search-button

Tips Memilih Pick Untuk Gitaris Pemula

   
AnakmusikPick dalam bahasa inggris (plektrum) adalah alat untuk memetik senar gitar supaya terdengar jelas dan jernih. Bagi gitaris pemula tentu saja lumayan susah dalam belajar gitar menggunakan pick, terkadang susah mengontrol dan selalu menghasilkan suara yang tidak beraturan. Untuk itu, dengan adanya Tips Memilih Pick Untuk Gitaris Pemula ini, akan memberi pembelajaran dan informasi bagi gitaris akustik maupun elektrik pemula yang ingin memainkan gitar dengan jernih menggunakan Pick atau Plektrum. Pick mempunyai bentuk segitiga yang terbuat dari bahan plastik keras ataupun besi. Untuk menghasilkan suara gitar dengan baik, kita dapat memilih jenis pick sesuai genre musik yang akan kita mainkan. Terdapat beberapa pick yang memang di khususkan dengan ukuran dan jenis sesuai genre musiknya sendiri, jadi jangan pernah bosan jika kita harus menggonta – ganti pick saat memainkan beberapa genre musik yang berbeda.
Tips Memilih Pick Untuk Gitaris Pemula

Tips Memilih Pick Untuk Gitaris Pemula


Terdapat beberapa Ukuran Pick (Plektrum)Gitar yang bisa kamu gunakan diantaranya:
  • Extra Heavy / Thick. Mempunyai ukuran tebal lebih dari 1,50, dan selalu digunakan untuk gitar bass dengan genre musik Heavy Hetal.
  • Extra Light / Thin. Mempunyai ukuran tebal 0,44 mm dan ini sangat cocok digunakan untuk gitar akustik.
  • Heavy / Thick. ketebalan yang dimiliki oleh pick ini antara 0,85 sampai 1,20 dan selalu digunakan oleh gitaris Rock maupun Heavy Metal.
  • Light / Thin. Jenis pick yang satu ini mempunyai tebal antara 0,45 sampai 0,69.
  • Medium. Mempunyai tebal antara 0,85 sampai 1,20, dan pick ini biasanya digunakan oleh gitaris POP.

Jenis Pick (Plektrum) Gitar  terbagi dengan 3 bagian, yaitu:
  1. Fingerpick. Ini merupakan jenis Pick yang dipasangkan ke semua bagian jari kamu.
  2. Flat Pick. Untuk jenis pick ini sangat umum kita temukan dikalangan gitaris pemula maupun profesional, karena bentuk dari Flat Pick sangat sederhana (segitiga), dan kita juga dapat membuatnya dari bahan plastik keras.
  3. Thumbpick. Pick ini berbentuk 3 Dimensi dan cara menggunakannya hanya memasukan pick pada bagian ibu jari kita.

Bentuk Pick (Plektrum) Gitar  terbagi dengan 4 bagian, yaitu:
  1. Leaf. Bentuk pick ini terlihat cukup unik, berbeda dengan bentuk pick yang lainnya. Mempunyai bentuk seperti gigi tajam, namun terdapat sedikit lengkungan di bagian tengahnya.
  2. Teardrop. Bentuk pick ini sudah tidak asing lagi bagi kalangan gitaris, mempunyai bentuk segita dengan tumpulan di setiap ujungnya.
  3. Small Teardrop. Mempunyai bentuk yang sama dengan Pick Teardrop, namun tidak dengan ukurannya. Ukuran Small Teardrop lebih kecil dibandingkan dengan Pick Teardrop.
  4. Triangle. Ini merupakan jenis pick kedua dari Pick Teardrop, semuanya mempunyai ukuran dan bentuk yang sama, namun perbandingannya bisa dirasakan saat kamu mencobanya.

Setelah membaca Tips Memilih Pick Untuk Gitaris Pemula di atas, semoga mendapat sebuah solusi agar permainan gitar kamu lebih baik lagi. Sesuaikan jenis dan pick dengan selera musik yang ingin kamu mainkan. Harga dari setiap pick juga terbilang murah, dan kamu bisa mendapatkannya dengan mudah, karena aksesoris gitar ini pasti ada di setiap toko alat musik terdekat di kota kamu. Tips Memilih Pick ini berguna bagai kamu yang sedang belajar gitar ataupun yang belum bisa bermain gitar menggunakan Pick (Plektrum).

Baca Juga: