search-button

Artikel Sejarah Alat Musik Suling Bambu

   
AnakmusikArtikel Sejarah Alat Musik Suling Bambu. Suling atau seruling adalah alat musik tiup yang tentunya sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga kita. Dengan harga yang sangat miring dan terjangkau dibandingkan dengan alat musik lainnya. Suling merupakan alat musik yang teramat dekat dengan alam. Untuk membuat alat musik ini tidak memerlukan teknologi cangging seperti alat musik lain, seruling ini terbuat dari sebatang buluh. Maka semuanya kembali pada alam dan ramah lingkungan. Flute adalah istilah yang disebut alat seruling dalam Mazmur 150:4 Versi Raja James. Flute adalah Bahasa Inggris bila diterjemahkan yaitu pipe (pipa).     

Bahan utama untuk seruling yang sering dipakai dan mudah mencarinya yaitu bambu, tapi ada juga yang dari tulang dan logam. Suara yang dihasilkan seruling yaitu dia bisa menghasilkan suara melengking atau sama dengan siulan, juga bisa menghasilkan suara keras.

Artikel Sejarah Alat Musik Suling Bambu

Seruling merupakan alat musik yang pertama kali ditemukan itu menurut penelitian, yang dimainkan oleh manusia Neanderthal. Seruling yang terbuat dari tulang merupakan sebuah seruling Neanderthal yang sudah berumur 40,000 tahun. Lubang yang dibuat pada tulang tersebut berfungsi untuk menghasilkan nada yang tepat. Atau dikatakan alat musik ini dibuat secara ahli. Bob Fink adalah seorang peneliti seruling.
Sejarah alat musik suling bambu selanjutya. Katanya Neanderthal adalah manusia yang tidak diketahui kemunculanya pada 100.000 tahun yang lalu di Eropa dan ras ini bisa saja menghilang sebab terjadinya persatuan atau bercampur bersama ras yang lain, atau menjadi hilang oleh sesuatu hal yang belum diketahui. Rangka tubuh mereka yang lebih tegap dan volume otak yang sedikit lebih besar itu merupakan suatu perbedaan mereka dengan manusia masa kini (modern). Karena sesungguhnya manusia Neanderthal bukanlah manusia yang primitif atau setengah kera, sama halnya yang disebutkan teori Darwin. Tingkat keterampilan dan kecerdasan manusia Neanderthal, yaitu satu ras manusia yang tidak berbeda dengan kita, yang ditunjukan oleh penemu ilmiah. Ditambah lagi dengan ditemukannya suling di era mereka, membuktikan bahwa manusia Neanderthal telah mempunyai peradaban.
Sejarah Alat Musik Suling Bambu
Baca juga: