuan tentang sejarah musik Arab dari perkembangan zaman klasik hingga zaman modern sekarang ini. Musik Arab dapat disebut juga sebagai Musik Al Arabia (Bahasa Arab: al – mūsīqā al – ‘Arabīyah atau الموسيقى العربية) Musik Al Arabia berasal dari Arab Saudi yang mempunyai beberapa genre dengan gaya musik yang berbeda, Arab klasik hingga musik pop arab dan utamanya musik keagamaan. Sejarah Musik Al Arabia berawal pada masa Pra – Islam pada saat pembacaan puisi, masa Pra – Islam yang dikenal sebagai Masa Jahiliyah. Shu`ara' al – Jahiliyah (شعراء الجاهلية) adalah sebutan untuk pembaca puisi pada Masa Jahiliyah itu, yang memiliki arti pembacaan puisi dengan suara tinggi dengan irama khusus. Musik pada saat itu sangatlah berperan penting dalam Mistik, Sihir, dan Jin (mahlik halus). Rebana, Rebab, dan Gambus adalah alat musik yang dipakai untuk menghasilkan nada pada saat itu.

Pada awal sebelum Masa Islam. Maqam Al Arabia yang merupakan melodi dari tangga nada (moda) yang digunakan dalam Musik Tradisional Al Arabia ini merupakan melodi yang sengaja dikembangkan pada sebagian frase, improvisasi atau modulasi. Pada masa (801–873), Al – Kindi merupakan seorang ahli musik Al Arabia, akan tetapi pada masa (897–967), Abu al-Faraj al-Isfahani, menulis Kitab al-Aghani untuk encyclopedia dengan kumpulan puisi dan lagu yang terdiri atas 20 jilid. Juga Al-Farabi yang menulis tentang Musik Islamiah dengan judul Kitab al-Musiqi al-Kabir, yaitu Buku Besar Musik pada masa (872-950). Sistem melodi Al Arabia yang merupakan ciptaannya itu masih digunakan sampai sekarang ini, dan A – Ghazali yang menulis tentang Azas – Azas Musik Persia di masa (1059–1111).

Sejarah Musik Arab Dan Perkembangannya Di Dunia

Pada Masa Awal Islam. Musik (Moda) yang digunakan dalam Musik Arab Tradisional ini merupakan pengertian dari Arabic Maqam. Maqam yang mempunyai arti  jenis melodi yang dirangkai pada tangga nada Arab. Di Al Andalusia, Bangsa Moor dari Arab yang pada tahun 711 – 1492 sempat menjajah Portugis dan Spanyol yang mengakibatkan budaya Portugis dari Spanyol pada saat itu dipengaruhi oleh budaya Arab. Budaya itu dikenal dengan sebutan Moresco, yang berarti suatu pengaruh budaya orang Arab dari Suku Moor. Sebuah peninggalan ini yang kental dikenal dengan nama Budaya Al Andalusia.
Sejarah Musik Arab Dan Perkembangannya Di Dunia
Adapun pengaruh musik arab terhadap perkembangan musik dunia sangatlah bermacam – macam, terutama ada juga beberapa alat musik klasik yang berada di Eropa yang berasal dari Arab, seperti contoh, Lute yang berasal dari Gambus, Gitar dari Qitara, Biola dari Rebab, dan lain – lain. Di Prancis, musik troubador juga memiliki kesamaan dengan musik yang ada di Arab. Akhirnya perkembangan musik Arab semakin lebih baik dan semakin familiar, seperti yang selalu kita dengar di zaman modern ini. Waw keren ya ternyata musik arab yang beragamis ini sempat mempengaruhi atau menjajah musik Portugis juga Spanyol.
Baca juga: