search-button

Membuat Cajon Drum Akustik Sendiri Dengan Cara Sederhana

   
Anakmusik – Drum cajon (kahon) atau drum balok yang berbentuk kubus merupakan drum yang selalu digunakan untuk musik – musik akustik. Mempunyai bentuk dan ukuran yang lumayan kecil, sehingga kita dapat dengan mudah membawa peralatan drum akustik ini pada sebuah acara – acara musik akustik. Cara membuat drum cajon juga sangat sederhana, dan itu bisa kita lakukan oleh tangan sendiri. Harga drum cajon pun terbilang murah, sekitar Rp. 500.000 sampai Rp. 700.000, tergantung jenis drumnya, ada drum cajon elektrik dan ada drum cajon yang khusus untuk akustik. Namun, bagi kamu yang ingin mendapatkan drum cajon akustik dengan praktis, saya akan memberikan beberapa tips cara membuat drum cajon sendiri dengan beberapa peralatan sederhana. Langkah – langkah dalam membuat drum akustik juga sangat sederhana, tidak memerlukan waktu yang begitu lama. Apa saja perlengkapannya?

Cara Mudah Membuat Cajon Drum Sendiri Dengan Cara Sederhana

Persiapkan Peralatan Untuk Membuat Drum Cajon (Akustik), total biaya untuk membeli peralatannya berkisar antara Rp. 100.000 sampai Rp. 200.000.
  • Papan multiplek berukuran 3 mm dengan tebal 12 mm.
  • Gergaji, Paku, Baut, Sner atau Kawat Sner.
  • Amplas yang halus.
  • Kayu Untuk Kaki dan Siku – Siku.
    Membuat Drum Cajon Akustik
  1. Buat Sketsa. Setelah persiapan tersedia, kita langsung saja membuat sketsa (garis) atau gambar pada sebuah papan multiplek tersebut. Untuk ukurannya bisa menggunakan ukuran standard: Panjang 33 cm, Lebar 32 cm, tinggi 46 cm, dan diameter lubang 13 cm. Gunakan papan multiplek dengan ketebalan bagian kanan, kiri, atas, dan bawah 12 mm, dan untuk bagian tapa atau depan (untuk dipukul) dengan ukuran 3 mm. Jangan lupa juga dengan soundhole nya.
  2. Potong Sketsa. Setelah semuanya diberi garis sesuai dengan ukuran, langkah selanjutnya gergaji multipleknya dengan rapih dan jangan lupa juga beri lubang untuk soundholenya.
  3. Proses Penggabungan. Gabungkan semua multiplek yang telah dipotong tadi, rekat menggunakan lem secara rapih, jangan sampai ada celah di setiap sudutnya, karena itu akan membuat suara drum cajon menjadi buruk.
  4. Buat Bagian Snappy. Potong snappy (kawat sner drum) menjadi dua bagian yang sama, dan cari kayu yang dapat mengganjal bagian kanan dan kiri cajon, lalu rekatkan menggunakan lem dan paku, sampai benar – benar tidak ada ruang kosong di setiap sudutnya. Rekatkan juga papan menggunakan lem dan paku, lalu hadapkan snappy ke depan (arah keluar), dan pastikan jangan sampai terlalu dalam.
  5. Pasang Tapa (Bagian Depan). Setelah snappy terpasang dengan rapih dan baik, selanjutnya pasangkan juga bagian depan, dan berikan baut sebagai perekatnya. Bagian depan atau tapa sangat mudah rusak, sehingga dengan baut akan memudahkan kita saat akan menggantinya kembali saat rusak.
  6. Cat dan Aksesoris. Setelah semuanya terpasang dan bersuara baik, tentunya tidak terlihat baik jika hanya dengan tampilan sederhana. Lakukan pengecatan dengan menghamplas terlebih dahulu, agar bagian papan terasa mulus dan rata. Jika kamu menggunakan bahan multiplek, bisa juga dengan memberi gambar stiker atau yang lainnya. Beli juga aksesoris drum cajon lainnya, seperti busa untuk duduk ataupun pedal untuk meninjak bagian drum.

Membuat Cajon Drum Sendiri Dengan Cara Sederhana bisa kita lakukan bersama teman – teman penggila musik lainnya, sehingga rasa kebersamaan dan kekompakan akan selalu terjaga dengan baik. Selain kita dapat memainkan drum cajon dengan baik, kita juga dapat mempelajari proses bagaimana cara membuat drum cajon akustik secara sederhana menggunakan peralatan seadanya.

Baca juga: