search-button

Mengetahui Fungsi Gitar Bass Dalam Alunan Musik

   
Anakmusik – Tahukah kamu, apa fungsi gitar bass pada sebuah musik atau lagu? Inilah pertanyaan yang selalu membuat pemain gitar bass penasaran. Alat musik gitar bass, mempunyai peranan penting dalam sebuah instrument musik, untuk solo maupun kolaborasi dengan alat musik lainnya. Fungsi Gitar Bass Dalam Alunan Musik bisa kita rasakan dengan jelas apabila kita mendengarkan lagu melalui headsfree. Suara gitar bass dapat kita rasakan dalam detak jantung, menghasilkan suara (Bass) beda hal nya dengan treble, terasa nyaring di telinga. Senar bass dibuat lebih besar daripada senar gitar elektrik yang berguna untuk memberikan suara yang lebih besar (Bass) lagi. Neck atau leher gitar bass juga dibuat lebih panjang yang bertujuan untuk menahan kuatnya getaran senar bass saat dimainkan, sehingga power akan lebih keras dan menghasilkan suara yang lebih baik lagi. Untuk lebih jauh lagi, kamu dapat Mengetahui Fungsi Gitar Bass Dalam Alunan Musik di bawah ini.

Mengetahui Fungsi Gitar Bass Dalam Alunan Musik

  1. Gitar Bass Sebagai Pedoman Akor. Suara bass akan memberikan kemudahan bagi pemain alat musik lainnya. Fungsi gitar bass adalah menjaga akor agar suara alat musik lainnya tetap satu irama, dan suara bass akan terdengar lebih rendah dan lebih jelas di bandingkan dengan suara alat musik lainnya.
  2. Gitar Bass Sebagai Pengatur Tempo. Semua alat musik mengisi satu sama lain saat bermain bersama, begitupun gitar bass. Gitar bass sebagai pengatur tempo atau ketukan yang selalu seirama dengan ketukan Bass Drum.
  3. Gitar Bass Sebagai Pengisi Nada Rendah. Sebuah alunan musik memiliki 3 komponen suara, yaitu: high (tinggi), sedang (middle), dan low (rendah). Suara gitar bass bisa mengisi bagian nada rendah pada sebuah alunan musik, seperti melodi dan celah – celah yang kosong lainnya.
  4. Gitar Bass Sebagai Pemandu Instrument. Dalam bermain sebuah instrument tentunya dibutuhkan kekompakan semua alat musik, dan gitar bass juga termasuk salah satunya. Suara bass bisa dimasukan di awal dan menjadi ketukan atau tempo bagi suara drum dan alat musik lainnya.
Fungsi Gitar Bass
Itulah beberapa fungsi gitar bass yang dapat kamu ketahui dengan baik. Gitar bass dalam sebuah alunan musik sangat penting sekali, dan kamu dapat membuktikannya dengan cara memainkan lagu lewat alat musik lainnya, namun tanpa gitar bass. Maka akan terdengar jelas kekurangan yang terdapat dari sebuah lagu tersebut. Jadi, setelah kamu Mengetahui Fungsi Gitar Bass Dalam Alunan Musik di atas, semoga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kalian para pemain gitar bass pemula maupun profesional.
Baca juga: