search-button

Cara Mudah Belajar Tabulasi (Tablature) Gitar Bass Untuk Pemula

   
Anakmusik – Apakah kalian sudah tahu Cara Membaca Sebuah Tabulasi Gitar Bass? Karena ini sangat penting dan akan memudahkan kamu dalam memainkan sebuah lagu. Cara Mudah Belajar Tabulasi (Tablature) Gitar Bass bisa kita simak disini. Untuk dapat memainkan lagu dengan baik, tentunya seorang bassis tidak akan sembarangan memetik senar tanpa mengikuti alur nada atau lagu. Untuk itu, memahami tabulasi gitar akan sangat penting, terutama bagi kalian pemain gitar bass pemula. Dalam  belajar membaca tabulasi gitar bass, kita bisa mempelajarinya secara otodidak, namun tetap mementingkan keseriusan kita dalam belajar memahaminya. Kita sering melihat pemain bass bermain memetik senar dan menekan fret bass secara refleks, kenapa? Karena mereka telah menguasi tabulasi gitar bass dari lagu yang mereka nyanyikan. Jadi, mereka akan paham bagaimana memainkan bass secara baik dan benar pada sebuah lagu.
Belajar Tabulasi Gitar Bass

Cara Mudah Belajar Tabulasi Gitar Bass Dengan Cepat

Apa saja yang kita persiapkan untuk mempelajari lagu lewat tabulasi gitar bass?
  1. Dengarkan Lagu. Dengarkan alunan musik pada lagu yang kamu sukai, dan tentunya sambil menghayal bahwa kamu sedang memainkan bass mengikuti alunan lagu tersebut. Lakukan sampai kamu benar – benar hapal lagu yang akan kamu mainkan.
  2. Perhatikan Not Angka. Lihat terlebih dahulu not lagu yang akan kamu mainkan, hapalkan secara perlahan sambil mempraktekannya. Di dalam tabulasi lagu terdapat not angka yang berdertean dengan fret, kamu dapat mempelajarinya secara perlahan sampai benar – benar kamu hapal tabulasi lagu tersebut.
  3. Perhatikan Perpindahan Not. Setelah kamu menguasai lagu dan mendapatkan tabulasi gitar bassnya, maka selanjutnya perhatikan juga not – not gitar bass yang ada di tabulasi lagu tersebut. Di dalam tabulasi terdapat fret dan not angka dengan jarak dan perpindahan untuk memetik dan menekan senar gitar. Ini hal yang sangat penting, karena ini merupakan tempo dari lagu yang akan kamu mainkan.
  4. Mulai Improv Lagu. Teruslah memainkan gitar bass dengan mengikuti alunan musik dari lagu tersebut, sampai kamu benar – benar hapal dan tidak melihat tabulasi gitar bassnya sendiri. Jika kamu sudah benar – benar hapal tabulasi lagu tersebut, alangkah baiknya belajar mengimprov permainan gitar bass kamu, karena ini akan menghasilkan teknik baru, sehingga akan memperdalam kepintaran kamu dalam memainkan alat musik gitar bass.

Itulah beberapa informasi dalam mengetahui Cara Membaca Sebuah Tabulasi Gitar Bass, dan kamu dapat mempelajarinya sendiri secara otodidak. Perlu diingatkan juga, jika kamu benar – benar serius untuk Belajar Tabulasi Gitar Bass Dengan Benar, alangkah baiknya membaca tabulasi gitar bass dengan lagu – lagu yang sederhana, namun tetap fokus pada not yang ada dalam tabulasi gitar bass tersebut. Semakin lama kamu belajar tabulasi gitar bass, maka akan semakin terbiasa juga memainkan gitar bass secara rapih dan baik.

Baca juga: