search-button

Sejarah Alat Musik Daerah Beserta Keterangannya

   
Anakmusik – Untuk kali ini, kita akan membahas sejarah alat musik daerah beserta keterangannya, atau bisa disebut dengan pengertian alat musik tradisional Nusantara warisan leluhur budaya Indonesia. Sebagai warga negara yang baik, mengenal tradisi dan budaya bangsa sendiri merupakan salah satu kewajiban kita sebagai warga negara yang baik. Kenapa? Karena jika bukan kita, maka siapa lagi yang akan mempertahankan budaya bangsa. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang multikultural. Menghapal semua tradisi dan budaya Indonesia yang sangat banyak itu memang cukup sulit, tapi minimal anda harus mengenal budaya  daerah anda masing-masing. Kenalilah budaya daerah anda, dari mulai bahasa, adat istiadat, lagu daerah, alat musik daerah, dan lain sebagainya.

Sejarah Alat Musik Daerah Beserta Keterangannya

Untuk dapat lebih memahmi mengenai alat musik daerah, berikut ini adalah beberapa informasi mengenai alat musik daerah beserta keterangannya, alat musik daerah dan cara memainkannya, serta alat musik daerah beserta asalnya.
  1. Alat musik angklung merupakan Salah satu alat musik yang berasal dari jawa barat, cara memainkanya adalah dengan di getarkan. Alat musik angklung mulai dikenal masyarakat sunda sejak masa kerajaan Sunda, yang digunakan sebagai penggugah semangat dalam pertempuran. Selain untuk penggugah semangat, permainan angklung juga digunakan ketika pesta panen dan seren taun.
  2. Serune Kalee mempunyai struktur yang hampir sama dengan klarinet. Alat musik ini berbentuk terompet dan berasal dari aceh. Serune Kalee dijadikan instrumen yang utama pada suatu pertunjukan musik tradisional di Aceh.
  3. Aramba merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Sumatera. alat musik tradisional Aramba bentuknya mirip gong namun dengan ukuran yang lebih kecil.
  4. Kolintang merupakan alat musik tradisional yang berasal dari sulawesi.
  5. Tifa merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Maluku.
  6. Gambus merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jambi, cara membunyikannya yaitu dengan cara dipetik.
  7. Sasando merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Cara memainkannya adalah dengan cara dipetik.
  8. Tuma merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Barat. Cara memainkannya adalah ditepuk dengan tangan.
  9. Ganda merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Gorontalo. Cara memainkannya adalah ditepuk dengan tangan.
  10. Guoto merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Papua Barat. Cara memainkannya adalah dipetik.
Sejarah Alat Musik Daerah
Selain alat musik tradisional daerah, ada juga beberapa alat musik modern. Untuk memperluas wawasan anda tentang musik, akan lebih baik jika anda juga mengetahui beberapa macam alat musik modern. Saat ini, alat musik modern sudah bukan lagi merupakan barang yang sulit dicari. Alat musik modern seperti gitar, recorder, biola, organ, drum dan lain sebagainya, saat ini sudah banyak beredar dipasaran.

Baca juga: