search-button

Sejarah dan Perkembangan Musik Blues Di Dunia

   
AnakmusikSejarah dan perkembangan musik mlues di dunia. Musik blues yang enak itu apa ya? Ciri – ciri musik blues itu seperti apa sih?. Nah bagi kalian yang penasaran dengan lagu – lagu blues terbaik, alangkah baiknya download musik blues yang ada disini (10 Lagu Blues Terbaik Sepanjang Masa). Dari lagu – lagu tersebut dinyanyikan oleh penyanyi – penyanyi lagu blues terbaik, terpopuler dan terkenal di dunia sepanjang masa.  Blues merupakan sebuah instrumental dan aliran musik vokal yang terlahir dari (AS) Amerika Serikat. Musik blues berjalan dari beberapa musik pujian dan spiritual yang datang dari salah satu komunitas mantan budak Afrika di Amerika Serikat.

Nama blues digunakan blue note dan menerapkan pola dimana 2 kalimat diucapkan atau dinyanyikan oleh 2 orang secara berurutan, dan kalimat kedua tersebut bisa dianggap menjadi sebuah “jawaban” bagi kalimat pertama (call-and-response) dalam lirik lagu – lagu dan musik blues merupakan bukti asal usul atau sejarah yang berpangkal di Afrika Barat. Musik blues memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan musik populer di Barat dan Amerika, seperti kita lihat dalam beberapa aliran atau genre musik country, bluegrass, electric blues, ragtime, jazz, blues rock, rhythm and blues, rock and roll, reggae, dan hip – hop.

Sejarah dan Perkembangan Musik Blues Di Dunia

Sejarah Musik Blues. Seperti apa sejarah musik blues yang kita kenal?
Menurut peneliti, ilmuwan, serta penulis pada Schomburg Center for Research in Black Culture di New York, Sylviane Diouf, Blues mempunyai relasi yang baik dengan tradisi orang – orang Muslim di Afrika Barat. Sylviane Diouf memutar 2 rekaman yang bertujuan untuk membuktikan keterkaitan antara jenis musik Blues Amerika denga tradisi kaum Muslim. Yang pertama adalah lantunan adzan, yang diperkenalkan dan didengarkan untuk publik yang berada di ruangan Universitas Harvard. Adzan merupakan panggilan bagi semua umat islam untuk segera menunaikan ibadah shalat lima waktu. Lalu, setelah itu Sylviane Diouf memutar Levee Camp Holler. Sedangkan untuk rekaman kedua, ia membuat lagu blues lawas, yang terbilang pertama kali muncul dan diperkenalkan di Delta Mississippi.
Sejarah Musik Blues Di Dunia
Lagu blues Levee Camp Holler bukanlah lagu sembarangan yang biasa – biasa saja, lagu tersebut diciptakan oleh beberapa komunitas Muslim berkulit hitam yang berasal dari Afrika Barat, dan mereka juga bekerja di Amerika pasca perang sipil. Lagu Levee Camp Holler mempunyai kata – kata atau lirik yang terdengar bergetar. Menurut Sylviane Diouf, langgam yang sengau antara lagu blues Levee Cam Holler yang menyerupai atau hampir mirip adzan adalah bukti adanya sekilas pertautan antara keduanya.

Perkembangan Musik Blues. Seperti apa perkembangan musik blues yang akan kamu kenal? Hampir semua musisi blues sebelumnya selalu memakai banjo, dan seiring berjalannya perkembangan teknologi dalam instrumen musik, akhirnya musisi – musisi blues mulai menggunakan alat musik gitar. Aliran musik blues pun semakin berkembang pesat, bahkan hampir di setiap wilayah Amerika melahirkan musik – musik blues yang berbeda seperti Texas Blues (Mike Morgan & The Crawl), East Cost Blues (John Jackson), Delta Blues (Robert Lockwood jr), dan Chicago Blues (Muddy Waters, Koko Taylor).

Lalu, pada dekade awal 60 – an musik – musik blues yang berada di Amerika mulai mengalami penurunan pamornya, sehingga beberapa label rekaman Amerika tidak mau lagi mengontrak musisi genre musik blues. Setelah itu band – band blues yang di luar amerika ikut berpartisipasi mengisi kekosongan yang di alami oleh musik blues Amerika. Musisi – musisi inggris seperti Bluesbreaker, John Mayal, Eric Clapton, dan The rolling Stones akhirnya memberikan suasana baru bagi perkembangan musisi blues yang berada di Amerika.
Perkembangan Musik Blues Di Dunia
Modern Electric Blues merupakan subgenre blues yang paling populer dan terkenal hingga saat ini. Dari genre tersebut, terdapat banyak tokoh musik blues terbaik yang memberikan banyak warna dalam perkembangan musik blues di dunia, beberapa diantaranya yaitu Kenny Wayne Shepherd, Stevie Ray Vaughan, Tinsley Ellis Freddie King, Dave Hole, Taj Mahal, Robert Cray, Koko Taylor, Jhony Winter, John Lee Hocker, Buddy Guy, King, dan B.B.

Seorang gitaris dunia pun (Jimi Hendrix) merupakan sosok tokoh musik blues yang banyak memberikan pengaruh besar terhadap musisi lainnya. Dengan permainan dan teknik gitar yang mumpuni, Jimi Hendrix akhirnya menjadi pionir dalam genre musik blues yang di dominasi oleh electric sound yang begitu impresif. Dibalik permainan gitar tersebut, akhirnya seorang Jimi Hendrix dapat menarik perhatian pemain gitar lainnya, yang lebih memilih untuk selalu mengeksplorasi sound.  Gitaris Jimi Hendrix juga terkenal lewat nomor blues seperti voodoo child dan red house. Setelah itu, akhirnya musisi blues rock lainnya bermunculan, seperti Kenny Wayne Shepherd, Taj Mahal, Tinsley Ellis, dan Stevie Ray Vaughan.

Itulah beberapa pengertian tentang sejarah dan perkembangan musik blues di dunia.
Baca juga: