search-button

Kumpulan Alat Musik Tradisional Cina (Tiongkok) Lengkap

   
Anakmusik – Tiongkok, Cina, atau China merupakan salah satu negara yang kaya dan terpopuler akan peralatan musik tradisional. Sejarah alat musik tradisional cina (tiongkok) berkembang begitu pesat hingga ke pelosok negara lainnya. Terdapat beberapa jenis Alat Musik Tradisional Tiongkok (Cina) yang selalu dimainkan di indonesia, seperti rebab, kecapi, harpa dan yang lainnya. Salah satu alat musik instrument tertua di cina ialah qin dan pipa bambu. Semua alat musik cina terbaik ke beberapa kategori yang berdasarkan komposisi materi diantaranya: batu, labu, kulit binatang, tanah liat atau pasir, sutra dan kayu. Sedangkan tradisional orkestra china terdiri dari perkusi, tiup atau woodwinds, string tunduk dan string petik. Beberapa instrument string tunduk yaitu: Banhu, Cizhonghu, Dahu, Diyingehu, Erhu, Gaohu, Gehu, Jinghu, leiqin, Yehu, dan Zhonghu. Untuk string pukul dan gesek, diantaranya: Guqin, Guzheng, Konghou, Liuqin, Pipa, Ruan, Sanxian, Yangqin, dan zhu.

Kumpulan Alat Musik Tradisional Tiongkok (Cina)

Semua alat musik tradisional di bawah ini mengacu pada semua jenis alat musik yang selalu digunakan di dalam budaya Tionghoa. Berikut beberapa golongan alat musik tradisional sederhana tiongkok di bawah ini:
  1. Alat Musik Tradisional Gesek. Banhu, Erhu, Gaohu dan Gehu.
  2. Alat Musik Tradisional Petik. Guzheng, Konghou, Liuqin, Pipa, Ruan, Sanxian dan Yangqin.
  3. Alat Musik Tradisional Tiup. Dizi, Paixiao, Sheng, Suona dan Xiao.
  4. Alat Musik Tradisional Pukul (Perkusi). Chazi, Luo, Muyu, dan Paigu .
Alat Musik Tradisional Cina (Tiongkok)
Semua alat musik tradisional china dapat dimainkan dalam sebuah orkes yang besar secara solo maupun secara bersama – sama dengan alat musik tradisional lainnya. Keunikan dan keanekaragaman alat musik tradisional Tiongkok (Cina) dapat didengar secara khas di telinga kita. Kamu dapat melihat gambar maupun video (search for google) dengan tema “Alat Musik Tradisional Tiongkok (Cina)”.
Baca juga: