search-button

Belajar Bermain Alat Musik Bellyra (Marching Band)

   
AnakmusikBelajar bermain alat musik Marching Band (Bellyra) dan cara memainkannya. Marcing band adalah sekelompok orang berbaris membentuk suatu pormasi sambil memainkan beberapa lagu dengan menggunakan beberapa alat musik, diataranya: Baritone Horn atau Euphonium, Bellyra, Bass Drum, Tuba atau Contra Bass, Mellophone, Simbal, Snare Drum, Stick Master (Penata Rama), Terompet, Tenor Horn dan Tenor Drum. Dibentuknya suatu organisasi kegiatan musik yang digabungkan dengan olahraga, organisasi ini disebut PBDI (Persatuan Drum Band Indonesia). Itulah sekilas tentang marcing band. Namun, untuk kali ini kita akan  membahas bagaimana cara belajar alat musik bellyra dengan baik dan benar.
Bellyra adalah salah satu alat musik yang digunakan sebagai melodi drum band. Bellyra ini terbuat dari deretan besi, dimana besi ini memiliki nada tersendiri dan tersusun sesuai not – not do, re, mi, fa, so, la, si, do, dan dipasangkan dengan alat pukul yaitu stik yang ujungnya bulat dan tebuat dari mika. Fungsi dari bellyra yaitu untuk memainkan nada lagu yang dimainkan oleh sekelompok pemain drum band sehingga penonton yang mendengarkan bisa mengetahui lagu apa yang kita bawakan, karena lagu tersebut adalah lagu yang sehari – hari sering kita dengar.

Belajar alat musik bellyra ini cukup mudah, hampir sama dengan memainkan alat musik piano dan pianika, dibutuhkan konsentrasi yang dalam, karena alat ini menjadi sebuah patokan dimana mereka harus mempunyai kekompakan sehingga hasilnya pun menjadi bagus. Berikut cara belajar alat musik bellyra:
Belajar Bermain Alat Musik Bellyra (Marching Band)

Belajar Bermain Alat Musik Bellyra (Marching Band)

  1. Mempunyai kondisi badan yang fit, karena bellyra ini mempuyai berat sekitar 5 kg. Biasanya pemain alat musik ini sering kali mengalami lembab dibagian paha dan bagian lengan kiri, efek dari menahan alat musik bellyra ini yang memang cukup berat.
  2. Menghapalkan nada atau not – not lagu yang akan dibawakan.
  3. Dan dilakukanya latihan yang ekstra agar dapat mengetaui tempat nada – nada pada alat musik bellyra ini.

Itulah beberapa cara belajar alat musik bellyra yang bisa dilakukan dengan cara sederhana dan mudah. Jika ingin tahu lebih jelas lagi, kalian bisa mendatangi salah satu tempat kursus alat musik atau anda bisa menanyakan tentang bellyra ini kepada orang yang sudah mahir dalam (bidang alat musik Bellyra).

Baca juga: