search-button

Sejarah Alat Musik Tradisonal Kecapi

   
Anakmusik – Alat musik tradisional yang satu ini yakni (kecapi), merupakan alat musik klasik yang selalu memberi warna dalam beberapa kegiatan kesenian di tanah Sunda. Bukanlah hal yang mudah dalam membuat sebuah kecapi. Sekilas mungkin kecapi tampak seperti alat musik yang sederhana, namun cara pembuatannya tidaklah gampang. Bahan baku yang di gunakan pun bahan baku yang cukup jarang, yakni kayu Kenanga yang mana terlebih dahulu harus direndam selama ± tiga bulan. Sedangkan senar yang di gunakan untuk mendapatkan hasil nada yang bagus, haruslah menggunakan kawat suasa (logam campuran tembaga dan emas), seperti halnya kecapi yang dibuat pada zaman dahulu. Mengingat saat ini harganya cukup mahal, senar Kecapi zaman sekarang lebih banyak menggunakan senar dari bahan kawat baja.

Sejarah Alat Musik Tradisonal Kecapi


Perangkat waditra Sunda yang hampir terdapat di setiap daerah di Tatar Sunda di sebut dengan Kecapi suling. Waditranya terdiri dari dua bagian yakni kecapi juga Suling. Kecapinya itu sendiri terdiri dari kecapi Indung atau kecapi Gelung atau kecapi Parahu. Walaupun sering disajikan secara instrumentalia, kecapi Suling juga dapat digunakan sebagai alat musik untuk mengiringi Juru Sekar yang biasa melantunkan lagu secara Rampak Sekar dan juga Anggana Sekar. Yang mana Lagu yang di sajikannya ya itu di antaranya : Kaleon, Sinom Degung, Talutur dan lain sebagainya. Laras Salendro, Pelog atau Sorog sering di pergunakan sebagai Larasnya. 
Sejarah Alat Musik Tradisonal Kecapi
Sejarah alat musik kecapi itu sendiri berasal dari dataran Sunda. Dalam tembang sunda atau mamaos cianjuran dan kecapi suling merupakan alat musik kecapi dimainkan sebagai alat musik utama. Dalam bahasa sunda, Asal usul alat musik kecapi merujuk kepada tanaman sentul, yang mana sangat dipercaya kayunya itu sendiri digunakan untuk membuat alat musik kecapi. Kecapi merupakan alat musik tradisional yang juga merupakan alat musik klasik yang selalu mewarnai beberapa kesenian di daratan Sunda ini. Bukanlah hal gampang dalam membuat kecapi.  Kecapi sunda memiliki 5 nada ( pentatonis ) atau tangga nada yaitu Da, Mi, Na, Ti, La. Itulah selintas mengenai sejarah alat musik kecapi sebagai alat musik trdisional Indonesia yang mana memberikan pengaruh dalam perkembangan musik di indonesia saat ini.