search-button

3 Tips Belajar Bermain Gitar Bass Menggunakan Pick Bass

   
Anakmusik – Bukan hal baru jika kita menggunakan pick sebagai sarana teknik memetik gitar bass yang kita gunakan. Belajar Bermain Gitar Bass Menggunakan Pick Bass, bisa kita pelajari disini, dan penggunaan dalam bermain gitar menggunakan pick tidaklah sembarangan. Banyak kelebihan saat bermain gitar menggunakan pick, beberapa diantaranya ialah dapat lebih leluasa dalam memetik senar, dan tentunya menghasilkan nada yang sangat jernih. Selain itu juga kita bisa merawat jari tangan supaya tidak gampang lecet dan sakit. Mungkin akan terasa kaku saat pertama kali kamu memainkan gitar bass menggunakan pick, terkadang aturan tempo dan petikan senar selalu berantakan, tidak menghasilkan nada yang baik pada umumnya. Namun, jika kamu terus selalu belajar bermain gitar bass menggunakan pick, maka semakin lama akan semakin terbiasa dan lancar dalam menghasilkan nada dari petikan senar gitar.

3 Tips Belajar Bermain Gitar Bass Menggunakan Pick Bass

  1. Pilih Jenis Ukuran Pick Bass. Gunakan ukuran pick yang sesuai pada umumnya dan pick bass yang banyak digunakan oleh bassis bisa kamu dapatkan di setiap toko peralatan musik. Gunakan pick yang berukuran tebal dan lebar, sehingga akan menghasilkan kualitas suara dan power yang baik.
  2. Up Down Picking. Layaknya seorang gitaris akustik, selalu memainkan gitar dengan cara memetik ke atas maupun ke bawah. Untuk dapat memainkan gitar menggunakan pick, teknik Up Down Picking akan sangat berguna sekali, karena kita dapat melatih tempo atau kecepatan secara teratur dalam memetik gitar bass. Lakukan petikan Up Down menggunakan satu senar terlebih dahulu, dan selanjutnya kamu bisa menggabungkan dengan senar lainnya.
  3. Belajar Nada Scale. Belajar mencari titik nada sendiri, jangan ketergantungan akan note yang tersedia dalam pembelajaran buku gitar bass. Carilah titik nada layaknya seorang gitaris, selalu memainkan melody di setiap fretboard. Sesuaikan teknik memetikan gitar dengan lagu atau genre musik yang sedang kamu pelajari. Untuk mencari titik nada yang akan kamu petik, terlebih dahulu harus mengikuti alur kunci dasar bass nya sendiri.
Bermain Gitar Bass Menggunakan Pick
Seperti itulah cara sederhana dalam Belajar Bermain Gitar Bass Menggunakan Pick Bass. Kamu dapat mempelajari setiap teknik bass secara menyeluruh, dan dengan adanya 3 Tips Belajar Bermain Gitar Bass Menggunakan Pick Bass seperti diatas, bisa memberikan hasil yang lebih baik lagi dalam pembelajaran gitar bass yang sedang kamu pelajari. Setelah kamu menguasai teknik bermain bass menggunakan pick, maka akan terlihat jelas kemajuan permainan kamu dalam memetik senar gitar bass.

Baca juga: