search-button

4 Tips Belajar Drum Cajon (Acoustic Drum Box) Untuk Pemula

   
Anakmusik – Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memulai belajar bermain alat musik Drum Cajon (Acoustic Drum Box). Drum Box atau cajon yang dibaca (kahon) adalah alat musik drum yang khusus untuk mengisi musik – musik bernuanasa akustik. Walaupun memang terbuat dari bahan sederhana seperti kayu, kawat ataupun perekat, namun drum cajon mempunyai peranan penting dalam sebuah alunan musik akustik, dan bunyi yang dihasilkannya pun tidak jauh beda dengan alat musik drum pada umumnya. Hanya saja drum cajon sangat cocok digunakan bagi genre musik – musik yang bernuansa akustik. Selain drum akustik cajon terbilang mempunyai harga yang murah, sederhana dan terjangkau, drum cajon juga dapat kita bawa kemana saja, karena mempunyai berat dan ukuran yang sangat sederhana cukup ringan. Lalu, apa saja Tips yang dibutuhkan dalam Belajar Drum Cajon (Acoustic Drum Box) Untuk Pemula?
Belajar Drum Cajon (Acoustic Drum Box) Untuk Pemula

4 Tips Belajar Drum Cajon (Acoustic Drum Box) Untuk Pemula

  1. Dengarkan dan hapalkan lagu yang ingin kamu mainkan. Pilihlah lagu sesuai dengan selera musikmu, dan hapalkan suara ketukan bass maupun snare drum yang berada pada lagu tersebut. Dengan begitu, kamu dapat mempelajari dan menguasai drum box secara mudah dan cepat.
  2. Dengarkan Strumming pada gitar. Jika kamu bermain cajon bersama gitar akustik, kamu harus memperhatikan juga strumming atau Rhythm pada gitar tersebut. Permainan gitar juga petunjuk untuk mengatur ketukan yang seharusnya dimainkan oleh cajon.  Bagian Rhythm terletak pada senar 1, 2, dan 3. Sedangkan bagian bass terletak pada senar 4,5, dan 6. Dan Dari setiap strumming gitar terdapat satu bagian – bagian lurus yang akan kamu gunakan sebagai ketukannya. Nah, ketukan inilah yang harus kamu ikuti sesuai dengan ketukan gitar.
  3. Tempo harus dipersiapkan dengan konsisten. Permainan alat musik cajon atau alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul harus sesuai dengan tempo dan waktu yang seimbang. Kamu harus menjaga tempo se – konsisten mungkin pada semua bagian lagu, karena permainan drum akan menentukan kecepatan dari sebuah lagu.
  4. Mempersiapkan improvasi. Seperti permainan alat musik pada umumnya, alat musik cajon pun memiliki tingkat kesulitan yang berbeda – beda, easy, medium, maupun hard. Kamu dapat melakukan improvasi sesuai lagu yang kamu gunakan dalam belajar. Sebaiknya pilihlah lagu yang bertempo sederhana dan biarkan permainan drum cajon secara perlahan meningkat mengikuti tempo – tempo lagu yang semakin cepat.

Itulah beberapa Tips dalam Belajar Drum Cajon (Acoustic Drum Box) Untuk Pemula yang bisa kamu terapkan secara otodidak. Untuk menguasai permainan drum cajon (drum box), yang diperlukan adalah menguasai tempo lagu terlebih dahulu, karena tempo merupakan hal yang penting sebelum memulai bermain musik.

Baca juga: