search-button

4 Manfaat Mendengarkan Musik Klasik Untuk Ibu Hamil dan Bayi Dalam Kandungannya

   
Anakmusik – Kali ini saya akan menjelaskan beberapa manfaat mendengarkan musik klasik untuk janin, ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Dengan mendengarkan musik klasik, seorang ibu hamil maupun bayi yang berada dalam kandungannya akan mendapatkan manfaat besar bagi kecerdasan otaknya. Mendengarkan musik klasik merupakan salah satu cara untuk memberi dampak positif bagi janin, ibu hamil maupun calon bayinya. Musik klasik adalah sebuah instrumen sederhana yang berasal dari budaya Eropa dan semakin lama semakin menyebar juga ke negara indonesia dan negara lainnya. Lagu klasik yang cocok untuk didengarkan oleh sosok ibu hamil, yaitu musik klasik karya “Mozart”, seorang musisi terbaik yang terkenal dan terpopuler di dunia. Lalu, apa saja Manfaat Mendengarkan Musik Klasik Untuk Bayi dan Ibu Hamil? Mari kita simak berikut ini.
Manfaat Musik Klasik Untuk Ibu Hamil dan Bayi Dalam Kandungannya

4 Manfaat Mendengarkan Musik Klasik Untuk Bayi dan Ibu Hamil

  1. Dapat Berkomunikasi Dengan Baik. Jika seorang ibu hamil sering mendengarkan musik – musik klasik, maka bayi yang berada dalam kandungannya pun akan mendapat pengaruh besar saat tumbuh dewasa nanti. Bayi yang berada dalam kandungan akan merespon baik suara maupun ucapan yang didengarkannya. Sehingga saat terlahir ke dunia nanti, sosok bayi tidak akan merasa asing lagi dengan suara – suara musik, dan sosok bayi juga akan mudah berkomunikasi secara baik.
  2. Dapat Mengurangi Stres. Pada umumnya ibu hamil selalu mendapat perubahan tidak seperti biasanya, dari mental maupun fisik. Tidak hanya itu saja, seorang ibu hamil juga akan merasakan sensitifitas yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Untuk itu, dengan mendengarkan musik klasik, maka akan mendapat perasaan yang lebih baik, stabil, tenang dan menjauhkan tekanan dari perasaan stres. Sehingga perkembangan janin akan sehat, tidak terganggu dan selalu stabil.
  3. Dapat Merangsang Kecerdasan Otak. Musik klasik dapat memberikan kecerdasan bagi otak kanan yang berhubungan dengan kepribadian. Jika janin sering didengarkan musik klasik, maka bayi yang akan tumbuh dewasa nanti akan menjadi anak yang cerdas, kreatif, dan dapat berkomunikasi dengan baik bersama teman – temannya.
  4. Dapat Menenangkan Bayi. Jika janin terbiasa mendengarkan musik klasik, maka akan menjauhkan bayi dari kata rewel, sehingga dapat memberi ketenangan dan merasakan kenyamanan yang menyenangkan.

Itulah beberapa manfaat mendengarkan musik klasik untuk bayi dan ibu hamil. Untuk memperkenalkan musik pada bayi yang berada dalam kandungan, sebaiknya lakukan pada waktu setiap jam 20:00 (delapan malam), dengan cara menempelkan earphone pada sisi kanan dan kiri perut ibu hamil.

Baca juga: