search-button

21 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Tubuh

   
AnakmusikManfaat Musik Dalam Kehidupan Sosial. Pada umunya kita sudah tahu, bahwa manfaat musik klasik itu sangat populer  bagi kesehatan tubuh kita, untuk ibu yang sedang mengandung, untuk bayi dan untuk kehidupan kita sehari – hari. Bukan hanya itu saja, musik juga berpengaruh besar terhadap kehidupan sosial kita, mau tahu manfaatnya?
 

Kumpulan Manfaat Musik Bagi Kesehatan Tubuh

  • Deklarasi Pengesahan Lembaga Sosial. Ternyata peranan sebuah karya seni salah satunya yaitu musik, yang saat ini selalu dipakai dalam suatu upacara . Bukan hanya sekedar pengiring, namun menjadi suatu sarana penyambutan dan pembukaan suatu acara. Contohnya ketika kita berkunjung ke suatu daerah, dan daerah itu pun mempunyai suatu adat yang khusus untuk menyambut tamu yang berkunjung ke daerah tersebut.
  • Reaksi Jasmani. Ketika kita mendengarkan musik, tubuh kita akan bergerak seketika mungkin mengikuti alunan musik tersebut, hal itu disebabkan karena musik  dapat merangsang sel – sel syaraf otak kita.
  • Simbol. Musik mempunyai fungsi utama dalam melambangkan suatu hal. Dari unsur-unsur tersebut kita bisa melihatnya, bisa dikatakan seperti tempo suatu musik. Jika tempo musik itu mengalun lambat, teks yang diceritakan pun akan terkesan menyedihkan dan pembawaan musik yang mengalun itu pun sama dengan menyimbolkan kesedihan.
  • Sarana Komunikasi. Setiap daerah mempunyai pelestrarian yang berbeda – beda dalam mengembangkan seni musik, sehingga dengan adanya musik akan menciptakan komunikasi yang baik dari satu daerah ke daerah lainnya.
  • Hiburan. Menghibur hati tidak harus kita pergi berlibur ke puncak, pantai, dan tempat wisata lainnya. Contohnya, dengan bernyanyi ataupun memainkan alat musik, kita bisa mengubah perasaan sedih menjadi bahagia.
  • Penghayatan Estesis. Musik termasuk salah satu karya seni. Akan tetapi karya seni harus mempunyai nilai estetika yaitu mempunyai sisi keindahan dalam suatu karya yang dibuat. Dengan mendengarkan musik kita bisa merasakan nilai – nilai keindahan melalui alunan suatu alat musik sesuai dinamika yang menjadi salah satu unsur pembeda dengan musik yang lainnya.
  • Pengungkapan Emosional. Musik adalah salah satu media yang berfungsi untuk mengungkapkan perasaan emosional. Dengan musik, kita dapat mengontrol dan mengungkapkan perasaan yang ada dalam diri kita secara langsung, tanpa ada keterpaksaan.
  • Alat Pemersatu Masyarakat. Musik mempunyai fungsi dan nilai yang sangat penting dalam menyatukan masyarakat. Musik dapat dimainkan secara bersamaan, dan dengan sendirinya rasa kebersamaan itu akan muncul saat pendengar dan pemain bersama – sama dalam sebuah acara musik. Manfaat Saat Mendengarkan Musik. Walaupun kita tidak bisa memainkan alat musik, namun hanya dengan mendengarkannya saja kita dapat merasakan manfaatnya. Manfat – manfaat saat mendengarkan musik ialah:
  • Menunjang Produktivitas Kerja. Dalam bekerja tentunya pasti dipikiran kita tersimpan berbagai macam masalah dan terkadang saat kita sudah lelah konsentrasi pun mulai buyar. Untuk meningkatkan atau mengembalikan kefokusan, kita bisa mendengarkan musik yang tidak disertai lirik ketimbang dengan mereka yang mendengarkan musik dengan lirik, dan itu terbukti biasa dilakukan oleh pegawai muda.
Manfaat Musik Bagi Kesehatan
  • Terjaganya Kondisi Good Mood. Ada empat hormon dalam otak manusia salah satu yang paling mendominasi otak manusia yaitu hormon dopamin. Hormon dopamin adalah hormon yang berhubungan dengan gairah, konsentrasi, mood, dan stamina. Mendengarkan musik yang disukai itu bisa memicu pelepasan hormon dopamin. Hal yang mudah bukan? Dengan mendengarkan musik kita bisa menjaga kondisi mood menjadi baik dan menciptakan suasana hati yang lebih tenang lagi.
  • Rileksasi Pikiran. Rileks yaitu dimana tubuh kita mempunyai perasaan positif dalam berpikir atau hal lainnya. Kenyamanan, ketenangan, dan percaya diri adalah cara untuk menciptakan rasa bahagia dalam hati dan jiwa. Kita dapat merasakan suatu kepuasan batin, dan hal ini muncul saat rangsangan ritmis yang dihasilkan dari bunyi atau alunan musik yang mampu membuat tubuh kita menjadi rileks.
  • Resiko Alzheimer. Bagi orang yang sudah lanjut usia, biasanya daya ingat pun menurun secara drastis, ini merupakan indikasi yang dilihat dari otak tua atau yang disebut Alzheimer. Dengan mendengarkan musik, maka akan menimbulkan efek kenyamanan, perasaan tenang, dan tentunya terhindar dari kata “Alzheimer”. Alangkah baiknya kegiatan kecil ini dilakukan secara rutin, sehingga akan membuat ketajaman, kejernihan, dan kemampuan dalam berpikir semakin kuat.
  • Menghilangkan Rasa Sakit. Menurut penelitian di Universitas Utah’s Pain Research Center, dengan mendengarkan musik maka akan sendirinya rasa sakit yang di derita menghilang secara perlahan.
 
  • Meningkatkan Sistem Imune. Menariknya dengan mendengarkan musik ternyata bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh atau sistem imune kita. Dengan mendengarkan musik bisa menjaga daya tahan tubuh kita, karena biasanya kekebalan tubuh lebih identik dijaga dengan pola makan yang harus bergizi dan bernutrisi empat sehat lima sempurna. Musik yang bersifat terapi atau menyembuhkan itu adalah suatu alasan mengapa musik bisa menjaga sistem imune kita. Karena Campbel mengemukakan bahwa musik bisa menghasilkan stimulan yang menpunyai sifat ritmis dengan indra pendengaran kita. dia menangkap stimulan ini dan selanjutnya dalam sistem syaraf tubuh dan kelenjar otak kita langsung mengolah dengan sendirinya .Lalu otak kita mengubah susunan interprestasi suara kedalam ritme internal pendengarnya. Metabolisme tubuh manusia dipengaruhi oleh ritme internal ini yang nantinya menjadikan proses berlangsung lebih baik.
  • Membentuk Karakter Diri. Musik mempunyai karakter atau ciri khas tersendiri. Musik yang keras lebih memberi motivasi untuk menjadi pribadi yang pantang menyerah, sedangkan musik yang mengalun lembut lebih cenderung menimbulkan karakter yang cinta damai dan sebagainya. Manfaat Saat Bermain Musik. Beruntung banget buat kalian yang bisa memainkan alat musik karena manfaat memainkan alat musik jauh lebih unggul dari pada mereka yang cuma mendengarkan musik.berikut manfaat bermain musik diantaranya:
  • Mempercepat Proses Pemulihan Pasca Olahraga. Ketika kita selesai berolahraga, otot – otot pun pasti akan terasa sakit. Untuk meringankan otot – otot yang terasa sakit, kita bisa mendengarkan musik yang mengalun dengan perlahan, sehingga rasa sakit akan menghilang sedikit demi sedikit, karena terfokus dengan alunan musik yang sedang kamu dengarkan.
  • Meningkatkan Kualitas Tidur. Pada saat kita akan beristirahat, musik bisa memberikan ketenangan. Biasanya musik yang mengalun cenderung lebih cepat membuat kita tertidur pulas, dan dengan mendengarkan musik ternyata bisa juga menyembukan penyakit insomnia.
  • Mengendalikan Nafsu Makan. Cara menurunkan berat badan ternyata bisa dilakukan sambil mendengarkan musik. Pada saat kita makan sambil mendengarkan musik, secara tidak sadar suara musik bisa menuntun gerakan kita mengunyah menjadi lambat.
  • Menarik Perhatian Lawan Jenis. Dimata wanita, laki – laki yang bisa memainkan alat musik adalah hal yang mengagumkan. Wanita biasanya menyukai laki – laki yang bisa bermain alat musik, dibandingkan dengan laki – laki yang tidak bisa memainkan alat musik. Begitu juga dengan laki – laki.
  • Menghilangkan Stres. Stress yaitu dimana otak sudah tidak mampu mengatasi luapan masalah dan saatnya otak harus beristirahat. Dengan bermain musik, kamu dapat membantu menghilangkan beban yang ada di kepala, karena suara musik bisa mempengaruhi turunnya tingkat stres pada tahap genetika. Begitulah hasil penelitian yang dilakukan di Loma Linda Scholl of Medice.
Menjaga Kesehatan Jantung. Menurunkan tekanan darah tidak harus meminum obat – obatan tertentu, karena dengan mendengarkan musik selama 2 jam saja mampu menurunkan tekanan darah juga detak jatung. Dengan bermain musik kita bisa membantu penderita jantung menurunkan tekanan darah  dan kardivaskularnya.