search-button

Kelebihan Senam Jari Gitar

   
Anakmusik – Disini saya akan berbagi pengetahuan tentang manfaat dan kelebihan senam jari gitar  maupun piano. Dengan melakukan latihan teknik senam jari setiap hari, maka akan membuat jari – jemari terasa lentur dan mudah untuk bergerak saat bermain piano ataupun bermain gitar. Beberapa cara senam jari bisa kita lihat di video – video yang ada di YouTube maupun jejaring social lainnya. Bermain gitar sangat dibutuhkan sekali jari yang sangat lentur, untuk tangan kanan maupun kiri, dan itu bisa berguna sekali saat kamu memainkan gitar akustik, elektrik (Listrik) ataupun memainkan melodi gitar.

Pada umunya pemain gitar hanya beranggapan bahwa senam jari itu hanya berlaku untuk tangan kiri saja, padahal sebenarnya itu salah. Senam jari juga sangat berpengaruh untuk bagian tangan kanan, karena tangan kanan juga harus memiliki jari yang lentur saat memainkan gitar, terutama saat bermain gitar dengan teknik petik seperti fingerstyle, untuk gitaris klasik.

Kelebihan Senam Jari Gitar

Senam jari sangat dibutuhkan sekali untuk melenturkan jari – jari tangan pada saat memainkan gitar, seperti pada waktu melakukan improvisasi, menguasai teknik baru, menghapal skala baru, pada saat mendemonstrasikan lick atau riff baru, dan sebagainya. Ketika tidak melakukan senam jari, hal tersebut menjadi sangat sulit untuk dilakukan. Alasannya, karena dengan melakukan senam jari akan membuat syaraf otot yang berada ditangan kita menghafal gerakan – gerakan baru. Maka, dengan melakukan senam jari secara bertahap dan teratur (dimulai dari kecepatan minimum sampai dengan kecepatan maksimum) dapat membuat permainan gitar kita berkembang dan meningkat.
Banyak sekali cara untuk melakukan senam jari. Untuk jari bagian kiri, dapat dilakukan dengan cara melatih peregangan jari (stretching), arpeggio, legatto (hammer on dan full), kromatik (karena banyak gitaris yang beranggapan penjarian kromatik susah di lakukan). Sedangkan untuk jari bagian kanan, senam jari bisa dilakukan dengan melatih tapping, tremolo picking, fingerstyle akustik, dan sebagainya.
Kelebihan Senam Jari Gitar
Penjelasan yang saya sampaikan di atas, sudah jelas kita harus melakukan senam jari agar permainan gitar kita lebih meningkat lagi. Bisa dikatakan senam jari yang baik yaitu, melakukan senam jari secara terus menerus atau konstan dan teratur. lakukan senam jari minimal 2 jam per hari. Saya sendiri pernah mencoba beberapa hari tidak  melakukan latihan senam jari, efeknya jari – jari saya merasa agak kaku dan kecepatannya berkurang dibandingkan sebelumnya.

Baca juga: