search-button

Fungsi Capo (Aksesoris) Pada Gitar Akustik

   
Anakmusik – Capo merupakan aksesoris gitar akustik yang berguna untuk menaikan nada pada sebuah gitar akustik. Fungsi Capo (Aksesoris) Pada Gitar Akustik bisa dirasakan kenyamanannya saat kita memainkan kunci – kunci bernada tinggi. Harga capo sendiri berkisar antara Rp. 50.000,– sampai 150.000,– dan bahan yang digunakan untuk membuat capo terbuat dari plastik keras ataupun besi. Bentuk dari Capo pada umumnya yaitu segitiga seperti menyerupai hurup A, dan sekarang sudah berbagai banyak macam dan merk Capo yang berkualitas lebih baik lagi dibanding sebelumnya. Untuk menggunakan Capo sangatlah mudah dan sederhana, kita hanya perlu menjempitkannya pada bagian papan fret sesuai nada yang kita inginkan. Bukan hanya itu saja, capo juga bisa kita geserkan ke belakang saat kita memulai memainkan nada rendah. Jadi, tidak perlu kita melepas dan memasangkan capo kembali saat akan bermain gitar.

Mengetahi Fungsi Capo (Aksesoris) Pada Gitar Akustik

  1. Mengatur Tinggi Rendahnya Nada. Aksesoris Capo memudahkan kita memainkan kunci nada rendah maupun tinggi, caranya hanya menggeserkan Capo ke belakang saat bermain nada tinggi dan untuk nada rendah hanya menggeserkan ke depan atau ujung papan fret gitar.
  2. Menyamakan Nada Gitar Tanpa Menyetem Ulang. Jika kita akan berduet dengan gitaris akustik lainnya, kita tidak perlu menyetem ulang saat salah satu nada gitar berbeda. Kita hanya perlu menggeserkan atau menyamakan pengaturan nada dengan nada gitar yang diinginkan. Namun, kondisi senar gitar tidak dalam kondisi fals.
  3. Tipe Aksesoris Gitar (Capo). Seiring banyak gitaris yang menggunakan aksesoris ini, akhirnya dibuatlah berbagai variasi bentuk capo, diantaranya Capo Tuner dan Capo Standard. Capo Tuner memiliki bentuk yang hampir sama seperti bentuk capo pada umumnya. Namun, capo tuner memiliki fitur untuk menyetel atau menyetem nada gitar saat fals. Sedangkan Capo Standard berbentuk penjepit yang memiliki fungsi untuk menaikan nada open string secara keseluruhan (dari urutan senar 1 sampai 6). Capo Standard mempunyai bentuk standard yang terbuat dari bahan besi yang ringan serta dilapisi karet dan busa di dalamnya yang bisa menjaga kondisi neck dan fretboard tidak mudah rusak ataupun lecet.
    Fungsi Capo (Aksesoris) Gitar Akustik
Itulah beberapa Fungsi Capo yang bisa kita gunakan pada gitar akustik. Tentunya akan sangat menarik jika kita memainkan gitar akustik menggunakan aksesoris gitar ini, dan bukan hanya untuk gitar akustik saja, namun gitar elektrik juga bisa menggunakan aksesoris seperti ini. Kita dapat memilih jenis capo dan warna sesuai selera kita sendiri, sehingga akan membuat suasana lebih berwarna dalam memainkan alat musik gitar.

Baca juga: