search-button

Sejarah Alat Musik Harmonika

   
AnakmusikSejarah Alat Musik Harmonika. Tahukah anda sejarah alat musik harmonika? Mari kita simak, berikut adalah sejarah alat musik harmonika. Alat musik harmonika merupakan salah satu alat musik tiup. Untuk menghasilkan suara alat ini cara memainkannya yaitu dengan menghisap dan meniup lubangnya. Harmonika ternyata berasal dari alat tradisional Cina yang bernama “sheng”. Sudah sekitar 5000 tahu yang lalu, tepatnya semenjak kekaisaran Nyu – Kwa, alat musik trdisional ini digunakan oleh masyarakat Cina.

Pada tahun 1821 Christian Friedrich Buschmann, menemukan harmonika terbaru yang lebih modern. Alat musik harmoika yang terdiri dari plat – plat getar dari logam yang disusun secara horizontal dengan bentuk yang sederhana dan hanya memiliki nada tiup kromatis yaitu menaik turunkan suatu nada dan bisa kembali ke nada asal.

Sejarah Alat Musik Harmonika

Buschmann yang banyak menciptakan model awal ternyata banyak ditiru dan disempurnakan menjadi lebih bagus. Contoh seperti harmonika buatan Richter adalah desain awal dari salah satu harmonika modern. Richter  pada tahun 1826, dia membuat suatu perkembangan dimana munculnya variasi – variasi harmonika dengan pemisahan fungsi plat – plat yang dihisap dan ditup, dengan tetap 10 lubang dan yang dihisap. Sehingga pada akhirnya, nada yang dibuat Richter disebut sebagai nada diantonis yang menjadikan nada standar harmonika.
Sejarah Alat Musik Harmonika
Ketika pengrajin jam Jerman bernama Matthias Hohner memutuskan untuk menjadi produsen harmonika, maka bisnis instrumen pun dimulai pada tahun 1857. Ia mampu memproduksi 650 harmonika pada tahun itu, dengan dukungan dan bantuan dari keluarganya. Pada tahun 1862, Hohner memperkenalkan harmonika ke Amerika Utara sebuah jalan yang membawa pabrikan Hohner menjadikanya produsen nomer 1 untuk harmonika. Lalu Hohner pada tahun 1887 telah mengeluarkan lebih dari 1 juta harmonika pertahunnya. Sampai sekarang, Hohner sudah mengeluarkan lebih dari 90 model harmonika yang berbeda model, jenis dan nada. Tidak menutup kemungkinan untuk bisa memainka alat musik harmonika dengan berbagai macam gaya musik dimulai dari rock, pop, ska, country, blues dan beberapa jenis musik lainnya.

Itulah sejarah alat musik harmonika yang bisa kami sajikan untuk kalian, semoga informasi yang kita berikan bisa bermanfaat.
Baca juga: