search-button

Sejarah dan Pengertian Musik Ansambel

   
AnakmusikSejarah Musik Ansembel dan pengertiannya. Dahulu kala, musik yang diciptakan oleh orang – orang terdahulu memiliki kesan mistis atau bertujuan untuk dijadikan lagu persembahan untuk mereka para leluhurnya dan juga sebagai pengantar doa untuk dewa – dewanya. Musik pada zaman dahulu yang mereka buat sama sekali belum menggunakan alat musik sebagaimana alat musik yang saat ini kita gunakan. Berjalannya waktu dengan berkembangnya peradaban manusia, alat musik pun mengalami perubahan. Karena sebelumnya, mereka memanfaatkan tubuh sebagai alat musik yang bersifat ritmis. Musik bisa diperumpamakan suatu nyawa bahkan musik adalah suatu napas bagi kehidupan manusia (semua orang). Dengan musik bisa menyatukan bermacam – macam perbedaan antar sesama manusia. Musik bisa dijadikan suatu media komunikasi antar sesama manusia tanpa pandang bulu atau tanpa perbedaan harkat dan martabat.
Sejarah dan Pengertian Musik Ansambel
Kontemporer yang terjadi pada musik sekarang ini sangat berdampak pada perkembangan tatanan kehidupan manusia. Dan di zaman sekarang ini, musik tidak lagi dijadikan sebagai sarana peribadatan melainkan menjadi sarana hiburan dan bersifat mendidik. Musik sekarang ini sudah menjadi sesuatu yang universal dan dapat dinikmati oleh semua orang tua muda dan anak – anak.  Musik ansambel memiliki 2 kelompok yaitu musik ansambel sejenis dan musik ansambel campuran.

Sejarah dan Pengertian Musik Ansambel

  1. Musik Ansambel Sejenis. Jenis musik ansambel adalah suatu bentuk dari penyajian musik ansambel tetapi menggunakan alat – alat yang sejenis atau serupa. Contohnya : ansambel rekoder.
  2. Musik Ansambel Campuran. Musik ansambel merupakan suatu bentuk musik ansambel yang disajikan dengan menggunakan beberapa alat musik. Contohnya saja: ansambel gitar, ansambel triangle, ansambel pianika dan lain – lain.

Selain musik ansambel dapat dikelompokan menjadi 2 jenis, musik ansambel ini bisa saja dikelompokan menjadi 3 macam jika dilihat dari aspek fungsi dari alat – alat musik yang dipakai. Berikut adalah 3 jenis musik asambel yang dilihat dari aspek fungsi dari alat musik yang dipakai :
  1. Musik Ansambel Melodis. Dalam musik ini yang digunakan adalah alat musik yang memiliki tujuan untuk memperoleh rangkaian atau susunan nada – nada yang merupakan sebuah melodi, seperti harmonika, terompet, rekorder, dan piano.
  2. Musik Ansambel Harmonis. Dalam musik ini alat musik yang digunakan adalah alat musik yang bisa berperan ganda yaitu untuk memainkan nada – nada dan menjadi pengatur irama lagu.
  3. Musik Ansambel Ritmis. Dalam persembahan menggunakan alat musik yang berguna sebagai pengatur irama sebuah lagu, seperti gendang, gong, tamborin, trianggle, dan drum set.  

Pada hakikatnya musik ansambel ini memiliki definisi memainkan satu atau beberapa lagu dengan memakai beberapa macam alat musik secara bersamaan. Jika suatu kelompok tersebut adalah musik ansembel sejenis, sudah tentu cara memaikannya pun secara bersamaan dengan satu jenis alat musik saja. Tetapi jika kelompok itu merupakan musik ansambel, itu menunjukan mereka berkolaborasi dengan beberapa jenis alat musik yang berbeda – beda untuk dimainkan.

Baca juga: