search-button

17 Genre Musik Paling Populer Di Dunia

   
Anakmusik – Kita tahu bahwa di dunia ini terdapat beberapa jenis genre musik yang berbeda – beda. Contoh genre musik paling populer di dunia yaitu: World, Techno, Rock, Reggae, Rap, R&B, New Age, J-Rock, J-Pop, Jazz, Easy Listening, Death Metal, Country, Classical, Blues, Alternative Rock, dan sebagainya. Satu sama lain saling mengisi atau menggabungkan, yang akhirnya terlahir juga musik –  musik kolaborasi yang menjadi sebuah genre musik yang baru. Setiap tokoh – tokoh musik mempunyai fungsi tersendiri dalam mengembangkan genre musik yang ia sukai, yang akhirnya sampai sekarang ini dapat diterima oleh kalangan masyarakat luas, khususnya seluruh dunia.
Genre Musik Paling Populer Di Dunia

17 Genre Musik Paling Populer Di Dunia

  1. Alternative Rock. Rock alternatif dalam bahasa Inggris: Alternative rock, disebut juga musik alternatif atau hanya alternatif saja yang merupakan aliran musik rock yang muncul pada tahun 1980-an dan menjadi sangat terkenal pada tahun 1990. Pada tahun 1980 ditemukanya nama "alternatif" yang menerangkan bahwa beberapa band punk rock ada yang tidak sesuai atau melenceng dari aliran musik punk rock pada masa itu. Sebagai jenis musik yang spesifik, rock alternatif memiliki sub-aliran yang berbagai variasi, berawal pada tahun 1980 dari musik indie dan menjadi terkenal pada tahun 1990, seperti indie rock, college rock, gothic rock, dan grunge.
  2. Blues. Blues merupakan sebuah nama yang dibuat untuk kedua bentuk musik dan genre musik yang paling utama diciptakan pada akhir abad ke-19 dengan lagu rohani, narasi sederhana berirama balada, teriakan, hollers lapangan dan lagu kerja.
  3. Classical. Merupakan arti luas yang biasanya berpatokan pada musik yang berakar dari tradisi kesenian Barat, memegang periode dari sekitar abad ke-9 sampai abad ke-21. Sejarah musik classical Barat seperti contoh orang yang menggunakan Genre Classical : Mozart.
  4. Country. Adalah sebagai suatu kombinasi dari beberapa unsur musik Amerika yang berasal dari Amerika Serikat Bagian Selatan dan daerah Pegunungan Appalachia.
  5. Easy Listening. Adalah genre yang mungkin mudah didengar oleh para pendengar atau penikmat musik.
  6. Rock. Merupakan genre musik terkenal yang mulai dikenal secara umum pada pertengahan tahun 50 – an. Rock ini berasal dari blues dan rhythm, musik country dari tahun 40 dan 50-an serta berbagai pengaruh lainnya.
  7. Rap. Adalah sebuah unsur musik hip-hop. Rap juga adalah salah satu teknik vokal yang berkata-kata dengan cepat, dan pelakunya dikenal dengan sebutan rapper.
  8. Jazz. Adalah jenis musik yang tumbuh dari persatuan ragtime, blues, dan musik Eropa, terutama musik band.
  9. Death Metal. Merupakan sebuah aliran dari musik heavy metal yang berkembang dari thrash metal pada awal tahun 1980 – an. ciri khasnya yaitu dengan lirik lagu yang bertemakan kematian atau kekerasan, ritme gitar terdengar rendah (downtuned rhythm guitars), alunan musik yang cepat, dan intensitas dinamis.
  10. J-Pop. Istilah nama yang digunakan untuk musik Jepang yang populer dan memasuki arus utama musik Jepang pada tahun 1990 – an.
  11. New Age. Merupakan sebuah aliran musik yang bisa memberikan salah satu pengalaman seperti contoh: memberi perasaan positif, relaks, insipirasi, nyaman, semangat, dan adanya unsur kebudayaan. Maka dari itu tidaklah aneh jika kita bisa menyukai sebuah musik new ages dengan bahasa yang sama sekali kita tidak memahaminya.
  12. R&B. Adalahh suatu genre musik terkenal yang mempersatukan blues, jazz, dan  gospel, yang pertama kali dikemukakan oleh pemusik Afrika – Amerika.
  13. J-Rock. Japanese rock dipakai untuk menyebut genre musik rock yang berada di Jepang. Aliran musik J – Rock menjadi terkenal di Indonesia berkat kepopuleran penayangan anime di televisi dengan lagu atau tema (soundtrack) yang dibawakan penyanyi dan kelompok musik Jepang.
  14. Reggae. Adalah irama musik yang berkembang dijamaika.
  15. Techno. aliran Musik yang bertemakan futuristik. Musik Techno tidak dimainkan dengan alat musik tradisional seperti sasando, gitar, gendang, dan yang lainnya. Dia memakai alat musik Digital seperti DJ Maker yang biasa digunakan untuk me – remix musik yang sudah ada menjadi musik yang bertema Futuristik.
  16. World. Istilah umum sebagai kategori musik global, seperti musik tradisional dari salah satu budaya yang diciptakan dan dimainkan oleh musisi adat dan erat terkait dengan musik dari daerah asal mereka.
  17. Dangdut. Adalah salah satu dari genre seni musik yang berkembang di Indonesia pada tahun 1940-an, bentuk musik dangdut ini berawal dari musik Melayu. Dan dalam perjalanan menuju bentuk perkembangan saat ini masuk pengaruh faktor – faktor musik India (terutama dari penggunaan tabla) dan Arab (pada cengkok dan harmonisasi). Contoh orang yang menggunakan Genre Dangdut: Rhoma Irama.
Selain dapat membaca 17 Genre Musik Paling Populer Di Dunia, kalian juga bisa membaca artikel musik lainnya.
Baca juga :