search-button

4 Alat Musik Tradisional Jepang Yang Unik dan Terpopuler

   
Anakmusik – Apa saja nama alat musik tradisional jepang yang unik dan terpopuler juga di Indonesia? Menurut sejarah, selain terkenal dengan alat musik tradisionalnya, Jepang juga merupakan salah satu contoh negara yang mempunyai ciri khas musik yang berbeda dari negara lainnya. Di dominasi oleh artis – artis terkenal, baik daerah maupun artis modern sekarang ini. Alat musik tradisional jepang juga sangat beragam, dari instrumen alat musik tiup, petik, gesek, pukul dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita simak penjelasan dari macam – macam alat musik tradisional jepang yang perkembangannya sampai saat ini masih terus berlanjut. Ada yang tahu cara – cara memainkan alat musik tradisional jepang di bawah ini?

4 Nama Alat Musik Ttradisional Jepang Yang Unik dan Terpopuler

  1. KOTO. Alat musik koto mempunyai bentuk yang menyerupai kecapi. Menurut sejarah, Koto sudah ada sejak abad ke tujuh dan digunakan sebagai salah satu bagian yang untuk acara musik di istana. Alat musik tradisional jepang ini terus berkembang, dan akhirnya populer pada abad ke tujuh belas, yang bisa dimainkan secara solo, tanpa bantuan alat musik lainnya.
  2.  TAIKO. Taiko atau “Drum Besar” adalah alat musik tradisional jepang yang terbuat dari bahan kulit hewan dengan ukuran, berat, dan bentuk yang sangat bervariasi. Terdapat beberapa macam alat musik perkusi ini, ada yang berukuran sedang (a.l. shime daiko), panjang (nagado – daiko), gentong (okedo – daiko), datar (hira – daiko), kipas (uchiwa – daiko), besar (o – daiko), dan seterusnya.
  3. SHAMISEN. Salah satu alat musik dawai jepang yang cara memainkannya dipetik menggunakan pick atau sebutan “bachi”. Shamisen terdiri dari 3 dawai yang memiliki ketebalan berbeda – beda. Dawai tipis menghasilkan suara tertinggi, begitu juga sebaliknya. Salah satu alat musik tradisional yang banyak dikagumi oleh masyarakat jepang, karena mempunya bentuk unik dan dapat menghasilkan suara yang sangat merdu.
  4. SHAKUHACHI. Alat musik yang satu ini sama hal nya seperti suling atau seruling yang kita kenal di Indonesia. Alat musik tiup yang terbuat dari bambu dengan diameter 3,5 – 4,0 cm. Shakuhachi memiliki lima lubang, empat diantaranya di bagian depan, dan satu lubang terdapat pada bagian belakangnya.
Alat Musik Ttradisional Jepang
Salah satu alat musik tradisional di atas mempunyai keunikan yang berbeda – beda, dan tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk memainkannya. Itulah nama – nama alat musik tradisional jepang yang perlu kamu ketahui, namun dengan kata maaf hanya beberapa saja yang bisa saya sampaikan, dan semoga ke depannya bisa menambah lagi pengertian tentang alat musik tradisional jepang lainnya secara lengkap.

Baca juga: