search-button

7 Alat Musik Tradisional Jawa Barat Yang Terpopuler

   
AnakmusikAlat Musik Tradisional Jawa Barat. Setiap daerah pasti memiliki beragam budaya dan adat istiadat dari leluhurnya masing – masing, dan itu wajib sekali untuk kita lestarikan. Seperti yang kita kenal, di Jawa Barat populer dengan pemandangan yang menakjubkan, luar biasa indahnya. Begitu juga dengan tempat wisatanya. Namun, Jawa Barat ini juga terkenal dengan alat musik tradisonal khas Jawa Barat itu sendiri. Hampir punahnya alat musik tradisonal Jawa Barat ini karena terpengaruhnya dengan kemajuan teknologi, khususnya seperti di bidang musik, yang mungkin tidak semua masyarakat Jawa Barat mengetahui beberapa jenis alat musik tradisional Jawa Barat yang terpopuler di kalangan masyarakat.

7 Alat Musik Tradisional Jawa Barat Yang Terpopuler

  1. Karinding, merupakan alat musik tradisional suku Sunda. Dari Citimang, Cikalong Kulon, (Cianjur), Malangbong (Garut), Tasikmalaya, dan Pasir Mukti. Itulah beberapa tempat dimana karinding ini berasal. Adapun bahan karinding yaitu karinding ada yang terbuat dari pohon aren itu di wilayah kota – kota yang tadi disebutkan, namun di wilayah lain seperti di Cililin dan Limbangan, karinding ini banyak terbuat dari bambu.
  2. Tarawangsa, merupakan alat musik tradisonal Jawa Barat, cara memainkannya pun dengan cara digesek. Ternyata alat musik tarawangsa ini usianya lebih tua dari alat musik rebab. Terbukti sejak abad ke – 18 sewaka darma alat musik ini dicatat dalam sebuah naskah kuno. Tarawangsa ini ditemukan di Jawa Barat dan Bante. Yaitu daerah Banjaran (Bandung), Cibalong dan Cipatujah (Tasikmalaya), Rancakalong (Sumedang) dan Kanekes (Banten).
  3. Jentreng, merupakan alat musik tradisional Jawa Barat cara memainkannya pun yaitu dengan cara dipetik dan sentuh. Alat musik ini bentuknya hampir sama dengan alat musik kacapi namun ukuran dan jumlah senar lah yang membedakanya. Alat musik jentreng ini lebih kecil dari kacapi, dia hanya memiliki 7 rentang senar. Jentren ini terbuat dari kayu nangka atau dari kayu kembang kenanga. Keberadaan jentreng pun tidak jauh beda dengan tarawangsa.
    Alat Musik Tradisional Jawa Barat
  4. Kecapi, alat musik ini termasuk salah satu alat musik tradisional Jawa Barat yang sudah ada sebelum abad ke – 15. Kacapi juga adalah alat musik utama dalam mamaos cianjuran atau tembang sunda. Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara dipetik. Juga memiliki fungsi dimana kacapi yang dimainkan yaitu ada kacapi induk dan kacapi anak. Kacapi ini bisa ditemukan di seluruh wilayah Jawa Barat. Kacapi ini hingga sekarang masih suka digunakan serta dilestarikan, karena kacapi ini merupakakn salah satu warisan budaya orang sunda.
  5. Angklung, tentunya alat musik angklung ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Alat musik tradisional angklung ini beraal dari daerah Jawa Barat yang sudah mendunia. Sebagai Bangsa Indonesia tentunya kita wajib melestarikan kebudayaan kita ini. Angklung merupakan alat musik yang terbuat dari bambu dan cara memainkannya pun dengan cara digoyang. Alat musik angklung tercatat pada abad ke – 12 hingga abad ke – 16 pada zaman kerajaan sunda.
  6. Calung, begitu pula dengan alat musik calung, sama sekali tidak asing lagi karena alat musik calung ini selalu berdampingan dengan alat musik angklung. Terbuat dari bambu juga bedanya alat musik calung ini cara memainkannya tidak di goyangkan melainkan dengan cara dipukul.
  7. Calempung, yakni alat musik yang terbuat dari kulit bambu dimainkan dengan cara dipukul. Ada banyak pendapat tentang dari mana calempung ini berasal, namun diyakini calempung ini berasal dari daerah sunda (Jawa Barat).       

Itulah kumpulan alat musik tradisional Jawa Barat yang terpopuler di kalangan masyarakat. Dengan membaca artikel ini, setidaknya saya bisa memberi pengetahuan buat kalian yang mungkin memang belum mengetahui beberapa jenis alat musik tradisional Jawa Barat yang selalu kita temui.
Baca juga: