search-button

Perkembangan dan Sejarah Musik Jazz Di Dunia

   
Anakmusik – Sejarah dan perkembangan musik Jazz di dunia. Jazz merupakan jenis musik yang tergabung dari musik eropa, ragtime, dan blues. Bebop, jazz, smooth jazz, jazz fusion, hard bop, free jazz, cool jazz,, swing, dan dixieland adalah beberapa jenis musik subgenre yang berasal dari Amerika Serikat yang populer sekitar abad ke – 20. Dalam sejarah musik jazz di dunia, instrumen yang digunakan dalam musik jazz hanya menggunakan saxophone, teromper, piano, trombon, maupun gitar, dan sinkopasi merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah genre musik jazz.

Legenda musik jazz dimulai di New Orleans, lalu berkembang ke  Sungai Mississippi, Memphis, St. Louis, dan Chicago. Perkembangan musik jazz sangat dipengaruhi oleh adanya musik di New Orleans, tribal drums Afrika, begitu juga struktur musik khas Eropa. Latar belakang jazz tidak dapat dipungkiri dari perkembangan dan campuran yang dipengaruhi oleh berbagai musik lainnya seperti, musik spritual, blues, ragtime, dan cakewalks.
Perkembangan dan Sejarah Musik Jazz Di Dunia

Sejarah Dan Perkembangan Musik Jazz Di Dunia

Pada tahun 1891, Buddy Bolden memainkan cornet – nya, dan saat itu pula lah musik jazz dimulai sebagai salah satu gebrakan baru di dunia musik. Buddy Bolden merupakan salah satu legenda jazz yang mempunyai kedai cukur rambut di New Orleans. Perkembangan jazz selanjutnya. Musik jazz di Amerika sendiri akhirnya banyak memberi kontribusi yang bagi bagi dunia musik, yang  akhirnya menjadi sebuah aliran musik yang layak untuk diperhitungkan.

  1. Sejarah Musik Jazz Fase Dixieland dan Ragtime pada awalnya.
  2. Sejarah Musik Jazz Era Swing dan BigBand (1930-1940).
  3. Sejarah Musik Jazz Era Bebop (Pertengahan 1940).
  4. Sejarah Musik Jazz Era Latin Jazz (1950-1960an).
  5. Sejarah Musik Jazz Era Jazz Rock atau Fusion (1970-an).
  6. Sejarah Musik Jazz Era baru seperti Acid Jazz, Funk Jazz, Cross Music.

Musik jazz merupakan sebagian karya seni yang sangat populer di masyarakat dan berkembang hampir ke semua wilayah Amerika Serikat yang pada tahun 1920 – an dikenal sebagai Jazz Age. Pada akhir tahun 1930 – an, jazz semakin marak di era nya Swing, dan pada tahun 1950 – an akhirnya mencapai puncak sebagai genre musik jazz modern. Sekitar awal tahun 20 – an dan 30 – an, (JAZZ) telah menjadi sebuah nama atau kata yang terkenal muka umum.

Perkembangan dan sejarah musik jazz, terbagi ke beberapa fase atau era. Dari era Dixieland dan Ragtime, Swing dan Big band, dan era Bebop. Perkembangan selanjutnya yang terakhir adalah lahirnya era jazz baru seperti cross music, funk jazz, acid jazz, dan sebagainya.

Baca juga: